APA ITU SSL? Inilah Pengertian SSL Yang Wajib Kamu Tahu

Rabu, April 10th, 2019 - Teknologi

APA ITU SSL – Kepemilikan website untuk ragam kepentingan bukan lagi hal yang asing di era serba teknologi saat ini.

Hingga kini keberadaan blog atau website masih yang paling diandalkan sebagai media promosi, meski tetap kita juga kerap mengoptimalkan keberadaan media sosial sebagai sarana promosi pendukung.

Mengapa masih website? Sebab ia memungkinkan seseorang atau kelompok memiliki “identitas” di hadapan warganet. Dengan begitu, mereka bisa punya kredibilitas sebab memiliki media promosi utama.

Website juga memberi kita kesempatan untuk menyimpan dan menyebarkan ragam konten kreatif, baik di bidang barang ataupun jasa secara eksklusif.

APA ITU SSL

Tentu saja ragam tampilan dan konten yang tersaji dalam website akan menyesuaikan dengan keinginan dan kepentingan pemiliknya.

Mengingat website yang sifatnya eksklusif, tentu saja kita harus melengkapinya dengan sistem proteksi yang bisa diandalkan. Salah satu yang terbaik dan banyak dipakai oleh pengguna website adalah teknologi yang disebut SSL.

Keberadaan “SSL” bagi para pemain web sudah sangat familiar. Tapi bisa jadi kondisi sebaliknya terjadi bagi para pemula di bidang pengembangan web.

Mereka mungkin akan bertanya-tanya, apa itu SSL?. Mungkin kata “SSL” masih terasa asing sehingga butuh penjelasan.

Maka dari itulah, para artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang apa itu SSL dan bagaimana ia bekerja menjaga keamanan website.

Pengertian SSL

Lantas pada bagian akhir, kami ingin menegaskan bahwa penggunaan SSL akan jadi sangat mudah bahkan bebas biaya, jika Anda membeli domain di DomaiNesia.

Mari kita simak uraian penjelasan tentang apa itu SSL berikut ini :

  1. SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer, yakni sebuah sistem alias perangkat teknologi digital yang sangat familiar di kalangan pengguna domain dan hosting. Sederhananya, SSL merupakan cara sebuah situs web agar membuat sambungan yang aman ketika berkirim pesan dan data dengan browser web pengguna.
  2. SSL bekerja dengan menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara web server dengan browser. Ini memungkinkan proses pertukaran data dan pesan berlangsung aman dan hanya diketahui oleh yang bersangkutan.
  3. Mengingat besarnya peran SSL dalam melakukan perlindungan terhadap server dan web, ia hingga kini masih menjadi standar industri untuk memastikan bahwa komunikasi yang berlangsung di web aman. Dengan kata lain, SSL telah efektif melakukan perlindungan terhadap jutaan transaksi online setiap harinya.
  4. Lebih spesifik, SSL melindungi ragam informasi sensitif yang kemungkinan berlangsung antara web server dan browser. Informasi yang dimaksud bisa berupa informasi password, nomor pin kartu kredit, dan informasi rahasia lainnya.
    Jika tak dilindungi, risiko kebocoran informasi oleh peretas illegal mungkin akan terjadi. Keberadaan SSL akan mencegah kebocoran data, sehingga ragam informasi sensitif itu hanya bisa dibaca oleh penerima pesan (server yang dituju). Sebab hanya dia yang diatur untuk dapat memahami hasil enkripsi tersebut.
  5. Hanya web server yang sudah mengantongi sertifikat SSL saja yang bisa menggunakan sistem proteksi SSL. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir mengalami kesulitan dalam memeroleh sertifikat SSL. Sebab prosedur pengaktifan protocol SSL terbilang mudah dan bisa dilakukan siapa saja.
  6. Cara mengaktifkan protocol SSL di server web cukup mudah. Anda hanya perlu menjawab pertanyaan yang tujuannya membangun identitas Anda. Misalnya, pertanyaan yang diajukan yakni tentang informasi umum seputar situs atau perusahaan. Nantinya setelah terjadi pengajuan sertifikat SSL, server web akan membuat dua kunci kriptografi. Masing-masingnya adalah kunci pribadi dan yang lainnya adalah Kunci Publik.

Melihat uraian tentang apa itu SSL Murah, sudah terang benderanglah apa yang dimaksud dengan SSL dan apa fungsinya.

Mengingat pentingnya keberadaan SSL, jangan sampai Anda menyepelekan keberadaannya. Jika Anda masih bingung dengan cara mengaktivasi SSL, maka Anda tidak perlu cemas.

Anda bisa meminta DomaiNesia untuk melakukan pendampingan agar web Anda bisa dilengkapi dengan SSL.

Sebagai penyedia jasa registrasi nama domain, DomaiNesia bekerja multidimensi, di mana kami menyuguhkan ragam pilihan pelayanan dengan harga murah, tapi tak mengabaikan kualitas.

Anda bahkan berpeluang untuk mendapatkan SSL gratis jika Anda membeli domain melalui kami.

Tak hanya menyediakan jasa registrasi nama domain, DomaiNesia juga bekerja kompilt dan maksimal untuk membantu Anda mengelola web hosting serta layanan web.

Jadi, tunggu apa lagi. Setelah Anda mengetahui apa itu SSL, Anda diimbau untuk serius mengembangkan website yang berkualitas tapi murah.

Karena itulah kami akan membantu Anda mewujudkannya dengan sepenuh hati.

APA ITU SSL? Inilah Pengertian SSL Yang Wajib Kamu Tahu | | 4.5
Tags: , , ,