25 Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

Makanan Khas Betawi – Sahabat HMC, Indonesia memiliki ibu kota yang sangat terkenal yang kalian semua pasti tahu, yaitu Jakarta. Selain sebagai kota wisata, Jakarta juga merupakan daerah yang padat penduduknya, meskipun kebanyakan adalah pendatang dari daerah lain.

Jakarta yang banyak dikenal dengan sebutan Betawi, memiliki kuliner yang cukup berbeda. Banyak makanan khas betawi paling enak dan populer dapat kita jumpai di jakarta. Bahkan wisatawan mancanegarapun juga menggemari kuliner makanan khas betawi.

Kali ini HMC akan membagikan beberapa informasi bagi kamu tentang kuliner makanan khas betawi yang enak dan populer. Beberapa nama-nama makanan khas betawi ini mungkin sering kamu dengar atau bahkan belum kamu ketahui diantaranya adalah:

Daftar Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

  1. Nasi Uduk

Makanan Khas Betawi

Makanan khas betawi paling enak dan populer yang ini adalah nasi uduk, Hampir semua masyaraka Jakarta (sekalipun bukan orang Betawi) mengenal makanan khas betawi ini. Nasi uduk biasanya disantap sebagai sarapan pagi di Jakarta. Nasi uduk tidak hanya terdapat di jakarta saja, bahkan ditempat kamu pun juga ada.

Makanan khas betawi ini mirip dengan nasi liwet, nasi uduk terbuat dari beras putih yang dimasak dengan berbgai bumbu. Bumbu makanan khas betawi ini di antaranya seperti garam, santan, daun serai, daun salam, dan daun jeruk. Makanan khas betawi ini sangat lezat dan gurih. Nasi uduk biasa dimakan dengan telur dadar yang diiris, semur jengkol, ayam goreng, empal, kentang balado, dan sambal kacang.

  1. Nasi Ulam

Makanan Khas Betawi

Selain nasi uduk makanan khas betawi lain yang paling enak dan populer adalah nasi ulam. Makanan khas betawi ini merupakan salah satu makanan khas Betawi yang juga mendapat pengaruh dari budaya kuliner Cina. Waow, cukup melegenda ya.

Biasanya nasi ulam menggunakan nasi pera yang disiram dengan semur kentang/ semur tahu/ semur telur. Makanan khas betawi ini biasanya juga ditambahkan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar iris, dan perkedel kentang. Nasi ulam akan lebih nikmat jika ditambahkan daun kemangi, sambal, bawang goreng, dan taburan kacang tanah tumbuk. Em, tidak begitu berbeda ya dengan nasi uduk

  1. Kerak Telor

Makanan Khas Betawi

Siapa sih yang tak kenal kerak telor, hampir semua orang sering mendengar nama makanan khas betawi yang satu ini. Makanan khas betawi yang ini cukup terkenal, terutama jika pada saat acara Pekan Raya Jakarta tiba. Pasti kerak telor sangat mudah kamu temui.

Makanan khas betawi ini cukup mirip dengan martabak, yang membedakan keduanya terdapat pada isian dan cara membuatnya. Biasanya makanan khas betawi ini berisi ketan dan ubi. Dan cara memasak kerak telor ini dengan memanaskannya di atas tungku arang. Cukup alami bukan cara pembuatannya.

  1. Gado-gado

Makanan Khas Betawi

“Gado-gado” kamu juga pasti sering mendengar bukan, bahan mungkin kamu juga sering menikmatinya. Makanan khas betawi yang satu ini merupakan kuliner kebanggaan Indonesia. Bahkan orang asing menyebutnya ‘seladanya orang Indonesia’.

Makanan khas betawi ini berisi lontong atau ketupat, sayuran, kerupuk dan ditaburi bawang goreng. Makanan khas betawi ini bisa saja disantap saat sarpan, makan siang, bahkan bisa juga untuk makan malam. Di daerah jakarta sangat mudah menemukan makanan khas betawi yang satu ini. Kamu bisa saja menemukan gado-gado di restoran, warung ataupun penjual dengan gerobak. Mudah bukan?

  1. Ketupat Sayur/ Lontong Sayur

Makanan Khas Betawi

Kuliner jakarta kali ini adalah ketupat sayur atau disebut juga lontong sayur. Menu makanan khas betawi ini biasa dihidangkan sebagai menu sarapan pagi. Karena berisikan ketupat, pasti akan cukup mengenyangkan dan memberikan energi di pagi hari

Makanan khas betawi ini terbuat dari irisan ketupat atau lontong yang diberi kuah santan yang gurih. Makanan khas betawi ini biasanya ditaburi dengan bawang goreng, kacang kedelai, dan kerupuk ataupun emping.

  1. Semur Jengkol

Makanan Khas Betawi

Makanan khas betawi ini sangat banyak diminati oleh semua orang, bahkan makanan khas betawi ini sudah populer hingga mendunia. Semur jengkol namanaya, menu ini merupakan satu-satunya yang paling khas dan tak terbantahkan lagi keasliannya bagi kuliner jakarta. Bahkan wisatawan

Masakan khas betawi lain mungkin ada kembarannya di daerah lain, tetapi semur jengkol hanya bisa kamu dapati di daerah Betawi saja. Orang Betawi mampu menyulap jengkol menjadi hidangan semur yang  sangat lezat.

Jengkol memang memiliki bau yang khas. Nah, Untuk menghilangkan bau, biasanya jengkol di rendam kedalm air kapur atau air dari rebusan tangkai padi. Pada zaman Dahulu, daerah Pondok Gede dan Lubang Buaya merupakan daerah di Jakarta yang banyak terdapat pohon jengkol. Hingga sekatang jengkol menjadi makanan khas betawi yang paling populer.

  1. Ketoprak

Makanan Khas Betawi

Lain halnya ketupat sayur, salah satu makanan khas betawi ini bernama ‘ketoprak’. Ketoprak juga menajadi salah satu makanan khas betawi yang sangat enak dan populer. Ketoprak juga berbahan dasar dari lontong

Ketoprak termasuk makanan berat yang agak ringan, karena makanan has betawi yang satu ini juga terbuat dari ketupat atau lontong.  Ketoprak berisikan bihun, toge, dan tahu. Ketoprak Betawi ini disiram dan diaduk dengan sambal kacang, dan ditaburi dengan kerupuk. Makanan khas Betawi ini cukup memiliki rasa yang enak, gurih dan lezat.

  1. Pindang Bandeng

Makanan Khas Betawi

Pindang bandeng merupakan salah satu makanan khas betawi. Pindang bandeng hampir menyerupai semur, tetapi sedikit berbeda karena penambahan belimbing wuluh. Rasa makanan khas betawi yang satu ini sangat lezat dan segar. Sama halnya dengan nasi uduk, pindang bandeng disantap saat sarapan, tapi biasanya pindang bandeng dimasak pada sore hari sebelumnya.

  1. Soto Betawi

Makanan Khas Betawi

Bagi kalian mungkin salah satu penggemar soto. Pasti tahu kan, soto adalah masakan daging yang berkuah. Di daerah jakarta terdapat pula makanan khas betawi yang sangat enak dan juga populer, yaitu soto betawi. Memang ya nama Betawi mempunyai ke khassan tersendiri.

Biasanya Soto Betawi berkuah santan dengan isi daging sapi, tomat, dan kentang. Rasa makanan khas betawi ini sangat lezat dan gurih. Daging soto betawi ini terasa empuk, dan kuahnya terasa gurih. Makanan sepinggan khas betawi ini umumnya sangat cocok disantap dengan nasi putih sebagai makan siang. Wah, cukup mengenyangkan.

  1. Laksa Betawi

Makanan Khas Betawi

Makanan khas betawi kali ini adalah laksa betawi. Sebenarnya laksa berasal dari daerah Cibinong yang kemudian merambah ke daerah Jakarta. Di daerah Jakarta biasa terdengar dengan sebutan laksa betawi. Pada umumnya pengusaha laksa disini adalah orang cina betawi.

Laksa merupakan jenis makanan sepinggan yang berkuah. Makanan khas betawi ini berisi bihun, telur, perkedel, daun kemangi, dan daun kucai. Kuliner yang mendapat pengaruh dari Cina ini memiliki citarasa yang gurih dan manis. Melegenda juga makanan khas betawi yang satu ini.

  1. Soto Tangkar

Makanan Khas Betawi

Jika di atas tadi makanan khas betawi adalah soto betawi, sekarang kita akan membahas juga tentang soto. Tapi makanan khas betawi yang satu ini bernama soto tangkar. Harus kamu ketahui tangkar adalah iga sapi yang sedikit dagingnya, tapi bisa diolah menjadi makanan khas betawi yang sangat enak dan lezat.

Makanan khas betawi yang satu ini lahir pada masa penjajahan Belanda. Pada saat itu, orang Betawi hanya mampu membeli iga sapi yang sedikit dagingnya (tangkar). Tetapi, orang Betawi menyulapnya menjadi soto yang sangat enak. Beriringya waktu, kini soto tangkar ditambah dengan daging dan jeroan. Soto tangkar yang berkuah santan dan tidak memiliki rasa yang terlalu berat.

  1. Kue Talam Khas Betawi

Makanan khas Betawi yang paling enak dan populer kali ini adalah kue talam. Makanan Betawi ini memang sangat enak dan memang banyak dicari. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang dimasak menggunakan gula lalu di kukus hingga matang. Kue ini biasanya di buat dengan bentuk yang kecil-kecil dan berasal dari hasil cetakan sehingga dapat memudahkan untuk memakannya.

  1. Roti Buaya Khas Betawi

Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

Kalo makanan khas Betawi yang merupakan makanan tradisional ini adalah roti buaya. Semua orang pasti mengenal roti buaya. Roti buaya adalah makanan khas masyarakat Betawi, terlebih saat masyarakat Betawi ingin menyelenggarakan acara pelamaran serta pernikahan, jadi roti buaya adalah menu wajib yang harus ada di dalam acara tertsebut yakni sebagai lambang kesetiaan.

Selain rasanya yang enak, makanan khas daerah Betawi ini diberi nama dengan sebutan roti buaya, lantaran bentuk roti yang dibuat serupa dengan bentuk hewan buaya. Terdapat banyak toko roti di kota Jakarta yang khusus menyediakan roti buaya ini untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas. Jadi jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa datang ke daerah Betawi.

  1. Sagon Khas Betawi

Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

Sagon adalah salah satu makanan khas Betawi yang sangat enak rasanya. Sagon adalah kue yang menjadi bukti sudah terjadinya urbanisasi ke kota Jakarta sejak jaman dahulu. Mungkin saja karena bandar Jakarta mempunyai sebuah pelabuhan laut di jaman penjajahan Belanda ataupun Portugis yang dijadikan pelabuhan utama sebagai pusat perdagangan dan untuk lalu lintas dari dan keluar wilayah Indonesia.

Itulah sebabnya banyak orang yang yang coba mencari peruntungan di kota Jakarta sejak jaman dulu dan mengakibatkan membawa budaya lokal mereka. Makanan ini terbuat dari bahan dasar kelapa yang parut, tepung ketan serta gula yang dipanggang. Kue Sagon kelapa ini keberadaannya dapat kita temukan di Sumatra, Jawa serta bahkan juga sampai ke Kalimantan dengan bermacam jenis bentuk.

  1. Asinan Betawi

Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

Asinan betawi juga termasuk sebagai makanan khas Betawi yang sangat diminati banyak orang. Bahkan bukan hanya daerah Bogor serta Bandung saja yang populer dengan olahan asinan ini. Olahan asinan ini diberi nama Asinan Betawi, karena makanan ini memang di proses dengan cita rasa yang khas dari masyarakat Betawi.

Makanan khas daerah Betawi ini berisi sayuran yang dihidangkan dengan kacang goreng, bumbu kacang, krupuk, cabai, serta cuka, inilah yang membedakan asinan Betawi dengan asinan yang lain terutama yang ada di Jawa Barat. Karena bentuk serta bahan dasarnya yang memanglah tidak sama, tetapi penamaan makanan ini dengan kata asinan memanglah menjadi titik persamaannya.

  1. Kue Lupis Khas Betawi

Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

Selanjutya makanan khas Betawi yang tak kalah kelezatannya dengan makanan lainnya ini adalah kue lupis. Kue ini sebenarnya menyerupai lamang dari Sumatra, hanya saja biasanya dihidangkan dalam bentuk segitiga. Mungkin saja, kue ini juga dibawa oleh beberapa orang Sumatra yang mencoba peruntungannya di kota Betawi tempo dulu.

Serta melakukan penyesuaian karena sulit untuk memasak makanan ini dengan cara menaruhnya di dalam bambu seperti di Sumatra. Karena itulah makanan khas daerah Betawi ini sekarang dimasak dengan membungkusnya dengan menggunakan daun pisang serta langkah yang praktis yakni dibentuk dengan bentuk segitiga yang unik.

  1. Dodol Betawi

Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

Kalo makanan khas Betawi yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Betawi ini adalah dodol betawi. Dodol adalah makanan yang berwarna hitam kecoklatan dimana variasi rasanya lebih sedikit dari pada dodol yang ada di Indonesia pada umumnya. Rasa dari dodol Betawi ini hanya terbagi dalam rasa ketan putih, ketan hitam serta durian.

Makanan khas daerah Betawi ini sangat lezat untuk dinikmati apalagi dihidangkan sebagai teman minum teh di siang atau sore hari.Dodol Betawi ini berasal dari ketan, gula merah, gula pasir serta santan yang dimasak di atas tungku dengan bahan bakar kayu bakar. Rasanya yang nikmat serta lezat tentu menjadi satu makanan dengan cita rasa sendiri untuk masyarakat Betawi.

  1. Kue Cente Manis Khas Betawi

Kue cente manis juga termasuk sebagai salah satu makanan khas Betawi yang sangat enak. Kue dimasak dengan cara di kukus dengan, bahan utama untuk membuat keu ini adalah tepung hunkwe, santan, gula, serta bulir cente manis atau sagu mutiara yang telah matang. Kemudian semua bahan dibungkus dalam bungkus plastik lalu dikukus samapi matang.

  1. Getuk Lindri Khas Betawi

Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

Getuk Lindri adalah makanan khas Betawi yang juga wajib kamu coba kelezatannya. Makanan ini terbuat dari singkong yang diparut halus, lalu dikukus sesudah dicampur dengan gula, kemudian dipotong-potong dengan pisau bergalur khusus agar bentuknya semakin bagus.

Biasanya makanan khas daerah Betawi ini dihidangkan dengan parutan kelapa yang telah dikukus serta diberi garam. Getuk Lindri dapat juga ditemukan di berbagai daerah di Jawa. Dan bisa jadi, makanan ini bukanlah asli Betawi tetapi budaya kuliner Jawa yang dibawa oleh beberapa migran ke Betawi tempo dulu yang membuat makanan ini terkenal di Betawi.

  1. Putu Mayang Khas Betawi

Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

Putu Mayang juga menjadi salah satu makanan khas Betawi yang tak boleh kamu lewatkan. Makanan ini adalah satu diantara kue tradisional khas dari masyarakat Betawi yang berbahan dasar berupa tepung kanji atau tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa serta gula merah.

Biasanya cara mengkonsumsi makanan khas daerah Betawi ini umumnya dilakukan dengan cara menyiram gula merah serta santan atau memberi taburan kelapa pada gula putu mayang yang akan disantap. Bahkan makanan ini adalah salah satu makanan kebanggaan bagi masyarakat Betawi akan terhadap dunia kuliner di Indonesia.

  1. Roti Gambang Khas Betawi

Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

makanan khas Betawi yang juga tak kalah enaknya ini adalah roti gambang. Makanan yang satu ini adalah makanan yang hampir punah. Dahulu makanan ini banyak dijual orang tetapi sejak banyak orang betawi yang migrasi ke luar kota Jakarta, kini sudah jarang sekali orang yang menjual makanan lezat ini.

Makanan khas darah Betawi ini sebenarnya sejenis dengan kue bolu, hanya saja bedanya roti gambang tidak menggunakan gula putih tetapi menggunakan gula merah sebagai pemanis makanannya. Karena itulah akhirnya warna roti ini coklat seperti gula merah. Meskipun demikian rasa dari makanan ini sangat enak dan khas banget.

  1. Kue Cucur Khas Betawi

Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

Selain itu masih ada lagi makanan khas Betawi yang sangat populer yakni keu cucur. Kue Cucur merupakan jajanan pasar khas orang-orang Betawi yang sangat digemari. Makanan ini sering dihidangkan sebagai menu pencuci mulut oleh masyarakat Betawi. Kue ini memiliki tekstur tebal pada bagian tengahnya tetapi tipis pada bagian tepinya.

Menurut cerita nama makanan ini kue cucur ini karena cara membuatnya dengan meneteskan dalam jumlah banyak adonan tersebut di atas Loyang yang artinya ngucur. Dalam kegiatan adat orang-orang Betawi, kue cucur adalah salah satu menu wajib yang harus disajikan, guna keabsahan acara adat. Jadi dapat dikatakan seperti sayur tanpa garam bila kegiatan adat Betawi tidak menghidangkan kue cucur.

  1. Kue Rangi Khas Betawi

Kue rangi adalah makanan khas Betawi berikutnya yang juga wajib kamu coba. makanan asli Betawi ini terbuat dari tepung beras putih yang ditumbuk halus. Lalu adonan tepung beras itu dipanggang di atas cetakan berbentuk setengah lingkaran pada api kecil. Setelah matang, kue ini diangkat dan disajikan dengan lelehan air gula merah yang berwarna coklat serta pekat agar rasanya semakin enak.

  1. Wajik Khas Betawi

Makanan Khas Betawi Paling Enak dan Populer

Wajik juga termasuk sebagai makanan khas Betawi yang tak boleh kamu lewatkan. Wajik adalah hasil dari akulturasi budaya beberapa pendatang dari seluruh penjuru Indonesia ke Betawi tempo dulu. Karena wajik tidak hanya dimiliki oleh Betawi saja, bahkan juga di berbagai tempat di Indonesia.

Karena makanan khas daerah Betawi wajik ini telah diakui sebagai bagian dari budaya Betawi maka di setiap-tiap acara penting seperti perayaan hari raya, seserahan di acara lamaran pernikahan adat Betawi, maa merupakan jenis makanan yang wajib ada di dalam acara tersebut. Karena itulah makanan yang satu ini juga menjadi makanan khas daerah Betawi.

  1. Kue Pancong Khas Betawi

Sepertinya kue pancong juga menjadi makanan khas Betawi yang terakhir kita bahas. Sebenarnya makanan ini masih saudara kembarnya kue rangi. Karena memang bentuk serta beberapa bahan pembuatannya sama. Hanya saja kue rangi dikonsumsi dengan saus gula merah cair yang disiram di atas kue, sedangkan kue pancong dikonsumsi dengan taburan gula pasir yang ditaburi di atasnya.

Nah guys, kamu sudah tidak penasaran lagi kan setelah membaca beberapa informasi di atas. Setelah membaca informasi di atas, pasti kamu juga sangat ingin menikmati kuliner makanan khas betawi tersebut. Jadi jangan menunda-nunda lagi untuk berkunjung ke ibu kota Idonesia kita, yaitu jakarta. Selamat berwisata, dan salam HMC.


Leave a Reply