11 Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

Makanan Halomuda

Makanan Khas Betawi – Sahabat HMC, Indonesia memiliki ibu kota yang sangat terkenal yang kalian semua pasti tahu, yaitu Jakarta. Selain sebagai kota wisata, Jakarta juga merupakan daerah yang padat penduduknya, meskipun kebanyakan adalah pendatang dari daerah lain.

Jakarta yang banyak dikenal dengan sebutan Betawi, memiliki kuliner yang cukup berbeda. Banyak makanan khas betawi paling enak dan populer dapat kita jumpai di jakarta. Bahkan wisatawan mancanegarapun juga menggemari kuliner makanan khas betawi.

Kali ini HMC akan membagikan beberapa informasi bagi kamu tentang kuliner makanan khas betawi yang enak dan populer. Beberapa nama-nama makanan khas betawi ini mungkin sering kamu dengar atau bahkan belum kamu ketahui diantaranya adalah:

Daftar Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

  1. Nasi Uduk

Makanan Khas Betawi

Makanan khas betawi paling enak dan populer yang ini adalah nasi uduk, Hampir semua masyaraka Jakarta (sekalipun bukan orang Betawi) mengenal makanan khas betawi ini. Nasi uduk biasanya disantap sebagai sarapan pagi di Jakarta. Nasi uduk tidak hanya terdapat di jakarta saja, bahkan ditempat kamu pun juga ada.

Makanan khas betawi ini mirip dengan nasi liwet, nasi uduk terbuat dari beras putih yang dimasak dengan berbgai bumbu. Bumbu makanan khas betawi ini di antaranya seperti garam, santan, daun serai, daun salam, dan daun jeruk. Makanan khas betawi ini sangat lezat dan gurih. Nasi uduk biasa dimakan dengan telur dadar yang diiris, semur jengkol, ayam goreng, empal, kentang balado, dan sambal kacang.

  1. Nasi Ulam

Makanan Khas Betawi

Selain nasi uduk makanan khas betawi lain yang paling enak dan populer adalah nasi ulam. Makanan khas betawi ini merupakan salah satu makanan khas Betawi yang juga mendapat pengaruh dari budaya kuliner Cina. Waow, cukup melegenda ya.

Biasanya nasi ulam menggunakan nasi pera yang disiram dengan semur kentang/ semur tahu/ semur telur. Makanan khas betawi ini biasanya juga ditambahkan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar iris, dan perkedel kentang. Nasi ulam akan lebih nikmat jika ditambahkan daun kemangi, sambal, bawang goreng, dan taburan kacang tanah tumbuk. Em, tidak begitu berbeda ya dengan nasi uduk

  1. Kerak Telor

Makanan Khas Betawi

Siapa sih yang tak kenal kerak telor, hampir semua orang sering mendengar nama makanan khas betawi yang satu ini. Makanan khas betawi yang ini cukup terkenal, terutama jika pada saat acara Pekan Raya Jakarta tiba. Pasti kerak telor sangat mudah kamu temui.

Makanan khas betawi ini cukup mirip dengan martabak, yang membedakan keduanya terdapat pada isian dan cara membuatnya. Biasanya makanan khas betawi ini berisi ketan dan ubi. Dan cara memasak kerak telor ini dengan memanaskannya di atas tungku arang. Cukup alami bukan cara pembuatannya.

  1. Gado-gado

Makanan Khas Betawi

“Gado-gado” kamu juga pasti sering mendengar bukan, bahan mungkin kamu juga sering menikmatinya. Makanan khas betawi yang satu ini merupakan kuliner kebanggaan Indonesia. Bahkan orang asing menyebutnya ‘seladanya orang Indonesia’.

Makanan khas betawi ini berisi lontong atau ketupat, sayuran, kerupuk dan ditaburi bawang goreng. Makanan khas betawi ini bisa saja disantap saat sarpan, makan siang, bahkan bisa juga untuk makan malam. Di daerah jakarta sangat mudah menemukan makanan khas betawi yang satu ini. Kamu bisa saja menemukan gado-gado di restoran, warung ataupun penjual dengan gerobak. Mudah bukan?

  1. Ketupat Sayur/ Lontong Sayur

Makanan Khas Betawi

Kuliner jakarta kali ini adalah ketupat sayur atau disebut juga lontong sayur. Menu makanan khas betawi ini biasa dihidangkan sebagai menu sarapan pagi. Karena berisikan ketupat, pasti akan cukup mengenyangkan dan memberikan energi di pagi hari

Makanan khas betawi ini terbuat dari irisan ketupat atau lontong yang diberi kuah santan yang gurih. Makanan khas betawi ini biasanya ditaburi dengan bawang goreng, kacang kedelai, dan kerupuk ataupun emping.

  1. Semur Jengkol

Makanan Khas Betawi

Makanan khas betawi ini sangat banyak diminati oleh semua orang, bahkan makanan khas betawi ini sudah populer hingga mendunia. Semur jengkol namanaya, menu ini merupakan satu-satunya yang paling khas dan tak terbantahkan lagi keasliannya bagi kuliner jakarta. Bahkan wisatawan

Masakan khas betawi lain mungkin ada kembarannya di daerah lain, tetapi semur jengkol hanya bisa kamu dapati di daerah Betawi saja. Orang Betawi mampu menyulap jengkol menjadi hidangan semur yang  sangat lezat.

Jengkol memang memiliki bau yang khas. Nah, Untuk menghilangkan bau, biasanya jengkol di rendam kedalm air kapur atau air dari rebusan tangkai padi. Pada zaman Dahulu, daerah Pondok Gede dan Lubang Buaya merupakan daerah di Jakarta yang banyak terdapat pohon jengkol. Hingga sekatang jengkol menjadi makanan khas betawi yang paling populer.

  1. Ketoprak

Makanan Khas Betawi

Lain halnya ketupat sayur, salah satu makanan khas betawi ini bernama ‘ketoprak’. Ketoprak juga menajadi salah satu makanan khas betawi yang sangat enak dan populer. Ketoprak juga berbahan dasar dari lontong

Ketoprak termasuk makanan berat yang agak ringan, karena makanan has betawi yang satu ini juga terbuat dari ketupat atau lontong.  Ketoprak berisikan bihun, toge, dan tahu. Ketoprak Betawi ini disiram dan diaduk dengan sambal kacang, dan ditaburi dengan kerupuk. Makanan khas Betawi ini cukup memiliki rasa yang enak, gurih dan lezat.

  1. Pindang Bandeng

Makanan Khas Betawi

Pindang bandeng merupakan salah satu makanan khas betawi. Pindang bandeng hampir menyerupai semur, tetapi sedikit berbeda karena penambahan belimbing wuluh. Rasa makanan khas betawi yang satu ini sangat lezat dan segar. Sama halnya dengan nasi uduk, pindang bandeng disantap saat sarapan, tapi biasanya pindang bandeng dimasak pada sore hari sebelumnya.

  1. Soto Betawi

Makanan Khas Betawi

Bagi kalian mungkin salah satu penggemar soto. Pasti tahu kan, soto adalah masakan daging yang berkuah. Di daerah jakarta terdapat pula makanan khas betawi yang sangat enak dan juga populer, yaitu soto betawi. Memang ya nama Betawi mempunyai ke khassan tersendiri.

Biasanya Soto Betawi berkuah santan dengan isi daging sapi, tomat, dan kentang. Rasa makanan khas betawi ini sangat lezat dan gurih. Daging soto betawi ini terasa empuk, dan kuahnya terasa gurih. Makanan sepinggan khas betawi ini umumnya sangat cocok disantap dengan nasi putih sebagai makan siang. Wah, cukup mengenyangkan.

  1. Laksa Betawi

Makanan Khas Betawi

Makanan khas betawi kali ini adalah laksa betawi. Sebenarnya laksa berasal dari daerah Cibinong yang kemudian merambah ke daerah Jakarta. Di daerah Jakarta biasa terdengar dengan sebutan laksa betawi. Pada umumnya pengusaha laksa disini adalah orang cina betawi.

Laksa merupakan jenis makanan sepinggan yang berkuah. Makanan khas betawi ini berisi bihun, telur, perkedel, daun kemangi, dan daun kucai. Kuliner yang mendapat pengaruh dari Cina ini memiliki citarasa yang gurih dan manis. Melegenda juga makanan khas betawi yang satu ini.

  1. Soto Tangkar

Makanan Khas Betawi

Jika di atas tadi makanan khas betawi adalah soto betawi, sekarang kita akan membahas juga tentang soto. Tapi makanan khas betawi yang satu ini bernama soto tangkar. Harus kamu ketahui tangkar adalah iga sapi yang sedikit dagingnya, tapi bisa diolah menjadi makanan khas betawi yang sangat enak dan lezat.

Makanan khas betawi yang satu ini lahir pada masa penjajahan Belanda. Pada saat itu, orang Betawi hanya mampu membeli iga sapi yang sedikit dagingnya (tangkar). Tetapi, orang Betawi menyulapnya menjadi soto yang sangat enak. Beriringya waktu, kini soto tangkar ditambah dengan daging dan jeroan. Soto tangkar yang berkuah santan dan tidak memiliki rasa yang terlalu berat.

Nah gays, kamu sudah tidak penasaran lagi kan setelah membaca beberapa informasi di atas. Setelah membaca informasi di atas, pasti kamu juga sangat ingin menikmati kuliner makanan khas betawi tersebut. Jadi jangan menunda-nunda lagi untuk berkunjung ke ibu kota Idonesia kita, yaitu jakarta. Selamat berwisata, dan salam HMC.

Baca Halaman Berikutnya Guys

loading...

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply