Fakta Seputar Wajib Militer di Korea Selatan Mengejutkan

Fakta Seputar Wajib Militer di Korea Selatan Mengejutkan – Sahabat HMC, tahukah kamu bahwa di Indonesia sekarang ini lagi booming membahas mengenai program bela negara yang katanya mirip dengan wamil di Korea, hanya saja waktu pelaksanaannya lebih singkat. Wamil atau wajib militer adalah kewajiban bagi warga negara berusia antara 18 – 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara.

Sebab itulah kali ini HMC akan memberikan informasi mengenai fakta seputar wajib militer di Korea Selatan yang sangat mengejutkan. Mungkin tidak ya jika di Indonesia melaksanakan wajib militer seperti di Korea Selatan. Memang Korea Selatan adalah salah satu negara yang menjalankan wamil kepada warganya yang berjenis kelamin laki-laki.

Sejarah Wajib Militer di Korea Selatan

Wajib militer di Korea Selatan ini bertujuan untuk mempersiapkan para pemuda negara tersebut dengan teknik dasar militer sehingga siap membela negaranya jika sewaktu-waktu terjadi ancaman invansi dari negara lain dan militer kekurangan pasukan. Korsel sendiri gencar menjalankan program wajib militer ini dikarenakan hubungannya dengan negara tetangganya, Korea Utara.

Sampai saat ini kedua negara tersebut masih terasa hambar pasca Perang Korea yang akhirnya memisahkan kedua negara tersebut. Pria Korea Selatan yang berumur 20-30 tahun diwajibkan mengikuti program wajib militer selama 2,3 – 2,5 tahun.biasanya sterss akan melanda mereka jika mendapat panggilan untuk wajib militer tersebut. Mungkin hal tersebut menjadi suatu beban ya bagi mereka?

Wamil Korea

Song Jong Ki Wajib Militer via twimg.com

Tetapi ada beberapa golongan yang tidak diwajikban untuk mengikuti wajib militer di Korea Selatan ini, diantaranya adalah Orang cacat, Ilmuan, dan Orang yang berjasa bagi negaranya. Sehingga ada tim sepak bola di Korea Selatan pada tahun 2002 yang bernama Ahn Jung Hwan cs yang berhasil masuk semi final pada Piala Dunia tidak wajib mengikuti Wajib militer di Korea Selatan.

Dan beberapa golongan lainnya yang juga tidak diwajibkan wajib militer di Korea Selatan ini adalah Kriminal, Orang yang mengalami cedera fisik, Jika laki-laki adalah pencari nafkah utama, Sudah menikah dan tidak memiliki anak laki-laki, dan juga Jika dia anak tunggal atau hanya anak laki-laki. Hal ini untuk memastikan warisan dari keluarga atau semacam penerus keluarga.

Memang ya fakta seputar wajib militer di Korea Selatan sangat mengejutkan. Bagi kamu sahabat HMC yang ingin mengetahui siapa saja yang diwajibkan mengikuti wajib militer di Korea Selatan ini disini HMC akan memberikan informasinya. Inilah beberapa ulasan mengenai siapa saja yang harus mengikuti wajib militer di Korea Selatan, antara lain adalah.

Yang Harus Mengikuti Wajib Militer di Korea Selatan

  1. Laki-laki usia 20-30 tahun

Dan sekarang yang di harus mengikuti Wajib militer di Korea Selatan yakni laki-laki dewasa yang berusia 20 sampai 30 tahun. Dalam mengikuti Wajib militer di Korea Selatan ini meraka harus siap melayani dan menuruti seniornya. Walaupun posisi di pekerjaannya mereka lebih tinggi, orang yang belum masuk Wajib militer di Korea Selatan akan tetap kurang dihormati dan tidak disegani.

Wajib Militer Korea Selatan

Lee Seung Gi Wamil via dreamers.id

Bagi mereka yang sudah menyelesaikan Wajib militer di Korea Selatan menganggap masa-masa yang mereka habiskan dalam Wajib militer di Korea Selatan ini merupakan sebuah kebanggan dan proses menjadi laki-laki sejati. Hal ini dikarenakan mereka telah melepaskan semua posisi, pekerjaan, pendidikan, dan kenikmatan lain untuk mengabdi pada negara. Inilah yang dianggap sebagai hidup baru laki-laki sejati di Korea.

  1. Artis Juga Harus Ikut

Bukan hanya para artis dan orang terkenal saja yang ingin lepas dari kewajiban mereka sebagai warga negara Korea dewasa, tapi orang-orang biasa juga malas ikut wajib militer. Namun para artis laki-laki juga harus mengikuti Wajib militer di Korea Selatan. Meskipun demikia, mereka juga tidak ingin mengabiskan minimal 21 bulan di kemp pelatihan dan terputus dari dunia luar.

Wajib militer di Korea Selatan ini harus menghenikan segala rutinitas sehari-hari misalnya bertemu teman dan harus mematuhi perintah atasan dan hidup disiplin 24 jam penuh seperti lazimnya para anggota militer lainnya. Terdengar sangat terpaksa bukan Wajib militer di Korea Selatan, tetapi hal tersebut sudah kewajiban warganya untuk mengabdi pada negara.

Wajib Militer di Korea Selatan

Rain Wamil via vtv1.mediacdn.vn

Tetapi untuk yang senang dengan kehidupan militer dan bercita-cita masuk tentara, atau yang punya rasa cinta tanah air sedemikian besarnya mungkin akan senang-seang saja. Tapi pada umunya rakyat sipil biasa pasti akan mengeluh karena Wajib militer di Korea Selatan ini mungkin mengahambat karir mereka.

  1. Warga Negara Korea Selatan

Yang ini tetu pasti harus mengikuti Wajib militer di Korea Selatan yakni asli warga negara Korea Selatan. Karena adanya Wajib militer di Korea Selatan ini banyak orang yang berusaha menghindari Wajib militer di Korea Selatan ini dengan cara melepaskan kewarganegaraannya. Tentunya ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang.

Bagi orang Korea yang lahir dan besar di luar negeri dan memiliki dua kewarganegaraan. Mereka  memilih mempertahankan kewarganegaraannya tentunya harus pulang ke Korea untuk menjalani Wajib militer di Korea Selatan, walaupun dia bermukim di luar negeri. Masalahnya, ternyata banyak yang sengaja melepaskan kewarganegaraan Korea-nya.

Mereka yang memilih jalur untuk melepas kewarganegaraanya ini tidak dikenai Wajib militer di Korea Selatan. Tetapi semua tidak selesai begitu saja, karena ada beberapa syarat yang harus mereka tempuh untuk tidak melakukan Wajib militer di Korea Selatan tersebut.

Bagi mereka yang melepaskan kewarganegaraan karena ingin menghindari Wajib militer di Korea Selatan akan mengalami kesulitan di masa depan jika mereka kembali ke Korea. Hal yang pertama, hampir tidak mungkin bagi mereka untuk mendapatkan kewarganegaraan Koreanya kembali. Dan yang kedua, jika mereka ingin berkarir di Korea, mereka harus siap menerima tekanan kultural.

Wamil Artis di Korea Selatan

Gong Yo Wamil Artis via http://cdn.kul.vn

Masyarakat menganggap mereka rendah dan mencibir anak-anak dari keluarga yang sengaja melepaskan kewarganegaaraan untuk menghindari Wajib militer di Korea Selatan. karena di Korea, laki-laki belum dianggap sebagai laki-laki sepenuhnya jika mereka belum masuk wajib militer.

  1. Anak Laki-laki lebih dari satu orang

Di Korea Selatan anak laki satu-satunya dari sebuah keluarga bisa punya pilihan untuk tidak Wajib militer di Korea Selatan, dan secara logika dikorea banyak yang memiliki anak satu orang saja. Jika keluarga yg memiliki satu orang anak saja bisa untuk tidak mengikuti Wajib militer di Korea Selatan, maka sudah dipastikan 50% dari warga korea laki-lakinya tidak berangkat Wajib militer.

Bisa dipastikan kedepannya warga korea pasti tidak mau memiliki anak lebih dari satu orang saja. Apalagi saat ini di Korea mulai menggalang warganya agar mau memiliki banyak anak dengan iming-iming adanya santunan baik dari biaya selama hamil sampai tunjangan melahirkan dan biaya penitipan anak, pra school, TK di tanggung oleh pemerintah.

Wah sahabat HMC, memang benar ya fakta mengenai Wajib militer di Korea Selatan tersebut banyak mengalami kesulitan bagi mereka yang tidak ingin mengikuti Wajib militer di Korea Selatan. Mungkin kita juga tidak mau melakukan wamil seperti di korea. Nah, bagi amu yang ingin mengetahui informasi terbaru lainnya. Kamu bisa terus menyimak ulansan HMC ya sahabat.


loading...

Leave a Reply