43 Makanan Khas Bandung Paling Enak, Lezat dan Terkenal

Jumat, Agustus 2nd, 2019 - Makanan

Makanan Khas Bandung – Indonesia memang di dalamnya terdapat berbagai macam makanan khas di setiap wilayah yang ada.

Tentu saja hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan makanan khas. Dengan banyaknya macam dan varian makanan yang ada di negara indonesia.

Ini membuat banyak wisatawan asing cukup tertarik untuk mencoba makanan khas yang tersaji di setiap wilayah di Indonesia.

Memang benar adanya jika negara indonesia merupakan salah satu negara yang yang terdiri dari banyak sekali kota.

Advertisement

Salah satu kota dengan makanan khas yang sangat banyak adalah Kota bandung yang biasa kita sebut dengan kota kembang ini.

Beberapa di antara makanan khas bandung yang akan kita bahas ini, tentu saja sebagian besar sudah kita ketahui. Dalam beberapa film indonesia, makanan sangat sering di tayangkan.

Memang dari dulu Bandung sangat terkenal dengan destinasi tempat wisatanya. Tidak hanya itu, ternyata makanan khas bandung yang ada di tempat tersebut terkenal sangat lezat dan enak.

Karena itu pada kesempatan kali ini halomuda.com akan mengajak kamu untuk membahas makanan khas bandung paling enak.

Dengan membaca artikel tentang makanan khas bandung, bisa menjadi rekomendasi makan.

Makanan Khas Bandung Paling Enak dan Populer

  1. Cireng

Cireng Makanan Khas Bandung

Makanan yang satu ini sepertinya sangat sering di sebut-sebut sebagai cemilan asyik bersama dengan teman-teman.

Cireng merupakan makanan yang sudah sangat terkenal dan berasal dari Kota Bandung dan merupakan salah satu makanan khas bandung.

Cireng sendiri merupakan makanan dari sebuah singkatan yakni aci di goreng. Jika di bahasa indonesiakan berarti tepung kanji yang di goreng.

Saat ini popularitas dari Cireng ini sangat luar biasa. Ini di karenakan makanan yang satu ini enak selain itu di bandrol dengan harga yang sangat terjangkau.

Bahkan sejak tahun 80an makanan yang satu ini sudah terkenal. Bahannya terdiri dari tepung kanji, garam, kedelai, air, tepung terigu, bawang, minyak goreng dan saus sambal.

Makanan khas bandung ini bisa di nikmati dengan bersama teman-teman atau orang terdekat.

  1. Pisang Coklat

Pisang Coklat Makanan Khas Bandung

Selanjutnya adalah sebuah makanan yang di beri nama Pisang Coklat dan merupakan sebuah makanan yang terbuat dari pisang.

Untuk proses pembuatan dari Pisang Coklat ini yakni dengan cara melumerkan coklat pada pisang.

Setelah itu kamu bisa membungkus pisang dengan balutan coklat tadi dengan kulit lumpia. Silahkan menggoreng Pisang Coklat ini hingga tercium aroma yang enak.

Pisang Coklat ini sangat lezat apabila di sajikan pada saat masih baru di masak atau masih panas. Tentu pisang yang melebur dengan coklat akan membuat kamu ketagiahan untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Makanan khas bandung Pisang Coklat ini biasanya di sebut juga dengan Piscok. Merupakan salah satu referensi makanan yang wajib untuk kamu nikmati apabila kamu sedang berada di Kota Bandung.

  1. Surabi

Surabi Makanan Khas Bandung

Makanan yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang nampaknya sudah sangat populer di seluruh indonesia. Khususnya para pencinta kuliner yang demen dengan makanan lezat dari berbagai daerah.

Surabi merupakan makanan yang di buat dari tepung, hingga Surabi ini sangat mirip dengan pancake.

Tapi perbedaan antara Surabi dengan pancake adalah Surabi di buat dengan di bakar di atas tungku dan biasanya sangat tebal ukurannya.

Merupakan salah satu makanan khas bandung yang unik. Karena peralatan yang di gunakan untuk membuat surabi ini dengan menggunakan alat sederhana yakni tungku.

Dengan begitu di rasa keaslian dari Surabi ini masih sangat baik. Saat ini banyak sekali varian topping yang bisa kamu pilih. Misalkan saja topping keju, pisang, coklat, durian, sosos dan nangka.

  1. Siomay

Siomay Makanan Khas Bandung

Makanan khas bandung yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bernama Siomay Bandung.

Makanan bandung yang satu ini sangat mudah untuk kita temukan saat kita sedang berlibur ke suatu tempat di Indonesia.

Hal ini di karenakan memang makanan Siomay Bandung ini berasal dari Bandung. Tapi saat ini Siomay Bandung ini sudah banyak tersebar di kota-kota yang lainnya dan tentu tidak kalah enak.

Makanan bandung yang satu ini sangat luar biasa. Makanan yang di balut dengan bumbu khas bandung ini sangat enak dan di sukai oleh berbagai kalangan.

Biasanya Siomay Bandung ini di buat dari daging ikan, sagu dan juga bumbu kacang yang lezat.

Bahkan makanan bandung yang satu ini sangat mudah di jumpai. Seperti misalkan saja sekolahan, perumahan atau bahkan perkantoran juga tertarik dengan makanan yang satu ini.

Advertisement
  1. Peuyeum

Peuyeum Makanan Khas Bandung

Makanan khas bandung yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat populer di Kota Bandung. Makanan bandung yang kita maksud ini adalah sebuah makanan khas yang bernama Peuyeum.

Bahkan saking khasnya, makanan Peuyeum yang satu ini biasanya di jadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan yang datang ke Bandung.

Peuyeum ini sangat mirip dengan tape. Tapi antara Peuyeum dan tape mempunyai perbedaan yang cukup mencolok, yakni Peuyeum ini mempunyai tekstur yang lebih kering.

Dari segi kering ini di sebabkan karena pada proses pembuatan antara 2 makanan yakni Peuyeum dan tape ini sangat berbeda.

Biasanya Peuyeum di atasnya di berikan toping seperti misalkan coklat, keju atau beberapa toping populer yang lainnya.

  1. Cimol

Cimol Makanan Khas Bandung

Selanjutnya adalah sebuah makanan khas yang tidak hanya populer di bandung saja, tapi Cimol sudah banyak di temukan di kota lain.

Cimol mempunyai arti aci di gemul atau jika di terjemahkan dalam bahasa indonesia yakni tepung kanji. Makanan bernama Cimol ini di buat dengan bahan utama yakni kanji yang di olah menjadi bentuk bulat.

Tentu bulatan kanji tadi kemudian di proses dengan cara di goreng. Dengan bumbu yang hampir mirip dengan bumbu basreng, makanan ini bisa membuat banyak orang ketagihan.

Jika kamu penasaran, sebenarnya Cimol ini mempunyai rasa yang lezat, gurih dan tentunya sangat kenyal. Itu karena pada dasarnya makanan khas bandung bernama Cimol ini di buat dari tepung kanji.

  1. Mie Kocok

Mie Kocok Makanan Khas Bandung

Yang berikutnya akan kita bahas di halomuda.com adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Mie Kocok.

Makanan yang satu ini tentu sangat mudah bisa kita temukan di Kota Bandung. Banyak pedagang dengan menggunakan gerobak yang menjajakan makanan khas bandung bernama Mie Kocok ini.

Mie Kocok ini merupakan hidangan mie yang di campur dengan berbagai sayuran.

Tentu tidak hanya sayuran saja yang di campurkan di Mie Kocok ini, ada juga seperti misalkan saja kikil sapi. Tentu kamu sangat penasaran dengan nama Mie Kocok yang di berikan pada makanan ini bukan?

Sebenarnya nama Mie Kocok ini karena proses sebelum penyajiannya. Yakni pada saat proses pembuatannya mienya di kocok dan di aduk hingga terolah secara sempurna.

  1. Bandros

Bandros Makanan Khas Bandung

Makanan yang selanjutnya akan kita bahas di halomuda.com adalah sebuah makanan yang bernama Bandros.

Makanan yang satu ini merupakan makanan atau jajanan khas bandung yang sangat populer.

Di buat dengan bahan utamanya yakni tepung terigu yang di olah sedemikian rupa dengan di campur dengan santan kelapa. Makanan khas bandung ini bisa membuat ketagihan.

Bandros adalah sebuah makanan yang di masak dengan menggunakan cetakan cekung khas yang kemudian di beri kelapa parut. Sehingga menghasilkan aroma dan cita rasa yang sangat lezat khas bandung.

Biasanya untuk saran penyajian makanan ini di makan ketika masih baru di masak yakni masih hangat. Sangat cocok bila di makan bersama dengan minuman seperti kopi atau teh.

  1. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom Makanan Khas Bandung

Makanan khas bandung yang berikutnya adalah sebuah makanan yang mempunyai nama yang cukup unik yakni Nasi Tutug Oncom.

Makanan yang satu ini merupakan sajian yang cukup populer di Kota Bandung. Pasalnya makanan yang satu ini di buat dengan cara di bakar.

Tentu saja bersama dengan bumbu oncom yang di campur juga dengan tepung tapioka atau biasa di sebut dengan tepung kerupuk.

Tentu akan menjadi sebuah pengalaman menarik apabila kamu menikmati makanan yang satu ini. Biasanya Nasi Tutug Oncom ini di sajikan bersama dengan kerupuk dan juga sambal.

Pada penyajian Nasi Tutug Oncom ini biasanya juga di tambahkan sayuran. Selain sayuran tadi itu enak tentu sayuran tersebut juga menyehatkan.

  1. Gepuk

Gepuk Makanan Khas Bandung

Makanan khas bandung yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang juga mempunyai makanan yang sangat unik, yakni Gepuk.

Advertisement

Makanan atau lebih tepatnya bisa kita sebut jajanan Bandung yang satu ini juga merupakan makanan khas jawa barat.

Gepuk merupakan sebuah makanan yang di buat dengan menggunakan bahan dasar daging sapi. Daging tersebut di kemas dengan rasa sedikit manis dan gurih.

Kenapa di namakan Gepuk? Karena Gepuk di buat dengan cara mengiris daging sapi dengan serat yang searah. Setelah itu daging di rebus dan di pukul hingga di rasa sampai lembut yang tentu unik bukan?

Daging empuk tadi di campur dengan santan dan bumbu rempah, setelah itu di rebus lagi. Sebelum di sajikan, biasanya Gepuk di goreng dengan sedikit minyak dan menghasilkan rasa yang sangat lezat.

Advertisement
  1. Lotek

Lotek Makanan Khas Bandung

Makanan khas bandung yang selanjutnya adalah makanan yang tidak asing lagi bagi pencinta kuliner tanah air. Makanan yang satu ini telah tersebar luas di seluruh indonesia.

Pada dasarnya makanan khas bandung yang bernama Lotek ini sangat mirip dengan pecel yang sudah kita kenal.

Akan tetapi yang membedakan adalah dalam bumbu lotek terdapat bahan seperti gula merah, bawang putih dan terasi.

Tentu dengan beberapa bahan yang telah kita sebutkan tapi, membuat makanan ini mempunyai rasa lebih manis di bandingkan dengan pecel.

Saat menyantap Lotek ini kamu bisa memilih di campur dengan nasi hangat atau lonton. Tapi jangan sampai lupa kriuknya yakni biasanya dalam makanan Lotek ini di campur pula bawang goreng dan kerupuk.

  1. Colenak

Colenak Makanan Khas Bandung

Makanan bandung yang selanjutnya adalah Colenak yang tentu saja sudah sering di dengar bagi para pencinta kuliner bandung.

Makanan yang satu ini mempunyai nama Colenak ternyata mempunyai arti sendiri. Arti colenak singkatan dari cocol enak, tentu nama yang sangat unik bukan?

Termasuk makanan khas bandung yang legendaris, pasalnya Colenak ini sudah ada sejak tahun 1930an yang lalu.

Di gadang-gadang merupakan makanan yang di hasilkan dari revolusi makanan lainnya yakni peuyeum.

Colenak merupakan sebuah makanan hasil pengembangan dari peuyeum yang pada saat memasaknya di bakar dengan arang.

Setelah itu di beri gula merah cair yang tentu sangat kental dan di bubuhkan parutan kelapa. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang wajib untuk kamu cicipi.

  1. Combro

Combro Makanan Khas Bandung

Makanan khas bandung yang paling enak yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bernama Combro.

Makanan yang satu ini merupakan jajanan khas bandung yang sangat enak biasanya makanan ini juga di sebut dengan nama gemet.

Salah satu makanan khas jawa barat yang terbuat dari singkong yang di parut. Kemudian di bentuk menjadi bulat yang tentu saja di dalamnya di isi dengan sambal oncom yang enak.

Untuk proses pembuatan dari Combro ini yakni dengan cara di goreng. Nama Combro ini ternyata merupakan singkatan dari oncom di jero atau jika di artikan dalam bahasa indonesia adalah oncom di dalam.

Untuk saran penyajiaannya sangat enak apabila di makan pada saat masih hangat dan merupakan makanan yang wajib untuk kamu coba.

  1. Batagor

Batagor Makanan Khas Bandung

Makanan yang berikutnya akan kita bahas adalah makanan yang banyak di jual di pinggir jalan. Makanan itu adalah Batagor.

Rasa dari Batagor sendiri sangat enak dan merupakan jajanan khas bandung. Di buat dari perpaduan dari bakso dan tahu goreng, oleh karena itu namanya Batagor yang artinya bakso tahu goreng.

Batagor merupakan makanan yang di buat dengan bahan adonan ikan, tepung kanji yang kemudian di jadikan satu dan di goreng.

Saat penyajiannya di campurkan juga saus kacang atau bumbu kacang yang kental yang memberikan rasa lezat, tentu rasanya yang enak.

Teksturnya yang kenyal membuat kita ketagihan untuk menikmati makanan khas bandung yang sudah sangat populer.

  1. Perkedel Bondon

Perkedel Bondon Makanan Khas Bandung

Makanan khas bandung paling enak yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Perkedel Bondon.

Makanan yang satu ini merupakan sebuah makanan yang di goreng dengan tungku api. Bagian yang di bakar adalah seperti arang atau juga bisa kayu.

Banyak yang menilai jika cara memasak dari Perkedel Bondon ini merupakan jurus ampuh untuk membuat Perkedel Bondon yang enak.

Biasanya makanan yang satu ini juga kerap di pergunakan sebagai lauk pauk di bandung sana.

Ini merupakan sebuah lauk yang sangat pas apabila di campurkan dengan nasi hangat dan juga sambal yang sangat pedas.

Salah satu makanan yang wajib untuk kamu coba. Terlebih jika kebetulan kamu sedang berada di Kota Bandung yang memang sudah sangat terkenal dengan masakan khasnya.

  1. Misro

Misro Makanan Khas Bandung

Makanan yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang tentu sudah sangat populer. Terlebih lagi di kalangan para pencinta kuliner di bandung dan sekitarnya.

Yakni Misro yang merupakan makanan khas jawa barat yang wajib untuk kamu cicipi apabila kamu sedang berada di Kota Bandung.

Misro merupakan makanan yang di buat dari parutan singkong yang di dalamnya di beri gula merah, setelah itu di goreng hingga matang.

Banyak orang yang bertanya, kenapa makanan yang satu ini di namakan Misro. Misro di ambil dari Amis di Jerone yang artinya dalam bahasa sunda yakni manis di dalam.

Pada umumnya makanan bandung yang bernama Misro ini di buat dengan bentuk yang bulat dan manis di dalam.

Tentu saja akan lebih maksimal kenikmatannya apabila di sandingkan dengan kopi atau teh.

  1. Nasi Timbel

Nasi Timbel Makanan Khas Bandung

Makanan khas bandung yang selanjutnya adalah sebuah makanan bandung yang sering di sebut-sebut dalam berbagai acara. Hal ini di karenakan makanan bandung yang satu ini mempunyai rasa yang sangat lezat.

Seperti apa sebenarnya makanan Nasi Timbel ini? Yakni nasi putih yang di bungkus dengan daun pisang. Ini lah yang membuat rasa dari Nasi Timbel ini mempunyai rasa dan cita rasa yang sangat khas lezatnya.

Nasi Timbel ini sangat sering kita jumpai di rumah makan sederhana yang ada di Kota Bandung.

Dalam menikmati makanan bernama Nasi Timbel ini kamu bisa menambahkan berbagai lauk pauk yang menurut kamu sangat enak.

Seperti misalkan saja ayam goreng, sambal, tahu, tempe dan lalapan yang segar. Tentu memang sangat mirip dengan lalapan yang biasa kita temukan, tapi yang membedakan adalah nasinya saja.

  1. Es Lilin

Es Lilin Makanan Khas Bandung

Ada sebuah makanan khas bandung yang sepertinya sangat layak untuk menjadi salah satu referensi bagi kamu. Terlebih lagi apabila kamu sedang mencari makanan pelepas dahaga.

Salah satu makanan bandung yang bisa melepas dahaga kamu adalah sebuah makanan yang populer dengan nama Es Lilin.

Merupakan sebuah kombinasi antara gula, susu dan santan, sehingga menghasilkan sebuah makanan yang bernama Es Lilin.

Saat ini makanan bandung ini mempunyai banyak sekali variasi rasa. Tentu saja akan memberikan kamu banyak pilihan rasa dari Es Lilin ini.

Beberapa rasa yang biasanya di sematkan dalam Es Lilin seperti misalkan saja rasa melon, leci dan strawberry.

Jadi apabila kamu kebetulan sedang berada di kota Bandung. Tidak ada salahnya apabila mencicipi segarnya makanan bandung yang terkenal dengan nama Es Lilin ini.

  1. Cilok

Cilok Makanan Khas Bandung

Siapa yang tidak tahu camilan yang sudah terkenal di Indonesia ini. Siapa yang menyangka ternyata camilan yang sudah sangat terkenal ini berasal dari Kota Bandung.

Makanan yang populer dengan nama Cilok ini merupakan camilan bertekstur kenyal. Makanan ini merupakan jajanan kebanggan dari masyarakat bandung atau Jawa Barat.

Hal ini di karenakan makanan yang sudah memasyarakat ini sudah tersebar di seluruh bagaian indonesia tercinta kita ini.

Cilok sangat mudah kita temukan di pinggir jalan seperti misalkan saja di area sekolahan, perkantoran dan beberapa tempat ramai.

Dengan bentuk bulatnya mampu menggoyang lidah kamu, di tambah lagi dengan siraman bumbu kacang yang lezat.

Rasanya sangat nikmat dalam setiap gigitannya. Saat ini Cilok telah di kombinasikan dalam berbagai bahan dan juga saus dalam penyajiannya.

  1. Kupat Tahu

Kupat Tahu Makanan Khas Bandung

Masakan yang berikutnya akan ada dalam bahasan halomuda.com adalah sebuah makanan yang populer dengan nama Kupat Tahu.

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang di campur dengan saus kacang. Ciri khasnya saus kacang yang di siramkan pada Kupat Tahu ini sangat kental.

Yang mengenyangkan dalam Kupat Tahu ini adalah di dalamnya terdapat kupat atau lontong, tauge dan tahu yang sangat gurih.

Kupat Tahu ini merupakan makanan legendaris yang berasal dari bandung dan di kota bandung sendiri banyak orang yang menjualnya.

Beberapa orang sangat suka Kupat Tahu ini. Lontong atau kupat yang di gunakan cukup kenyal sehingga menimbulkan sensasi mengunyah yang butuh kerja keras.

Kupat Tahu dari dulu hingga saat ini masih menjadi makanan favorit di jawa barat atau bandung. Hal ini terbukti banyak juga orang yang menjual Kupat Tahu ini.

  1. Basreng atau Bakso Goreng

Basreng Makanan Khas Bandung

Jika kamu biasa belanja makanan via online, pasti kamu pernah melihat sebuah produk dengan nama Basreng atau Bakso Goreng bukan?

Makanan khas bandung yang satu ini merupakan makanan yang sangat gurih yang berasal dari baso yang di olah sedemikan rupa.

Kemudian langkah selanjutnya adalah menggoreng potongan baso tersebut menjadi sebuah krupuk yang gurih. Tentu saja tidak sama dengan baso pada umumnya, Basreng atau Bakso Goreng ini tanpa kuah.

Rasa renyah yang di tawarkan makanan bandung yang satu inibisa membuat kamu ketagihan. Bumbu dari Basreng atau Bakso Goreng ini juga berbagai macam rasa.

Beberapa rasa yang ada di Basreng atau Bakso Goreng ini seperti misalkan saja rasa asin, manis, pedas dan rasa keju.

Akan tetapi dalam beberapa tahun belakangan ini rasa Basreng atau Bakso Goreng yang sangat populer adalah rasa pedas.

Banyak badan usaha yang membuat Basreng atau Bakso Goreng rasa pedas yang di edarkan di seluruh indonesia.

  1. Bandrek

Bandrek Makanan Khas Bandung

Selain makanan khas, Kota Bandung juga memiliki minuman yang sangat enak rasanya jika dibandingkan dengan minuman yang ada diluar kota. Makanan Bandung ini adalah bandrek yang sangat populer di Bandung.

Bandrek ini merupakan minumann tradisional orang Sunda dari Jawa Barat. Indonesia yang banyak dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh disaat cuaca dingin.

Pada umumnya makanan Bandung ini dihidangkan pada cuaca dingin, seperti dikala hujan atau pun malam hari.

Bandrek ini terbuat dari bahan utama yang paling penting dalam pembuatannya adalah jahe dan gula merah.

Di daerah lain bisanya juga menambahkan rempah-rempah untuk memperkuat efek hangat yang diberikan pada makanan yang satu ini.

Biasanya diberi tambahan rempah-rempah seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung dan sebagainya. Bahkan susu juga bisa ditambahkan, tergantung dari selera penyajiannya.

Banyak orang Indonesia percaya bahwa makanan khas Bandung ini dapat menyembuhkan penyakit ringan yakni sakit tenggorokan.

  1. Tutut

Tutut Makanan Khas Bandung

Makanan khas Bandung selanjutnya ini yang juga sangat populer adalah Tutut. Tutut merupakan sejenis keong yang ukurannya ada yang kecil dan ada pula yang besar.

Makanan Bandung ini dimasak dengan bumbu yang sangat pedas. Dengan banyak daun salam dan sereh agar bau amis dalam tutut itu hilang.

Kalo kamu tahu makanan Bandung yang satu ini sangat enak dan lezat sekali sahabat.

Nah, pastinya buat kamu yang suka banget dengan makanan pedas, masakan khas bandung yang satu ini akan sangat cocok.

  1. Wajit Cililin

Wajit Cililin Makanan Khas Bandung

Wajit Cililin merupakan salah satu makanan khas Bandung. Makanan ini terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak menjadi satu.

Makanan Bandung yang satu ini merupakan oleh oleh asli Cililin, Kabupaten Bandung Barat.

Kamu bisa mendapatkan aneka makanan Bandung ini. Tapi wajit cililin ini mempunyai keunikan tersendiri, yakni dibungkus dengan cangkang buah jagung.

Wow, dari bungkusnya saja sudah unik ya? apakah kamu penasaran dengan rasanya?

  1. Tahu Jablay

Tahu Jablay Makanan Khas Bandung

Berikutnya nama makanan khas Bandung yang cukup ini adalah Tahu Jablay.

Makanan Bandung ini terbuat dari tahu yang dipotong hingga membentuk dadu. Kemudian digoreng dengan tepung krispi  hingga matang dan sangat nikmat jika disantap dalam keadaan selagi panas.

Makanan Bandung harganya juga sangat terjangkau, yakni hanya Rp 3.000 per porsinya.

Makanan ini memiliki sejarahnya sendiri, karena banyak yang tak tahu apa maksud dari nama makanan tersebut.

Katanya yang memberi nama makanan ini adalah sekumpulan anak yang sedang menikamati hidangan, dengan lelucon yang berlebihan.

Tahu ini juga hanya ada di beberapa tempat, dahulu makanan khas Bandung ini banyak yang menjualnya di kota.

  1. Es Goyobod

Es Goyobod Makanan Khas Bandung

Makanan khas Bandung yang enak dan juga sangat populer berikutnya ini bernama Goyobod. Makanan khas Bandung ini adalah minuman ala Priangan dengan rasa yang enak dan segar.

Kamu wajib menikmati makanan yang satu ini, apalagi jika udara sangat panas. Cocok banget menyantap es Goyobod ini agar suasana menjadi adem kembali.

Makanan Bandung ini adalah olahan tepung sagu aren yang diolah seperti agar-agar. Dalam penyajian makanan Bandung ini dicampur dengan bermacam macam tambahan.

Seperti sekoteng, alpukat, yang dicampur dalam santan kelapa dan es serut dengan pemanis sirup gula dan susu kental manis.

Serta tambahan roti manis yang jadi pelengkap makanan khas Bandung ini.

  1. Bajigur

Bajigur Makanan Khas Bandung

Makanan yang satu ini juga masih berupa minuman yakni Bajigur. Makanan ini merupakan minuman khas Bandung yang sangat ternama hingga mendunia.

Makanan khas Bandung ini rasanya hangat, dan menjadi minuman khasnya masyarakat Sunda, Jawa Barat Indonesia.

Untuk membuat minuman bajigur ini diperlukan bahan utama merupakan gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan makanan ini dicampurkan sedikti jahe, garam dan bubuk vanili.

Makanan ini disajikan para pedagang di pinggiran kota Bandung, yang dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor.

Bagi kamu yang suka dengan minuman yang bisa menghangatkan tubuh, wajib mencoba makanan khas Bandung yang satu ini.

Bajigur ini sangat cocok diminum ketika cuaca dingin dan basah sehabis hujan turun.

Makanan seperti cireng atau pisang rebus, ubi rebus atau kacang rebus sangat cocok untuk menemani minuman bajigur yang hangat ini.

  1. Tahu Lembang

Tahu Lembang Makanan Khas Bandung

Tahu lembang juga merupakan salah satu makanan khas Bandung yang sangat enak untuk disantap.

Makanan ini sangat unik dan menarik dari pada tahu yang lainnya, jika tahu yang lainnya biasa dibuat dengan adonan kedelai.

Tetapi makanan yang satu ini berbeda karena Tahu lembang ini diolah dari susu sapi yang dijadikan tahu terlebih dahulu.

Tahu dari susu sapi? Gimana tuh rasanya? Penasaran? kalau penasaran langsung aja main ke Bandung. Di sana banyak banget pedagang yang menjajakan tahu lembang ini.

  1. Tahu Hot Jeletot

Tahu Hot Jeletot Makanan Khas Bandung

Tahu Hot Jelelot juga merupakan makanan yang cukup unik namanya. Maksud dari nama makanan khas Bandung gehu ini adalah kecambah dan tahu.

Yang dimaksud dengan hot jeletot adalah pedas yang membuat mata kita menjadi melotot dalam istilah dari pedas yang berlebihan.

Bagi kamu penggemar makanan pedas, cocok deh menyantap makanan ini.

Makanan yang dibuat dari tahu yang dilumuri tepung krispi dan diisi dengan gehu dan olahan bumbu pedas rasanya sangat nikmat. Makanan ini dibandrol dengan harga Rp 500 sampai 2.000 per tahunya.

Tergantung juga dengan ukuran makanan khas Bandung yang disajikan. Cukup murah kan untuk menikmati makanan khas Bandung yang enak ini.

  1. Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca Makanan Khas Bandung

Makanan khas Bandung yang sangat juga unik namanya ini adalah ulukutek leunca. Makanan yang satu ini merupakan hidangan khas orang Sunda.

Makanan ini merupakan campuran antara oncom dan buah leunca yang dimasak dengan bahan lain sesuai selera.

Ulukutek leunca ini memiliki rasa yang khas dan sangat lezat.

Buat yang penasaran dengan makanan ini bisa langsung capcus ke bandung atau jika tidak memungkinkan buat datang ke Bandung. Kamu bisa cari resep ulukutek leunca dan mencoba membuat sendiri di rumah.

  1. Karedok

Karedok Makanan Khas Bandung

Karedok juga merupakan salah satu nama makanan khas Bandung yang cukup ternama dikalangan masyarakat Bandung.

Makanan ini merupakan makanan asli dari Indonesia.

Makanan ini hampir mirip dengan rujak jika di jawa. Tetapi rujak menggunakan sayuran yang direbus terlebih dahulu.

Advertisement

Bahan utama terbuat dari bahan-bahan sayuran mentah seperti, ketimun, tauge, kol, kacang hijau, daun kemangi dan terong.

Sausnya menggunakan bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam dan terasi.

  1. Seblak

Seblak Makanan Khas Bandung

Makanan khas Bandung yang bernama Seblak juga banyak penggemarnya loh.

Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk. Krupuknya direbus dan dicampur racikan bumbu pedas yang terdiri dari cabai, bawang putih, garam serta kencur.

Makanan ini terdapat dua jenis yakni seblak kering dan seblak basah dan semuanya sama-sama nikmatnya untuk disantap.

Tinggal pilih aja sesuai dengan selera teman-teman, mau seblak yang kering atau seblak yang basah.

Akan tetapi boleh juga kok makan ke duanya, biar adil gitu kali.

  1. Keripik Setan

Keripik Setan Makanan Khas Bandung

Berikutnya makanan khas Bandung kali ini bernama Keripik Setan. Makana khas Bandung yang satu ini sudah cukup populer di berbagai kalangan di Bandung.

Makanan ini terbuat dari singkong yang diolah dan dibumbui dengan bumbu cabai yang sangat pedas.

Keripik ini memiliki berbagai merek, dan yang paling populer yakni “Keripik Maichi” yang banyak beredar di daerah Bandung.

Sampai saat ini kripik yang berlabel Maichi itu masih banyak di gemari para pencinta makanan pedas yang ada di Indonesia. Terutama yang level pedasnya termasuk level ekstrim.

  1. Rujak Cuka

Rujak Cuka Makanan Khas Bandung

Advertisement

Masih ada lagi makanan khas Bandung kali ini adalah rujak cuka. Makanan khas Bandung ini juga cukup populer karena enaknya.

Makanan ini cukup berbeda dengan rujak pada umumnya. Makanan ini adalah makanan tradisional yang terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah.

Kemudian dibubuhi bumbu rujak serta ditambah cuka agar aroma makanan ini lebih sedap.

Dari tampilannya aja udah kece ya? di tembah lagi toping krupuk yang ada di atasnya menjadi membuat lebih menarik.

Buat kamu yang ingin mencoba silahkan langsung aja ke Bandung ya?

  1. Comring

Comring Makanan Khas Bandung

Ada lagi nih makanan khas bandung yang sangat unik. Sepertinya orang bandung sangat kreatif dalam mengembangkan sebuah resep makanan ya? Salut deh buat Bandung.

Satu makanan unik lagi adalah Comring yang dalam beberapa waktu belakangan ini cukup terkenal.

Comring sendiri sejatinya adalah makanan yang di kembangkan dari sebuah makanan yang bernama Comro.

Comring ternyata adalah singkatan yakni yang berarti Comro Garing atau Comro Kering. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari tepung tapioka.

Selain tepung tapioka Comring di buat dengan bawang merah, daun bawang dan di campurkan dengan bumbu yang lainnya.

Secara rasa, Comring ini mempunyai tekstur yang renyah dengan rasa yang gurih. Yang lagi hits dari Comring ini adalah rasa pedas yang benar-benar cocok untuk kamu yang suka pedas.

  1. Es Oyen

Es Oyen Makanan Khas Bandung

Yang satu ini termasuk dalam kategori minuman khas Bandung. Jadi ada pula minuman yang berasal dari bandung yang nggak kalah populer dari lainnya, seperti Es Oyen ini.

Saat ini akan sangat mudah kita jumpai di pinggir jalan penjual Es Oyen ini, bahkan sudah menyebar di seluruh Indonesia.

Es Oyen merupakan minuman khas bandung yang biasanya di jajakan dengan cara berkeliling. Ternyata sudah ada sejak tahun 1954 yang lalu.

Beberapa bahan yang ada di dalamnya seperti buah alpukat, pacar cina, nangka, kolang kaling, kelapa muda, susu kental manis dan es serut.

Pastinya bikin kamu keenakan tuh saat minum Es Oyen ini di musim panas.

  1. Kue Cubit

Kue Cubit Makanan Khas Bandung

Makanan yang satu ini memang beberapa waktu belakangan ini menjadi jajanan favorit lho di kawasan Bandung dan sekitarnya.

Jadi Kue Cubit ini merupakan salah satu jajanan tradisional. Pada bagian atasnya terdapat berbagai rasa pilihan yang bisa teman-teman tentukan sendiri.

Jadi dari adonannya pun juga banyak banget. Kue Cubit merupakan makanan khas Bandung yang cocok buat kamu yang suka makanan manis.

Saat berkunjung ke Bandung, coba deh sekali-kali makan Kue Cubit yang satu ini. Pastinya kamu pengen jadikan oleh-oleh buat keluarga di rumah kali ya?

  1. Bandung Makuta

Bandung Makuta Makanan Khas Bandung

Makanan yang berikutnya akan menjadi bahasan kita di Halomuda.com adalah makanan yang terkenal dengan nama Bandung Makuta.

Bandung Makuta ini merupakan kue kekinian yang di miliki oleh salah satu artis cantik yang ada di Indonesia, yakni Laudya Cintya Bella.

Jadi Bandung Makuta ini berbentuk Snow Cake teman-teman, untuk rasanya cukup banyak. Beberapa rasanya di antaranya adalah rasa keju, blueberry, karamel, lemon dan cokelat.

Jadi buat kamu yang berkunjung ke Bandung, nggak ada salahnya beli Bandung Makuta ini sebagai oleh-oleh ya?

  1. Pisang Bolen Kartikasari

Pisang Bolen Kartikasari Makanan Khas Bandung

Memang benar jika pisang bolen memang merupakan salah satu makanan khas Bandung yang di favoritkan. Bahkan makanan ini di cari oleh banyak orang.

Salah satu merk pisang bolen yang terkenal adalah Pisang Bolen Kartikasari yang pastinya dari segi rasanya enak banget.

Kamu bisa menikmati Pisang Bolen Kartikasari rasa original. Tapi selain rasa original, ternyata terdapat rasa lainnnya lho yang bisa kamu pilih.

Untuk harga dari Pisang Bolen Kartikasari ini mulai Rp. 27.000, kamu sudah bisa bawa pulang satu kotak Pisang Molen Kartikasari.

  1. Keripik Karuhun

Keripik Karuhun Makanan Khas Bandung

Buat kamu yang suka dengan camilan berupa keripik, nih Halomuda.com punya rekomendasinya buat kamu, yakni Keripik Karuhun.

Jadi Keripik Karuhun ini merupakan keripik atau makanan khas Bandung yang di sajikan dengan beberapa pilihan level pedas. Tentu bisa kamu pilih levelnya sesuai dengan selera kamu.

Buat yang suka pedas banget, di sarankan pilih yang level super pedas. Harganya cukup terjangkau, akan tetapi secara tampilan atau kemasannya juga cukup oke.

Rasanya mirip-mirip lah sama keripik maicih. Buat kamu yang pengen menikmati Keripik Karuhun bisa langsung beli saja di alfamart, karena biasanya Keripik Karuhun di jual di sana.

  1. Cuanki Serayu

Cuanki Serayu Makanan Khas Bandung

Makanan khas Bandung yang satu ini sangat mirip secara tampilan dengan bakso. Akan tetapi apa sih yang membedakan Cuanki Serayu ini dengan bakso?

Jadi yang membedakan antara Cuanki Serayu dengan bakso adalah ada pada bagian isinya. Jika di bakso menggunakan mie kuning, untuk Cuanki Serayu ini nggak pakai teman-teman.

Biasanya Cuanki Serayu ini di sajikan dengan kuah yang gurih banget dan panas banget, cocok banget di nikmati saat musim hujan.

Akan tetapi meski nggak musim hujan, juga banyak kok yang makan Cuanki Serayu ini.

  1. Mochi Es Krim

Mochi Es Krim Makanan Khas Bandung

Mochi Es Krim merupakan makanan khas bandung yang enak banget. Bahkan makanan ini nggak hanya anak-anak aja yang suka akan tetapi anak muda sampai orang dewasa juga suka.

Jadi sebenarnya Mochi Es Krim ini di adaptasi dari kue mochi yang memang sudah terkenal di beberapa daerah. Akan tetapi bandung membuat varian kue mochi menjadi Mochi Es Krim.

Dari segi bentuk Mochi Es Krim ini mempunyai bentuk bulat dan untuk teksturnya sendiri sangat lembut, rasanya ces di dalam mulut.

Buat kamu yang belum coba Mochi Es Krim, saat berkunjung ke Bandung jangan lupa untuk menikmati Mochi Es Krim ini ya?

  1. Nasi Kalong

Nasi Kalong Makanan Khas Bandung

Makanan khas Bandung yang berikutnya akan menjadi ulasan kita di Halomuda.com adalah Nasi Kalong, namanya cukup unik.

Apakah nama uniknya sesuai dengan rasanya yang enak? coba saja. Jadi Nasi Kalong ini terbuat dari beras merah,  untuk bumbunya adalah kluwek, bawang, cabai dan daun salam.

Jadi secara warna sangat mirip dengan rawon yang merupakan makanan khas Jawa Timur. Hal ini karena sama-sama menggunakan bumbu kluwek.

Untuk beberapa lauk yang biasa di pakai atau di sandingkan dengan Nasi Kalong cukup banyak. Seperti ayam goreng madu, tumis buncis bakar dan juga sambal.

Buat kamu yang lagi main ke Bandung, jangan lupa mencoba makanan khas bandung yang enak ini ya?

Baca Juga :

43 Makanan Khas Bandung Paling Enak, Lezat dan Terkenal | | 4.5
Tags: , , , , , , ,