12 Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak, Populer dan Sehat

Kenalin Nih, Artis Pendatang Baru!!!
Cantik Banget, Namanya Chant Felicia
Kumpulan Foto Chant Felicia Terbaru
Terima Kasih Telah Berkunjung ke Halomuda.com

Makanan Hasil Fermentasi – Sahabat HMC, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa makanan hasil fermentasi yang paling enak dan populer, selain itu makanan hasil fermentasi juga menyehatkan bagi tubuh. makanan dan minuman fermentasi jadi pilihan menu yang baik untuk menjaga kesehatan usus dan ketika melaukan diet. Semua mikroba pefermentasi didalamnya bisa berdampak besar bagi sistem pencernaan manusia.

Beberapa makanan hasil fermentasi seperti keju, yoghurt, atau minuman probiotik sering sekali dijadikan sebagai makanan yang paling baik untuk kesehatan badan. Perlu amu ketahui selain ketiga jenis makanan hasi fermentasi tadi ada juga makanan fermentasi lainnya yang jauh lebih menyehatkan, harganya yang murah, dan sangat mudah didapatkan.

Beberapa makanan hasil fermentasi lainnya tersebut sebenarnya sudah banyak kamu jumpai, mungkin sebagian dari kamu ada yang belum tahu apa saja nama makanan hasil fermentasi yang sering kita jumpai tersebut, HMC akan memberikan informasi dari beberapa nama makanan fermentasi tersebut. Inilah beberapa nama makanan hasil fermentasi yang bisa kamu ketahui.

Daftar Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak, Populer dan Sehat

  1. Tempe

Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak

Makanan hasil fermentasi yang satu ini cukup sering kita temui dalam menu makanan sehari-hari. Makanan ini adalah tempe. Tempe merupakan salah satu makanan hasil fermentasi yang menyehatkan bagi tubuh kita. Tempe terbuat dari kedelai yang sudah difermentasi. Biasanya makanan hasil fermentasi ini dapat kita jumpai dengan mudah di pasar atau pedagang sayuran keliling di sekitar rumah kita.

Biasanya makanan hasil fermentasi ini sering dimasak menjadi berbagai olahan yang sangat enak dan lezat sperti Tempe Orek. Tempe orek merupaan salah satu menu favorit yang paling cepat habis di warung-warung nasi. Selain itu makanan hasil fermentasi ini biasanya disajikan dengan cara digoreng, tapi ada juga yang mengukusnya seperti pepes.

Bagi kamu yang gak suka tempe, mulailah dari skarang untuk sering-sering mengkonsumsinya. Karena menurut penelitian, kandungan protein yang terdapat pada tempe masih mirip seperti kandungan protein kacang kedelai. Jadi khasiat makanan hasil fermentasi ini bisa dibilang sama persis sebagai sumber protein yang baik buat tubuh kita.

  1. Brem

Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak

Selanjutnya makanan hasil fermentasi yang juga memiliki kadungan yang menyehatkan bagi tubuh kita yakni Brem. Makanan hasil fermentasi ini merupakan makanan tradisional yang menjadi salah satu kue khas Madiun dan Wonogiri. Jika kamu berkunjung ke daerah tersebut kamu bisa membeli makanan hasil fermentasi ini sebagai oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

Makanan hasil fermentasi ini dipercayai bisa memperbaiki aliran peredaran darah. Jika di Bali, makanan hasil fermentasi ini dijadikan sebagai minuman. Makanan hasil fermentasi yang memilii rasa dingin saat digigit ini terbuat dari fermentasi tepung beras yang menjadi bahan utama pembuatnya.


Advertisement

  1. Kefir

Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak

Salah satu makanan hasil fermentasi berikutnya yakni bernama Kefir. Makanan hasil fermentasi yang menyehatkan ini merupakan produk olahan susu hewani yang bisa dibilang mirip seperti yoghurt. Hanya saja makanan hasil fermentasi ini dibuat melalui proses inokulasi menggunakan biji kefir. Makanan hasil fermentasi yang satu ini wajib kamu coba ya karena rasanya juga enak.

Dalam pembuatan makanan hasil fermentasi ini, jenis susu yang digunakan pun tidak sebatas susu sapi saja, bisa juga menggunakan susu domba dan susu kambing. Ternyata Kefir baik untuk menjaga kesehatan organ lambung dan efektif dalam mencegah gangguan pencernaan.

  1. Tapai

Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak

Tapai merupakan salah satu olahan makanan hasil fermentasi yang juga banyak disukai orang. Makanan hasil fermentasi ini memiliki rasa yang manis dan sedikit masam. Orang-orang sering menyebut makanan hasil fermentasi ini sebagai tape atau peuyeum.

Makanan hasil fermentasi ini merupakan makanan tradisional yang bisa dibuat dari singkong atau peuyeum Bandung, dan bisa juga menggunakan beras ketan. Makanan hasil fermentasi ini ternyata juga sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena Tape mengandung banyak sekali Vitamin B1 yang penting buat sistem saraf, sel otot, dan sistem pencernaan.

  1. Tahu

Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak

Makanan hasil fermentasi yang juga terbuat dari bahan dasar kedelai ini adalah Tahu. Tahu juga sering kita temui dan mudah untuk mendapatkannya. Selain itu tahu merupakan makanan yang sehat dan harganyapun sangat terjangkau.

Advertisement

Tahu menjadi salah satu lauk atau snack yang populer di Indonesia. Sama seperti tempe, tahu juga merupakan makanan hasil fermentasi  yang sangat menyehatkan. Selain mengandung protein, makanan hasil fermentasi ini juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, zat besi, dan omega 3.

  1. Oncom

Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak

Masih dari kedeai, makanan hasil fermentasi yang satu ini adalah Oncom. Oncom merupakan makanan hasil fermentasi yang terbuat dari ampas kacang kedelai dari produksi tahu atau tempe yang masih bisa dimanfaatin. Meski makanan hasil fermentasi ini terbuat dari bahan sisa, kandungan gizi dalam oncom masih sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, makanan hasil fermentasi juga bisa dibuat dari kacang tanah.

  1. Keju

Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak

makanan hasil fermentasi yang sangat enak dan disukai banyak orang ini adalah Keju. Keju merupakan salah satu makanan dari hasil olahan susu. Makanan hasil fermentasi ini terbentuk ketia susu diberi enzim dan bakteri yang berperan dalam penggumpalan susu. Setelah susu menggumpal, gumpalan protein dan lemak selanjutnya dipotong, dibentuk, lalu difermentasikan.

Makanan hasil fermentasi ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit asin dengan bau khas yang sangat enak. Ada berbagai jenis dari keju, ada juga yang nikmat disantap langsung ataupun ditambahkan dalam hidangan utama. Biasanya keju dihidangkan dalam irisan roti tawar, taburan kue, hingga olahan yang sangat lezat lainnya.

  1. Yoghurt

Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak

Yoghurt merupakan makanan hasil fermentasi yang juga terbuat dari susu. Makanan hasil fermentasi ini memiliki aroma yang cukup khas dengan cita rasa asam. Meskipun asam, makanan hasil fermentasi ini kaya dengan protein yang baik bagi pencernaan dan kesehatan kulit. Selain itu, yoghurt juga merupakan makanan hasil fermentasi yang rendah lemak yang mana dapat melengkapi program diet.

Advertisement

  1. Kecap manis dan Tauco

Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak

Makanan hasil fermentasi yang astu ini juga terbuat dari kedelai. Makanan hasil fermentasi ini adalah kecap manis dan tauco. Tauco dibuat dengan cara merendam kacang kedelai yang sudah direbus, dihaluskan, dan dicampur dengan terigu. Air rendamannya kemudian berubah hitam dan dijadikan sebagai bahan pembuat kecap manis. Sedangkan ampas padat inilah yang disebut dengan tauco.

  1. Tempoyak

Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak

Tempoyak juga merupakan makanan hasil fermentasi yang sangat enak. Tempoyak merupakan salah satu makanan khas di daerah Melayu, Bengkulu, Palembang, Lampung, dan Kalimantan. Selain itu, beberapa daerah di Malaysia juga disebut sebagai penghasil Tempoyak.

Makanan hasil fermentasi ini memiliki rasa yang asam dan beraroma menyengat. Tempoyak dibuat dari buah durian yang difementasikan. Makanan hasil fermentasi ini biasanya dimakan sebagi laukdengan memakai nasi, ayam, atau bisa juga dijadikan sebagai campuran dalam membuat sambal.

  1. Kimchi

Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak

Kimchi termasuk dalam salah satu makanan hasil fermentasi yang menyehatkan di dunia. Kimchi adalah makanan khas dari Korea. Makanan hasil fermentasi ini terbuat dari sayur hasil fermentasi dan diberi bumbu pedas. Kimci sangat digemari di negara Korea, karena menjadi makanan yang sangat enak.

Beberapa jenis sayuran sering dibuat sebagai makanan hasil fermentasi ini misalnya daun bawang, sawi putih, lobak, dan kucai. Cara membuat kimci yakni dengan mencuci sayuran dan digarami lalu diberi bumbu jahe, bawang putih, udang krill, kecap ikan, dan bubuk cabai merah dalam porsi yang cukup besar.

  1. Miso

Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak

Miso merupakan pasta dari hasil fermentasi kedelai khas Jepang. Makanan hasil fermentasi ini biasanya dibuat dengan memfermentasikan beberapa bahan seperti kedelai, beras, gandum, dan barley. Makanan hasil fermentasi ini tidak hanya baik bagi sistem pencernaan. Hebatnya, makanan hasil fermentasi ini diyakini juga ampuh dalam mencegah penyakit kanker.

Sahabat HMC, ternyata cukup banyak ya jenis makanan hasil fermentasi yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Selain enak dan menyehatkan beberapa makanan hasil fermentasi tersebut juga cukup mudah didapat dan harganyapun terjangkau. Cukup sekian dulu informasi yang HMC sampaikan mengenai makanan hasil fermentasi yang enak dan populer tersebut, dan semoga bermanfaat.


loading...
12 Makanan Hasil Fermentasi Paling Enak, Populer dan Sehat | Halomuda | 4.5