10 Makanan Khas Aceh Paling Enak dan Lezat

Jumat, April 7th, 2017 - Makanan
Kenalin Nih Si Cantik dan Imut!!!
Artis Yang Lagi Naik Daun. :)
Foto Chant Felicia Mantap Banget
Terima Kasih Telah Berkunjung ke Halomuda.com

Makanan Khas Aceh – Sahabat, jumpa lagi ya dengan Halomuda.com, kali ini kita masih akan membahas mengenai kuliner. Dan salah satu yang menjadi tujuan kuliner kita kali ini berada di derah Aceh. Kuliner Aceh menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang datang berkunjungng ke daerah tersebut, karena makanan khas Aceh memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Selain wisata yang indah, Aceh juga memiliki banyak kuliner yang membuat kamu senang berada di Daerah Istimewa Banda Aceh tersebut. Jadi jika kamu sedang berkunjung ke Aceh, jangan lupa mampir ke tempat kulinernya untuk menikmati hidangan khas Aceh yang sangat terkenal paling enak dan sangat lezat.

Dan bagi kamu yang belum mengetahui apa saja nama makanan khas dari daerah Aceh yang paling enak dan lezat. Kamu bisa menyimak ulasan Halomuda.com kali ini, inilah beberapa daftar nama makanan khas daerah Aceh yang terkenal paling enak dan lezat yang bisa kamu coba cicipi jika sedang berkunjung ke daerah tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut.

Makanan Khas Aceh Paling Enak dan Lezat

  1. Rujak Aceh Samalanga

Makanan Khas Aceh Paling Enak

Yang pertama makanan khas Aceh yang paling istimewa ini adalah rujak Aceh samalanga. Samalanga merupakan salah satu kecataman yang terdapat di kabupaten Bireuen. Rujak Aceh memiliki cita rasa yang asam, manis dan pedas. Uniknya di atas tempat ulekan yang besar terbuat dari batu itu bisa menampung untuk 50 porsi rujak, ada juga ulekan yang digunakan biasanya yang terbuat dari kayu jati.

Bahan-bahan untuk membuat makanan khas Aceh ini yang digunakan terdiri dari buah mangga, pepaya, kedondong, bengkuang, jambu air, nenas, dan timun, namun bumbu-bumbu yang digunakan, memiliki ciri khas tersendiri seperti garam, cabe rawet, asam jawa, gula aren (merah) yang cair, kacang tanah dan pisang monyet (pisang batu) atau rumbia (salak Aceh).

Jika kamu ingin membeli makanan khas Aceh ini biasanya penyajiannya dilakukan dengan dua cara, yaitu ditaruh di dalam piring dan ditaruh di atas daun pisang. Jika kamu memakannya di warung, biasanya disediakan di dalam piring, sedangkan jika akan kamu bawa pulang, biasanya dibungkus menggunakan daun pisang yang tentu menjadi ciri khas tersendiri yang wajib kamu coba.

  1. Sanger

Makanan Khas Aceh Paling Enak

Selanjutnya makanan khas Aceh yang wajib kamu coba ini adalah Sanger. Makanan ini adalah sejenis minuman yang hanya ada di Aceh. Sanger atau juga sering di sebut kopi sanger ini mirip dengan capucino, bahkan jauh lebih nikmat kopi sanger yang satu ini. Meskipun terlihat seperti kopi susu biasa, tetapi rasanya sangat khas dan berbeda dari rasa kopi lainnya.

Kopi saring/tarik ini merupakan makanan khas Aceh yang paling terkenal. Jika kamu ingn mencoba minuman sanger ini kamu bisa datang ke warung yang paling terkenal yakni warung solong yang berada di kawasan Ulee Kareng dan Chek Yuke di kawasan Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Selain itu, kamu juga bisa menemui warung kopi ini hampir di setiap ruas jalan di Banda Aceh dengan mudah.

Advertisement

  1. Bohromrom

Makanan Khas Aceh Paling Enak

Bohromrom atau yang dikenal juga dengan kue boh duek beudeh ini adalah salah satu makanan khas Aceh yang bisa kamu nikmati kelezatannya. Kue nikmat yang manis saat digigit ini terbuat dari tepung ketan yang dibalut dengan parutan kelapa.

Untu membuat makanan khas Aceh ini berbahan campuran tepung ketan, garam dan air panas yang di aduk hingga rata, ditambahkan air dingin, dan aduk adonan hingga kalis. Ambil satu sendok teh adonan dan isi dengan gula jawa lalu bulatkan, setelah itu dipanaskan di dalam air rebusan daun pandan hingga matang, kemudian angkat dan gulingkan diatas kelapa parut lalu siap disajikan.

  1. Pisang Sale

Makanan Khas Aceh Paling Enak

Makanan khas Aceh yang paling enak dan lezat kali ini adalah pisang sale. Makanan ini banyak kita jumpai dikawasan Kabupaten Aceh Timur yang merupakan sentra pisang sale untuk daerah Aceh. Pisang sale merupakan makanan ringan masyarakat Aceh sejak zaman indatu dulu dengan aroma dan rasa yang khas yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Pisang sale bisa dimakan langsung atau digoreng.

Untuk membuat makanan khas Aceh ini proses pembuatannya adalah pisang yang sudah matang di kupas kulitnya dan dijemur diterik matahari, setelah itu dilakukan penyaleaan atau pengasapan agar lebih tahan lama, lalu dioleskan atau dilumuri gula tebu dan bukan gula pasir. Makanan ini memiliki warna kecoklat-coklatan dan agak berkilat sedikit.

  1. Lepat

Makanan Khas Aceh Paling Enak

Advertisement

Berikutnya makanan khas Aceh yang harus kamu cicipi ini adalah Lepat. Biasanya lepat khusus di sajikan pada hari-hari tertentu pada masyarakat Gayo terutama menjelang puasa atau megang dan lebaran. Makanan ini tahan lama jika di asapi dan dapat bertahan hingga 2 minggu.

Makanan khas Aceh ini terbuat dari bahan tepung ketan yang diisi dengan gula merah hingga kalis, kemudian di bungkus dengan menggunakan daun pisang dan di bagian tengahnya di beri kelapa parut yang telah di gongseng dengan gula yang di namakan inti. Setelah itu bisa di kukus hingga matang dan baru siap disajikan.

  1. Keumamah

Makanan Khas Aceh Paling Enak

Keumamah atau sering disebut dengan Ikan kayu merupakan makanan khas Aceh yang wajib kamu coba. makanan tradisional Aceh ini paling banyak diminati oleh masyarakat Aceh karena memiliki rasa yang lezat dan unik, makanan ini terbuat dari ikan yakni dari ikan tuna yang telah direbus, kemudian dikeringkan dan diiris-iris menjadi kecil. Nama lain makanan ini adalah katshiobushi.

Makanan khas Aceh ini biasanya dimasak menggunakan santan kelapa, kentang, cabai hijau dan rempah lainnya. Ikan kayu ini bisa tahan lama meski untuk dibawa dalam perjalanan jauh, sehingga dapat dijadikan bekal dalam perjalanan. Selama perang Aceh melawan Belanda di hutan, jenis makanan ini sangat terkenal karena sangat mudah dibawa dan dimasak.

Advertisement

  1. Kembang loyang

Makanan Khas Aceh Paling Enak

Jika kamu berkunjung ke daerah Aceh, kamu wajib mencoba makanan khas Aceh yang bernama kembang loyang ini. Makanan ini terbuat dari tepung roti yang di campur dengan gula dan telur serta pati santan. Adonan ini diaduk hingga rata lalu cetakan kembang loyang dicelupkan ke dalam adonan kemudian digoreng ke dalam penggorengan.

Makanan khas Aceh ini bisa kita jumpai disaat ada acara hajatan, tidak ketinggalan juga dipelosok-pelosok desa di Aceh kue ini sangat setia untuk menemani pada hari-hari besar agama, seperti waktu lebaran. Selain itu makanan ini sangat cocok dinikmati pada waktu-waktu santai bersama keluarga.

  1. Kue Bhoi

Makanan Khas Aceh Paling Enak

Advertisement

Berikutnya makanan khas Aceh yang bernama kue bhoi juga wajib kamu coba. Makanan ini adalah maknan khas Aceh Besar yang dikenal luas oleh masyarakat Aceh. Bentuk kue ini sangat bervariasi, seperti bentuk ikan, bintang, bunga, dan lainnya. Kamu bisa menjadikannya sebagai buah tangan untuk saudara atau tetangga yang mengadakan hajatan atau pesta, seperti sunatan dan kelahiran.

Harga makanan khas Aceh ini relatif murah, untuk satu kemasan harganya antara Rp. 5.000,- ,10.000,- bahkan ada yang ratusan ribu. Biasanya kue bhoi ini dijadikan sebagai isi dari bingkisan seserahan yang dibawa oleh calon pengantin pria. Proses pembuatan kue Bhoi ini tergolong sedikit rumit. Karena, tidak semua orang bisa membuat kuliner ini dan juga dibutuhkan kesabaran serta keuletan.

  1. Meuseukat 

Meuseukat ini juga merupakan salah satu makanan khas Aceh yang berbentuk seperti dodol nanas khas aceh. Tetapi meuseukat ini terbuat dari tepung terigu dan campuran buah nanas, paduan yang unik dengan cita rasa yang khas. Jika kamu ingin menikmati kue meuseukat ini kamu bisa memesan terlebih dahulu karena sangat jarang ditemukan dipasar-pasar tradisional sebagai oleh-oleh.

  1. Manisan pala

Makanan Khas Aceh Paling Enak

Masih ada lagi makanan khas Aceh yang bisa kamu coba yakni manisan pala. Makanan ini adalah jenis makanan ringan yang tergolong dalam kelompok manisan buah-buahan. Usaha pembuatan manisan pala tidak memerlukan teknologi yang sulit karena pembuatannya cukup mudah, oleh karena itu usaha makanan ini mudah dilakukan oleh para pengusaha baru.

Umumnya makanan khas Aceh ini pembuatan dilakukan oleh pengusaha kecil di daerah penghasil pala. Kabupaten Aceh Selatan adalah kabupaten penghasil komoditi pala terbesar di Aceh bahkan di Pulau Sumatera. Manisan buah pala ini termasuk industri rumah tangga yang banyak dijumpai di Kabupaten Aceh Selatan. Selain diolah menjadi manisan dan sirup, pala dapat dibuat juga menjadi minyak pala yang berkhasiat tinggi untuk mengobati luka.

Bahkan kini kue dan kembang gula pun dapat dibuat dari buah pala. Selain menjadi makanan ringan yang disajikan pada saat perayaan hari-hari besar lebaran dan tahun baru bagi masyarakat setempat, makanan khas Aceh ini juga dapat dijadikan sebagai buah tangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

Nah sahabat Halomuda.com, itulah beberapa daftar nama makanan khas dari daerah Aceh yang paling enak dan lezat yang bisa kamu coba. Dan jika kamu berkunjung ke daerah Aceh, kamu wajib mencicipi makanan khas daerah Aceh tersebut. Mungkin cukup sekian dulu informasi dari Halomuda.com kali ini dan semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk kamu ya sahabat, sampai jumpa.


loading...
10 Makanan Khas Aceh Paling Enak dan Lezat | Halomuda | 4.5
Tags: , , ,
Halomuda.com adalah sebuah media online yang membahas tentang destinasi tempat wisata, referensi tempat wisata kuliner, makanan khas di dunia, minuman khas, review tempat makan paling enak dan resep masakan yang ada di seluruh dunia.

Jadi bagi anda yang tertarik dengan bahasan yang ada di website halomuda.com ini, dapatkan informasinya hanya di halomuda.com.