23 Makanan Khas Bali Paling Enak dan Populer

Makanan Khas Bali – Memang sebuah anugrah bagi orang indonesia, pasalnya negara indonesia mempunyai berbagai makanan khas masing-masing daerah yang sangat enak. Setiap wilayah mempunyai masakan atau makanan dengan cita rasa khas kenikmatan tersendiri. Salah satu tempat atau Kota yang di dalamnya terdapat berbagai makanan khas enak adalah Kota Bali yang sangat indah tempat dan enak makanannya.

Memang benar jika kota bali terkenal dengan tempat pariwisatanya yang sangat luar biasa keindahannya, akan tetapi siapa yang menyangka di balik keindahan dari tempat wisata bali tersebut tersembunyi berbagai makanan khas bali yang sangat enak dan lezat. Hal ini membuktikan bahwa Pulau Bali sangat luar biasa dan sangat pantas jika di jadikan salah satu destinasi tempat wisata bagi para warga asing yang ada di Indonesia.

Tentu saja dukungan dari segi kuliner akan sangat mendukung kepopuleran Pulau Bali di mata dunia, hal ini terlepas dari tempat wisata bali yang juga sangat indah. Racikan bumbu rempah-rempah khas bali tersaji dalam beberapa deretan makanan khas bali paling enak yang sesaat lagi akan di ulas oleh halomuda.com. Beberapa makanan khas bali ini mungkin sudah ada sebagian yang anda kenal, akan tetapi jika anda sedang berada di Pulau Bali, wajib untuk mencicipi sajian makanannya.

Daftar Makanan Khas Bali Paling Enak dan Populer

  1. Rujak Bulung  dan Rujak Kuah Pindang

Rujak Bulung dan Rujak Kuah Pindang

Makanan khas bali paling enak yang akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bernama Rujak Bulung  dan Rujak Kuah Pindang yang tentu saja merupakan makanan dari Bali yang berupa rujak yang di bumbui dengan kuah tuna yang lezat. Saat anda sedang menikmati makanan Rujak Bulung  dan Rujak Kuah Pindang ini sensasi segar dan juga sensasi pedas bisa anda dapatkan dalam setiap gigitan dari makanan khas bali ini.

Dalam Rujak Bulung  dan Rujak Kuah Pindang ini terdapat irisan mangga, cabai pedas dan kuah pindang. Akan tetapi juga banyak di temui beberapa isian yang ada dengan berbagai jenis buah atau ada juga yang menggunakan rumput laut. Tentu Rujak Bulung yang kita maksud di sini adalah makanan berupa rujak rumput laut yang di dalamnya di campurkan dengan bumbu kuah pindang yang sangat sedap.

  1. Tipat Blayag

Tipat Blayag

Makanan khas bali yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Tipat Blayag. Makanan yang satu ini sebenarnya berasal dari Buleleng Bali dan merupakan makanan yang berupa ketupat akan tetapi mempunyai bentuk yang mirip dengan lontong, di bentuk menggunakan janur muda yang bisa juga dengan menggunakan daun enau yang masih muda untuk membuat Tipat Blayag ini.

Tipat Blayag ini untuk menciptakan sebuah cita rasa khas bali biasanya di berikan bumbu yang mana bumbu tersebut terbuat dari olahan tepung beras dan juga bumbu rempah khas bali yang enak. Tentu saja Tipat Blayag ini di campur dengan bumbu rempah khas bali yang sangat kental akan menghasilkan makanan yang lezat. Biasanya Tipat Blayag ini di campur juga dengan atam sisit, sayur urab, kacang kedelai dan lauk yang lainnya.

  1. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo

Makanan khas bali yang selanjutnya adalah sebuah makanan terkenal di Pulau Bali, dan merupakan sebuah makanan yang terkenal mudah meriah. Tentu Nasi Jinggo adalah makanan bali yang kita maksud yang merupakan makanan yang di bungkus dengan menggunakan daun pisang yang tidak lupa di sediakan sambal khas bali bagi para pencinta makanan pedas.Beberapa lauk yang sering kita jumpai seperti misalkan saja mie goreng, ayam suwir dan tempe goreng.

Dengan nasi sebesar kepalan orang dewasa mungkin anda tidak akan cukup kenyang untuk menikmati sajian kha bali bernama Nasi Jinggo ini. Untuk mendapatkan kekenyangan yang maksimal pesan lagi sesuai dengan kapasitas perut anda. Nasi Jinggo ini sangat populer pada tahun 1997 yang lalu hingga saat ini dan biasanya orang yang menjual makanan Nasi Jinggo ini di banderol dengan harga yang sangat murah.

  1. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng

Makanan khas bali yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang mempunyai nama yang unik yakni Nasi Tepeng. Makanan khas yang satu ini merupakan salah satu makanan yang berasal dari Gianyar Bali dan mempunyai tekstur yang sangat lembek, bahkan hampir seperti bubur yang biasa kita temukan. Akan tetapi bumbu rempah khas bali yang ada di Nasi Tepeng ini yang membuat Nasi Tepeng ini berbeda dengan bubur.

Rasa dari bumbu rempah khas bali yang ada di Nasi Tepeng ini sangat menggugah selera. Akan tetapi makanan ini bisa di sajikan dengan rasa yang original atau di kombinasikan dengan rasa pedas yang tentu akan sangat cocok bagi anda yang doyan dengan makanan pedas. Beberapa bahan yang bisa anda temukan di Nasi Tepeng seperti misalkan ayam goreng, telur, nangka muda, kelor, terong, kacang merah dan kacang panjang.

  1. Ayam Betutu

Ayam Betutu

Makanan khas bali yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat luar biasa dan cukup populer di Bali bahkan populer di seluruh indonesia. Makanan khas bali yang satu ini populer dengan nama Ayam Betutu, tentu jika anda kebetulan sedang berada di Pulau Bali rasanya wajib untuk anda mencicipi Ayam Betutu ini. Masakan khas bali ini merupakan makanan pedas yang sangat khas rasa bumbu rempahnya.

Tentu rasa pedas gurih yang anda dapatkan dari Ayam Betutu ini bisa membuat lidah anda keenakan. Pasalnya bumbu tersebut langsung di masukkan ke dalam bagian perut ayam kampung yang tentu saja hal ini membuat bumbu yang ada meresap langsung ke dalam daging ayam kampung tersebut. Kemudian daging tersebut di pangang saat di bungkus dengan daun pisang yang tentu cara memasak yang sangat unik bukan?

  1. Lawar Kuwir

Lawar Kuwir

Makanan khas bali yang tidak kalah enak dengan masakan bali yang lainnya adalah sebuah makanan yang populer atau terkenal dengan nama Lawar Kuwir. Makanan yang satu ini adalah sebuah makanan campuran antara daging cincang dengan berbagai sayuran, kemudian di balut dengan bumbu rempah khas Pulau Bali yang enak. Beberapa daging yang biasanya di gunakan untuk membuat Lawar Kuwir ini adalah daging babi atau bebek.

Makanan yang satu ini merupakan makanan favorit bagi masyarakat Bali, sehingga makanan Lawar Kuwir ini sangat populer di sana. Daging yang di cincang kemdian di campur dengan sayuran seperti kacang panjang, kemudian di campur dengan bumbu dan parutan kelapa. Lawar Kuwir ini biasanya di sikat dengan nasi putih yang masih hangat, yang tentu akan membuat perut kelaparan anda merasa di manjakan.

  1. Babi Guling

Babi Guling

Makanan khas bali yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang cukup unik yakni Babi Guling. Makanan khas bali yang satu ini merupakan makanan yang sepertinya di idolakan oleh para wisatawan asing yang datang ke Pulau Bali, tentu setiap orang mempunyai penilaian tersendiri untuk makanan khas bali yang satu ini, pasalnya daging yang di gunakan dalam makanan khas bali ini adalah daging babi.

Dengan menggunakan daging babi, tentu tidak semua orang makan daging untuk jenis ini. Akan tetapi bagi orang yang suka dengan daging babi akan merasa di goyang lidahnya secara maksimal dengan makanan khas bali Babi Guling ini. Dari warnanya yang kecoklatan membuat daging ini sangat menarik, pastinya tidak lupa bumbu khas bali yang di balutkan ke Babi Guling ini yang membuat Babi Guling ini semakin lezat.

  1. Sate Lilit

Sate Lilit

Makanan khas bali paling enak dan paling populer yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang bernama Sate Lilit. Makanan yang satu ini merupakan salah satu jenis sate yang tidak sama dengan jenis sate pada umumnya, Sate Lilit ini di buat dengan cara di lilit. Cara pembuatannya adalah dengan mencincang daging yang akan di buat menjadi sate, kemudian di campur dengan bumbu rempah khas bali yang lezat.

Dengan menggunakan batang daun serai kemudian daging yang di cincang tadi lilitkan, tentu saja memang pada dasarnya kan dagingnya sudah di cincang jadi di jamin Sate Lilit ini sangat empuk. Beberapa daging yang biasanya di gunakan untuk membuat Sate Lilit ini adalah daging babi, daging ayam atau ikan tenggiri. Akan tetapi hingga saat ini Sate Lilit yang menggunakan ikan tenggiri yang menjadi favorit.

  1. Nasi Campur Ayam Bali

Nasi Campur Ayam Bali

Makanan khas bali yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sepertinya wajib untuk anda cicipi saat anda sedang berada di Pulau Bali. Makanan yang satu ini merupakan salah satu makan yang favorit, karena Nasi Campur Ayam Bali ini sangat komplit dan wajib untuk di hajar. Dengan di dalamnya terdapat beberapa lauk seperti suwiran ayam sisit, sate lilit, lawar ayam, sayur urap dan beberapa jenis lauk yang lainnya.

Kemudian dengan beberapa lauk tersebut, di campurlah nasi putih yang masih hangat. Terlebih lagi jika anda merupakan orang yang doyan makan pedas, anda bisa menambahkan sambal embe atau sambal matah yang merupakan sambal khas bali. Akan tetapi apabila lauk dari Nasi Campur Ayam Bali ini di rasa kurang, anda masih bisa menambahkan jenis lauk yang lainnya yang tentu saja bisa menjadi salah satu makanan yang enak.

  1. Serombotan

Serombotan

Makanan khas bali yang selanjutnya merupakan makanan yang cukup populer dari bali yang bernama Serombotan. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran yang di olah sedemikian rupa menjadi makanan yang enak. Beberapa bahan sayuran yang sepertinya akan anda temui di makanan khas bali bernama Serombotan ini adalah seperti kangkung, bayam, kacang panjang, pare, tauge dan terong bulat.

Selain enak makanan khas bali yang bernama Serombotan ini juga sangat men yehatkan, pasalnya semua bahannya berasal dari sayuran. Untuk bumbu dari Serombotan di kenal dengan sebuah nama yakni Kalas yang mana bumbu dari Serombotan ini terbuat dari campuran lengkuas, kunyit, bawang putih, bawang merah, kencur dan ketumbar. Tidak lupa santan juga terdapat di Serombotan ini, jika anda suka pedas anda bisa tambahkan bumbu kacang pedas.

  1. Jaja Wajik

Jaja Wajik

Makanan khas bali yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang tentu sudah tidak asing lagi bagi anda yang berada di Pulau Bali. Makanan yang satu ini populer dengan nama Jaja Wajik yang biasanya di jadikan oleh-oleh jika anda sedang berada di Bali. Meskipun makanan khas bali yang termasuk salah satu makanan tradisional bali ini, akan tetapi makanan Jaja Wajik ini hingga saat ini masih di minati olah banyak orang.

Bahkan saking populernya makanan khas bali ini dengan mudah bisa anda temukan di toko-toko yang ada di Pulau Bali sana. Mempunyai rasa yang legit manisnya membuat jajanan bali ini di minati banyak orang. Jika di bali saat ada acara pernikahan, tentu makanan khas bali Jaja Wajik ini selalu hadir di tengah-tengan makanan yang lainnya. Tentu jangan sampai melewatkan makanan atau camilan bali ini jika anda datang ke Pulau Bali.

  1. Jaja Bendu

Jaja Bendu

Makanan khas bali paling populer yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bernama Jaja Bendu. Merupakan salah satu makanan khas bali yang berasal dari Jembrana Bali yang sudah sangat populer di para pencinta makanan di kawasan bali. Sama seperti makanan jaja wajik, makanan Jaja Bendu ini juga termasuk makanan yang tradisional akan tetapi hingga saat ini masih banyak orang yang tertarik dengan makanan khas bali yang satu ini.

Makanan atau kue sederhana dari bali yang satu ini mempunyai bahan-bahan yang sederhana pula, oleh karena itu bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri, rasanya sangat mudah. Di mana makanan khas bali ini di buat dari tepung ketan yang di dalamnya di isi dengan gula bali dan parutan kelapa, kemudian setelah itu di bungkus dengan menggunakan daun pisang. Kue ini sangat mudah di temukan di bali, jadi segera coba makanan khas bali yang satu ini.

  1. Tum Ayam

Tum Ayam

Makanan khas bali yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang bernama Tum Ayam. Makanan yang satu ini tentu mempunyai bahan dasar yakni ayam, jika di pulau jawa makanan khas bali yang satu ini sangat mirip dengan pepes. Bahkan cara membuat dari Tum Ayam ini juga sangat sama dengan pepes yang mana daging ayam di cincang halus dengan beserta bumbu yang lainnya kemudian setelah itu di bungkus dengan daun pisang.

Untuk memasaknya pun yakni dengan cara di kukus hingga matang dan siap untuk di nikmati. Tentu cara memasaknya tidak jauh dengan pepes yang ada di Jawa bukan? Untuk bumbu dari makanan khas bali yang satu ini seperti bawang, jahe, lengkuas, kencur, santan dan masih banyak bahan yang lainnya. Salah satu makanan khas bali yang wajib untuk anda cicipi apabila anda sedang berada di Pulau Bali yang indah tersebut.

  1. Godoh Gedang

Godoh Gedang

Makanan khas bali paling populer dan tentu sangat enak yang berikutnya akan kita bahas adalah Godoh Gedang yang sangat lezat. Tentu dari namanya, makanan khas bali ini sudah bisa di tebak kira-kira bahan utamanya apa? Yakni pisang. Sebenarnya makanan khas bali yang bernama Godoh Gedang ini merupakan pisang goreng yang di nikmati dengan krim segar atau bisa juga dengan gula kayu manis yang enak.

Tentu pisang goreng khas bali yang satu ini sangat berbeda dengan pisang goreng yang ada di jawa. Biasanya makanan khas bali yang satu ini biasanya di jadikan sebagai makanan ringan yang umum di bali. Konon katanya makanan bernama Godoh Gedang ini sudah di perkenalkan oleh Portugis sejak abad ke 16 yang lalu. Tentu merupakan makanan khas bali yang sudah lama sekali hadir di masyarakat bali dan biasana pisang yang di gunakan adalah pisang belur.

  1. Lontong Jukut Serapah Khas Bali

Makanan Khas Bali Paling Enak

Makanan khas Bali yang pertama ini adalah lontong jukut serapah. Lontong ini menjadi salah satu kuliner Bali yang paling favorit yang tidak boleh kamu lewatkan kalau liburan ke Bali. Makanan ini berbeda dengan lontong pada umumnya, lontong jukut serapah ini memiliki bentuk segitiga dan berukuran lebih besar, dan ada juga yang bentuknya bulat lonjong.

Biasanya makanan khas daerah Bali ini dipotong kecil-kecil dan disajikan bersama dengan berbagai macam sayuran yang telah direbus seperti bayam, nangka, pepaya, daun singkong, dan bunga pisang atau jantung pisang. Kemudian disiram dengan kuah kental. Sedangkan kuah lontongnya namanya adalah telengis yakni hasil sampingan minyak kelapa dan santan kelapa yang telah direbus.

  1. Tipat Cantok Khas Bali

Makanan Khas Bali Paling Enak

Makanan khas Bali selanjutnya yang juga sangat enak dan populer ini adalah tipat cantok. Bagi orang di luar Bali mungkin masih sangat asing mendengar makanan ini. Makanan ini memang cukup unik dan sangat mudah kita temukan di seluruh wilayah Bali. Bahkan, kamu bisa memilih tipat cantok versi warung sederhana atau hotel berbintang yang disediakan di daerah Bali.

Tetapi tentu saja kamu juga akan menemukan isian dan bumbu dari makanan ini yang sama saja, hanya mungkin penyajiannya yang berbeda. Untuk isiannya, makanan ini biasanya menggunakan isian seperi kacang panjang, tauge, dan kangkung. Dan agar rasanya semakin nikmat, sayur dan tipat yang sudah ditata di piring akan disiram dengan bumbu kacang yang gurih.

  1. Nasi Sela (Ubi) Khas Bali

Makanan Khas Bali Paling Enak

Nasi sela atau ubi jalar adalah salah satu makanan khas Bali yang sangat terkenal di kawasan pedesaan di Bali. Tetapi kini tidak hanya masyarakat pedesaan saja yang menyukai sela, bahkan masyarakat kota juga menyukai makanan yang satu ini karena rasanya benar-benar spesial. Karena itulah kamu juga tidak boleh melewatkan makanan yang satu ini.

Makanan khas daerah Bali yang merupakan campuran antara nasi dan sela ini bisa memberikan cita rasa yang khas, selain itu makanan ini juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Kini dengan metode pengolahan yang lebih modern dan maju, makanan ini bisa disajikan dalam rasa paket yang lebih enak. Nasi sela banyak disuguhkan dalam nasi bungkus, nasi jinggo ataupun di restoran-restoran khas bali.

  1. Jukut Ares Khas Bali

Makanan Khas Bali Paling Enak

Makanan khas Bali berikutnya yang juga tidak boleh kamu lewatkan kelezatannya ini adalah jukut ares. Jukut ares merupakan kuliner khas Bali yang sangat unik dan enak rasanya , karena makanan yang satu ini berbahan dasar dari pohon pisang yang masih muda dan kira-kira besarnya selengan orang dewasa.

Untuk memebuat makanan khas Bali ini ares yang diiris-iris tipis dimasak dengan menggunakan bumbu lengkap Bali alias Base Gede, sedangkan untuk daging campurannya bisa menggunakan berbagai macam daging seperti daging ayam, mentok jika ining rasanya paling enak, dan bisa juga menggunakan daging Babi. Tetapi bagi umat islam, sebaiknya bertanya kepada penjual terlebih dahulu sebelum membelinya.

  1. Kacang Asin Khas Bali

Makanan Khas Bali Paling Enak

Kacang asin juga menjadi salah satu makanan khas Bali lainnya yang sangat enak dan lezat. kamu bisa menjadikan makanan ini sebagai cemilan atau oleh-oleh untuk kerabat saat pulang berkunjung dari Bali. Jika pada umumnya kacang hanya terasa gurih, maka berbeda dengan kacang khas Bali ini yang agak sedikit asin rasanya, sehingga sangat khas.

Jika kamu ingin mendapatkan makanan khas daerah Bali ini kamu bisa menemukannya diberbagai toko oleh-oleh yang ada di Bali. Dan jika kamu ingin mengetahu cara pembuatannya kamu bisa daang ke temapt yang memproduksi makanan ini di Bali

  1. Komoh Khas Bali

Makanan Khas Bali Paling Enak

Komoh juga merupakan makanan khas Bali yang sangat populer. makanan ini sejenis sup berkuah yang ditambah dengan berbagai daging, baik itu daging ayam, daging itik, daging entog, daging penyu dan bahkan daging babi. Selain berisi daging, komoh juga bisa berisi kulit dan hati hewan tersebut. Karena rasanya sangat nikmat, maka kamu wajib mencobai makanan ini saat liburan di Bali.

Biasanya makanan khas Bali ini disajikan dalam mangkok kecil dan cara mengkonsumsinya adalah bisa langsung menggunakan mangkok yang berisi komoh yang didekatkan ke mulut dengan tangan kemudian komoh tersebut di minum dan bisa juga dengan cara menggunakan sendok makan untuk menyantapnya. Rasakan, cara mana yang paling kamu suka untuk menikmati makanan yang satu ini.

  1. Bagiak Khas Bali

Makanan Khas Bali Paling Enak

Makanan khas daerah Bali berikutnya ini yang juga sangat populer dan banyak dicari adalah bagiak. Makanan ini adalah makanan ringan khas Bali yang sangat cocok untuk dijadikan cemilan atau oleh-oleh jika sedang berkunjung ke Bali. Jika kamu berminat, kamu bisa mendapatkan makanan ini dalam berbagai rasa seperti  jahe, kacang, susu dan kayu manis.

Makanan khas Bali ini terbuat dari tepung sagu dan memiliki rasa yang agak manis dan tekstur yang renyah. Dilihat sekilas, bagiak berbentuk bulat panjang kurang lebih sejempol orang dewasa. Jika dipegang akan terasa keras, tapi jika disantap akan terasa kres-kres renyahnya lama pecah dan lembek. Biasanya paling nikmat makanan ini disantap saat sore hari bersama dengan kopi hangat.

  1. Bubur Mengguh Khas Bali

Makanan Khas Bali Paling Enak

Kalo nama makanan khas daerah Bali yang sangat populer dan lezat rasanya ini adalah bubur mengguh. Makanan khas Bali berupa bubur ini layak untuk kamu coba kenikmatannya. Bubur ini berasal dari daerah daerah Bali utara yakni Buleleng dan biasanya makanan ini sering disajikan pada saat upacara adat di daerah tersebut.

Makanan khas Bali ini terbuat dari bahan beras dan santan yang disajikan dengan ayam suwir yang dibumbui lalu disiram kuah ayam kental dan urap sayur yang disajikan terpisah. Citarasanya memang sangat komplit, dengan perpaduan gurih dan agak pedas dengan renyahnya sayur urap membuat makanan yang satu ini menjadi makanan wajib yang tidak boleh dilewatkan saat liburan ke Buleleng.

  1. Bubur Injin Khas Bali

Makanan Khas Bali Paling Enak

Kalo makanan khas Bali yang juga tidak boleh kamu lewatkan kenikmatannya ini adalah bubur injih atau bubur ketan hitam. Bubur ini biasanya dijadikan sebagai dessert yang special untuk kamu dan keluarga. Menu makanan ini juga menjadi salah satu menu andalan untuk sarapan dan untuk mengganjal perut sehabis mandi-mandi di pantai.

Makanan khas daerah Bali ini terbat dari beras ketan hitam yang diberi santan dengan potongan nangka. Jika kamu ingin mencoba kenikmatan makanan yang satu ini, kamu bisa ke Kafe Batan Waru di Kuta, Bali yang menyediakan menu makanan ini yang rasanya sangat enak dan lezat.


17 Comments

  1. mangku giweng Februari 24, 2017
    • Halomuda Maret 2, 2017
  2. oliver d. patterson Maret 6, 2017
  3. irpan zahra Maret 11, 2017
    • Halomuda Maret 24, 2017

Leave a Reply