19 Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Rabu, Juli 19th, 2017 - Makanan
Kenalin Nih Si Cantik dan Imut!!!
Artis Yang Lagi Naik Daun. :)
Foto Chant Felicia Mantap Banget
Terima Kasih Telah Berkunjung ke Halomuda.com

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan –  Sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh berkah yakni Bulan Ramadhan yang tuntunya sudah di tunggu-tunggu bagi umat islam. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat yang di dalamnya terdapat berbagai keceriaan dan kebahagian.

Wajib bagi umat islam dalam masa bulan ramadhan, mereka menunaikan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Dan tentunya selama dalam masa puasa tersebut, makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang di sajikan oleh setiap keluarga tidak akan biasa seperti hari-hari biasanya. Makanan dan minuman khas ramadhan tentunya akan menjadi buruan di dalam masa bulan ramadhan.

Ada banyak makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang tentunya akan membuat puasa anda semakin menyenangkan, karena pada saat sahur dan berbuka puasa anda di sambut dengan makanan dan minuman ramadhan yang istimewa dan spesial. Beberapa di antaranya banyak makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang menyegarkan.

Nah, pada kesempatan kali ini halomuda.com akan mengajak anda untuk membahas tentang makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang sangat cocok jika anda konsumsi di bulan ramadhan, terlebih lagi sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan.

Berikut ini adalah kumpulan makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang terbaik dan terpopuler, bahkan bisa menjadi makanan dan minuman khas romadhan yang favorit bagi seluruh keluarga di Indonesia. Daftar makanan dan minuman khas ramadhan ini akan terus di update untuk memenuhi kebutuhan para pembaca setia blog halomuda.com.

Kumpulan Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

  1. Kurma

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

makanan khas ramadhan yang pertama adalah buah kurma yang merupakan buah yang aslinya berasal dari tanah timur tengah. Buah kurma ini tentu saja mempunyai manfaat yakni misalkan saja mengatasi anemia, menjaga gigi dan tulang agar tetap sehat, mencegah stroke, juga mencegah jantung koroner, menjaga kesehatan mata, melancarkan buang air dan ternyata buah kurma mempunyai anti oksidan yang cukup tinggi.

Banyak sekali bukan manfaat dari buah kurma ini, karena yang manis-manis adalah makanan terbaik untuk berbuka puasa. Bahkan banyak orang ynag mengawali bukanya puasa dengan makanan khas ramadhan yang populer dengan nama kurma ini.

  1. Kolak

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Minuman khas ramadhan yang selanjutnya adalah sebuah minuman yang sangat erat kaitannya dengan menu buka puasa, hal ini karena kolak mempunyai rasa yang sangat manis sehingga sangat bagus jika di jadikan minuman berbuka puasa. Isi dari minuman kolak ini bisa sangat ramai, tergantung selera. Biasanya isi yang umum dari minuman khas ramadhan ini adalah pisang, ubi jalar dan bisa di kombinasikan dengan roti, selanjutnya di beri kuah yang manis.

Advertisement

Tentu saja setiap daerah pada masa bulan ramadhan, memasukkan kolak sebagai menu buka puasanya. Sampai saat ini, kolak yang paling di kenal banyak orang atau populer adalah kolak pisang. Bahkan kolak pisang ini sangat pas jika di hidangkan pada saat berbuka, terlebih lagi jika makanan khas ramadhan ini di beri es.

  1. Cendol

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Minuman khas bulan ramadhan yang ke tiga adalah sebuah minuman segar yang di namakan cendol yang merupakan salah satu minuman yang berasal dari Jawa Barat. Biasanya cendol di buat dengan bahan dasar tepung beras yang di mixing dengan santan, gula merah dan juga es batu. Biasanya warna dasar dari cendol adalah hijau putih, warna putih di hasilkan dari santan dan warna hijau berasal dari daun pandan.

Sampai saat ini cendol merupakan minuman khas ramadhan yang tidak bisa di pisahkan dengan menu berbuka puasa yang sangat menyegarkan. Anda bisa membuat cendol ini sendiri dengan mudah di rumah atau apabila anda tidak mau repot, anda bisa membeli minuman khas ramadhan ini pada orang jualan takjil di sekitar rumah anda.

  1. Es Campur

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Minuman segar di kala bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah minuman yang sangat sering kita jumpai di warung-warung sederhana. Salah satu minuman segar yang murah akan tetapi sudah cukup untuk melepas dahaga, terlebih lagi es campur memiliki rasa yang manis jadi sangat cocok untuk menu berbuka puasa.

Komposisi yang ada dalam es campur seperti cendol, cincau hitam, kolang kaling, santan, es pasrah, susu dan sirip menjadikan es campur layak untuk di jadikan menu berbuka puasa. Es campur yang merupakan makanan khas ramadhan ini tentu akan sangat mudah untuk anda dapatkan di sekitar rumah anda yang menjual takjil.

  1. Es Teh Tubruk

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Biasanya saat tidak pada bulan Ramadhan, minuman ini kerap di jadikan minuman penutup yang sangat menyegarkan. Biasanya di sajikan di tempat makan atau warung makan sederhana sebagai teman nasi campur atau nasi pecel. Minuman es teh tubruk merupakan minuman yang selain menyegarkan ternyata juga menyehatkan, banyak sekali manfaat dari teh tubruk ini.

Cara membuatnya juga sangat mudah yakni campur teh tubruk, gula, air dan tambahan rasa seperti buah lemon untuk mendapatkan rasa yang khas, setelah itu aduk hingga merata. Langkah terakhir yakni tambahkan es agar teh tubruk anda menyegarkan dan melepas dahaga anda setelah seharian berpuasa.

  1. Bubur

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Makanan khas Ramadhan yang berikutnya adalah sebuah makanan yang cukup umum untuk di temui di Indonesia. Makanan yang bernama bubur ini biasanya pada saat bulan Ramadhan seperti ini sangat pas sebagai sajian berbuka puasa. Dan juga biasanya sajian bubur ini di jadikan sebagai menu takjil yang tentunya di olah dengan rempah-rempah dan bumbu yang khas di masing-masing tempat.

Akan sangat lezat rasanya jika olahan bubur ini di atasnya di beri tabruran suwiran ayam yang menambah rasa lezat di dalamnya. Anda bisa memakan makanan khas ramadhan ini pada saat sahur atau anda juga bisa memakan makanan ramadhan ini pada saat berbuka puasa.

  1. Pisang Ijo

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Salah satu minuman khas Ramadhan yang selanjutnya adalah minuman yang mempunyai rasa yang manis. Salah satu minuman manis khas Makassar yang di namakan pisang ijo ini mempunyai rasa yang sangat enak. Jika di lihat sekilas, pisang yang di balut dengan adonan tepung terigu berwarna hijau ini termasuk salah saru menu buka puasa yang sangat di nanti setiap orang. Biasanya di buat dari pisang raja yang kemudian dibungkus adonan tepung terigu yang telah diberi bahan pewarna hijau seperti misalkan dari pandan.

Dengan di campur dengan kuah santan, sirup coco dan es serut membuat minuman khas ramadhan ini semakin segar. Akhir-akhir ini makanan khas ramadhan yang satu ini sangat populer di berbagai belahan indonesia, bahkan banyak sekali resep pisang ijo dan cara membuatnya yang tersebar di internet secara gratis.

  1. Es Blewah

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Minuman khas ramadhan yang menyegarkan adalah minuman yang banyak di buat oleh setiap keluarga di Indonesia di saat Bulan Ramadhan. Es Blewah tentunya bisa membuat orang-orang yang meminumnya di kala buka puasa merasa segar di tenggorokan. Es blewah adalah minuman perpaduan antara air, es, blewah dan pemanis yang membuat minuman ini terasa segar dan manis.

Tentunya minuman khas bulan ramadhan es blewah ini termasuk minuman yang sehat karena kandungan dari nutrisi, mineral kalium dan provitamin A yang ada di dalam buah blewah tersebut. Tidak hanya di bulan ramadhan saja, sebenarnya minuman khas ramadhan berupa es blewah ini sangat lezat di santap pada saat kita merasakan dahaga.

  1. Kolang-Kaling

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Tentu anda sudah familiar bukan dengan minuman khas ramadhan yang satu ini? Bahkan Kolang-Kaling ynag kita bahas ini merupakan salah satu bahan yang di gunkan untuk campuran es buah. Uniknya minuman khas ramadhan ini bisa di jadikan sebagai camilan, unik bukan? Kolang-Kaling merupakan sebuah makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang terbuat dari biji pohon aren yang pada saat mentah mempunyai getah yang kental.

Kolang-Kaling ini mempunyai kadar air yang sangat tinggi dan di dalamnya terdapat beberapa kandungan lain seperti karbohidrat dan protein. Bahkan Kolang-Kaling mempunyai manfaat yang sangat bagus bagi tubuh anda, yakni memperlancar pencernaan anda. Jadi selain mengandung air, Kolang-Kaling ini biasanya sangat populer dan menjadi makanan favorit saat bulan ramadhan.

  1. Cincau

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Advertisement

Anda tentu sudah tahu Cincau bukan? Biasanya di jual di jalan-jalan dengan menu yang sudah jadi yakni es cincau. Ternyata Cincau merupakan sebuah makanan dan minuman khas bulan ramadhan berjenis agar-agar yang di buat dari daun-daunan. Hasil dari olahan daun-daunan tersebut yang biasa di sebut tumbuhan mesona itu menghasilkan Cincau yang siap untuk menjadi santapan khas ramadhan yang populer di kalangan masyarakat indonesia.

Di dalam Cincau ternyata terdapat kandungan seperti misalkan saja alkaloid, tetrandine, protozoa dan masih banyak lagi yang lainnya. Khasiatnya terhadap tubuh bagi orang yang mengkonsumsinya seperti misalkan saja mengobati hipertensi, vertigo, demam, panas dalam, anti malaria, panas, maag dan ada orang yang mengatakan bahwa Cincau ini merupakan zat anti kanker yang sangat baik untuk tubuh.

  1. Kerupuk  Ojay (Kerupuk Mie Oncom)

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Advertisement

Salah satu makanan khas bulan ramadhan yang banyak dicari ini adalah kerupuk ojay atau yang sering juga disebut keupuk mie oncom. Makanan ini sangat terkenal ditanah parahyangan dari dahulu sampai sekarang. Bahkan dahulu konon kuliner khas ini sudah menjadi makanan wajib sebelum makanan modern bermunculan. Dan uniknya, Kurupuk Ojay ini akan menguat pamornya saat bulan Ramadhan.

Makanan khas bulan ramadhan ini terbuat dari bahan mie kuning yang digoreng atau disangrai. Lalu sambal atau kuahnya yang terdiri dari elemen rempah rempah dan bumbu tradisional seperti cabai, bawang putih, kencur, serai, salam dan oncom atau tempe yang dijamurkan. Bauran rasa asin manis kerupuknya akan menjadi luar biasa saat bertemu dengan kuah sambal oncom yang pedas.

Makanan khas bulan ramadhan ini memiliki ciri khas dalam penyajian dan cara menyantapnya. Biasanya dilengkapi dengan kuah sambal oncom dalam penyajiaanya. Cara memakan kerupuk kuning berdiameter sekitar 10 sampai 15 cm ini dicelupkan atau direndam dalam kuah pedas oncom tersebut sampai lembek dan kuahnya meresap, lalu baru disantap.

  1. Kicak

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Makanan khas bulan ramadhan selanjutnya yang juga sangat enak ini adalah kicak. Sebenarnya kicak berasal dari kota keraton Yogyakarta yang merupakan salah satu makanan sangat khas dan cukup populer. Kuliner ini hanya bisa dijumpai saat bulan puasa tiba, biasanya menu makanan ini banyak dijajakan di daerah Kauman yang merupakan asal muasal makanan ini dibuat.

Makanan khas bulan ramadhan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan, tetapi dahulu dibuat dari singkong. Ketan yang sudah ditanak kemudian dihaluskan sehingga mirip dengan jadah atau gemblong. Lalu dicampur kelapa parut dan potongan buah nangka sebagai pelengkapnya. Rasa manis dan aroma wangi nangka membuat makanan ini semakin enak. Apalagi penyajiannya dibungkus dengan daun pisang.

  1. Gulai Kakuwah

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Gulai kakuwah juga merupakan salah satu makanan khas bulan ramadhan yang juga banyak dicari orang. Selain memang sangat enak, kuliner yang satu ini juga merupakan makanan tradisi untuk sahur di daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Makanan khas bulan ramadhan ini dibuat menggunakan berbagai jenis ikan laut maupun ikan air tawar yang mahal seperti tengiri, gemolo dan ikan kurau yang dimasak memakai kuah, tetapi kuahnya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu kering. Tetapi tidak semua warga bisa memasak makanan ini, karena harga ikan untuk membuatnya termasuk mahal.

  1. Mie Glosor

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Kalo makanan khas bulan ramadhan yang sangat populer dan banyak diminati ini adalah mie glosor. Biasanya setiap bulan ramadhan tiba, mie glosor menjadi menu tajil berbuka puasa di kota Bogor. Mie ini hampir sama dengan mie kuning yang sering kita jumpai, jika mie kuning biasa terbuat dari tepung terigu, mie glosor ini  menggunakan adonan tepung sagu atau aci dan tambahan kunyit untuk warnanya.

Advertisement

Jaman dahulu mie ini  banyak dijual sebagai jajanan biasa namun seiring berjalannya waktu mie khas Bogor ini sekarang hanya dikonsumsi di saat bulan Ramadhan saja. Untuk mengolah makanan khas bulan ramadhan ini tidakah sulit. Mie yang sudah jadi dimasak dengan sayuran kol yang dipotong kecil2. Kemudian ditumis dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah dan bawang putih dan merica.

Biasanya makanan khas bulan ramadhan ini disajikan dengan sambal kacang pedas yang diguyurkan diatas mie. Gorengan seperti Bakwan dan tempe adalah salah satu pendamping favorit mie glosor. Kamu bisa menemukan mie glosor ini di sepanjang jalan Bangbarung, dan tempat yang menyediakan jajanan buka puasa di sepanjang pingir jalan seperti Jembatan merah, Surya Kencana, Lodaya.

  1. Bangka Kopyor

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Bangka kopyor juga menjadi makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang sangat dicari. Kuliner tradisi ramadhan ini berasal dari Gresik yang menjadi hidangan khas yang disajikan saat berbuka. Bangka Kopyor meruapakan kepanjangan dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Biasanya harga yang dipatok untuk makanan ini juga bervariasi, mulai dari Rp 3.000 ,- hingga Rp 5.000,-

makanan dan minuman khas bulan ramadhan ini dibuat menggunakan bahan baku tepung terigu, buah kelapa, pisang, nangka, santan kelapa, serta roti tawar. Hingga kini makanan ini masih menjadi menu spesial yang biasanya hanya ada di bulan Ramadhan. Khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah Manyar atau wilayah pesisir pantai.

  1. Pakat

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Makanan khas bulan ramadhan yang juga banyak dicari ini adalah pakat yang merupakan kuliner tradisi khas Masyarakat Tapanuli yang sering muncul di bulan ramadhan. Makanan ini terbuat dari rotan yang disebut sebagai pakat. Pakat itulah makanan khas yang hanya dapat kamu jumpai di kota Medan selama bulan Ramadhan.

Untuk membuat makanan khas bulan ramadhan ini sangat sederhana, yakni menggunakan rotan yang berusia muda. Rotan muda yang telah dipotong ukuran 1 centimeter dibakar diatas tungku selama 1 jam. Setelah masak, rotan muda dikupas dan diambil bagian dalamnya yang berwarna putih. Daging rotan kemudian dipotong berukuran 5 centimeter dan dibubuhi dengan santan agar lebh nikmat.

  1. Gulai Siput / Tutut

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

makanan khas bulan ramadhan yang banyak diminati berikutnya ini adalah gulai siput atau tutut. Siput merupakan hewan sejenis moluska yang ada di pantai, tanah, air tawar. Keong atau siput sendiri memiliki sekitar 100 spesies tapi yang bisa untuk dikonsumsi adalah jenis Helix Pomatia atau Helix Aspersa. Siput ini juga mudah ditemukan di sepanjang pesisir pantai di Riau.

Jika diluar negri makanan khas bulan ramadhan ini bisa jadi sebagai pembuka tapi di Indonesia lebih sebagai makanan utama. Gulai siput ini merupakan makanan khas Tanjungpinang, Kepuluan Riau yang hanya bisa dijumpai di bulan Ramadhan. Begitu juga dengan gulai tutut di Jawa Barat. Gulai yang dihidangkan sebagai lauk saat berbuka puasa ini banyak digemari karena rasanya gurih dan lezat.

Selain enak, makanan khas bulan ramadhan ini juga bermanfaat bagi penderita penyakit kuning atau liver. Manfaat lain dari siput ini mengandung vitamin A, E, niacin atau vitamin B yang berperan penting dalam menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi, migrain dan vertigo dan juga mengandung folat.

  1. Ketan Bintul

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Ketan bintul adalah makanan khas bulan ramadhan dari Kota Serang, Banten yang sangat terkenal. Konon, makanan ini sudah ada sejak 15 abad yang lalu, dan dahulu kentan bintul ini menjadi makanan kesukaan para raja Banten dan merupakan makanan kegemaran Sultan Maulana Hasanuddin, yakni seorang pangeran yang menjadi panutan masyarakat kerajaan Banten pada waktu itu.

Makanan khas bulan ramadhan ini berbahan baku dari nasi ketan yang dihaluskan, dan disajikan bersama sepotong daging sapi beserta gulainya. Sebenarnya makanan ini adalah makanan khas rakyat biasa yang sangat enak dan lezat.

  1. Sate Susu

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Berikutnya makanan khas bulan ramadhan yang berasal dari Bali ini adalah sate susu. Makanan ini diambil dari bagian susu sapi yang dipercaya memiliki khasiat untuk menambah stamina. Sepertiminum susu. Untuk menambah kenikmatannya, sate susu dihidangkan bersama sambal plecing khas Bali.

Jika kamu ingin mencoba makanan khas bulan ramadhan ini kamu bisa mendapatkan dengan harga per porsi sekitar 15 sampai 20 rb per porsinya. Sate ini dipercaya juga dapat memberi tenaga yang cukup bagi yang mengonsumsi sehingga cocok disantap saat bedug magrib alias berbuka puasa.

Banyak sekali makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang ada di Indonesia tercinta kita ini, untuk artikel makanan dan minuman khas ramadhan ini akan terus di update untuk memenuhi kebutuhan para pembaca halomuda.com.

Sekian artikel yang membahas tentang makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang tentunya wajib untuk di jadikan menu sahur atau menu berbuka puasa. Tetap baca artikel di halomuda.com untuk mendapatkan informasi terupdate tentang makanan, minuman, resep dan wisata kuliner.


loading...
19 Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan | Halomuda | 4.5
Tags: , , , , ,
Halomuda.com adalah sebuah media online yang membahas tentang destinasi tempat wisata, referensi tempat wisata kuliner, makanan khas di dunia, minuman khas, review tempat makan paling enak dan resep masakan yang ada di seluruh dunia.

Jadi bagi anda yang tertarik dengan bahasan yang ada di website halomuda.com ini, dapatkan informasinya hanya di halomuda.com.