7 Makanan Khas Dayak Paling Enak dan Populer

Jumat, Desember 30th, 2016 - Makanan
Kenalin Nih Si Cantik dan Imut!!!
Artis Yang Lagi Naik Daun. :)
Foto Chant Felicia Mantap Banget
Terima Kasih Telah Berkunjung ke Halomuda.com

Makanan Khas Dayak – Masih bersama HMC ya sahabat, kali ini HMC masih akan memberikan informasi mengenai kuliner dari Indonesia. Negara kita memang terkenal akan budayanya ya guys. Nah disini HMC akan mengulas salah satu kuliner di Indonesia, yakni makanan khas Dayak yang paling enak dan populer. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Dayak jika kamu tak mencicipi makanan Dayak yang cukup enak dan populer.

Beragam makanan khas Dayak harus kamu coba, karena makanan dari Dayak memiliki cita rasa yang sangat enak dan lezat. Makanan Dayak ini cukup mudah kamu temukan terutama diseluruh daerah tersebut. Yang pasti jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Dayak ini jika berkunjung ke Kalimantan.

Mungkin kamu juga merupakan salah satu dari mereka yang tertarik untuk berwisata ke suku dayak ini, karena salah satu ciri khas suku Dayak ini memiiki kuliner dengan cita rasa yang membuat lidah para pengunjung tergoda akan kelezatannya. Sahabat, jika kamu belum mengetahui apa saja kuliner suku dayak yang sangat membuat tertarik masyarakat, HMC akan memberikan informasinya yakni sebagai berikut :

Daftar Makanan Khas Dayak Paling Enak dan Populer

  1. Kue dange

Makanan Khas Dayak

Makanan khas dayak memang benar-benar membuat banyak orang tertarik, terutama akan kelezatanya. Nah kali ini makanan dari dayak yang banyak digemari tersebut yakni Kue Dange. Biasanya makanan dayak ini sering dijumpai di acara saat pesta ataupun juga biasanya dijual sebagai camilan ringan

Cara membuat makanan dayak ini sangatlah mudah. Makanan khas dayak ini terbuat dari parutan kelapa, tepung dan juga gula. Lalu makanan dayak ini di panggang di pemanggang khusus untuk kue dange. Makanan dayak ini memiliki cita rasa yang sangat enak, gurih dari kelapa dan terasa manis. Cemilan ini sangat cocok bagi kamu yang doyan ngemil.

  1. Kalumpe / Karuang

Makanan Khas Dayak

Kalumpe atau disebut juga Karuang, Kalumpe merupakan bahasa Dayak Maanyan dan karuang sebutan sayur ini dalam bahasa Dayak Ngaju. Makanan ini merupakan makanan dayak yang sangat diminati banyak orang. Makanan dayak ini terbuat dari sayuran yang dibuat dari daun singkong yang telah ditumbuk halus. Makanan khas dayakini sangat cocok disajikan dengan sambal terasi yang pedas dan ikan asin.

Cara membuat makanan dayak ini biasanya daun singkong ditumbuk halus dan dicampur dengan terong kecil atau terong pipit. Makanan khas dayak ini menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, serai dan lengkuas yang dihaluskan. Dan jika ingin rasa yang pedas kamu bisa menambahkan cabe. Makanan       khas dayak ini akan lebih enak jika disajikan dalam keadaan panas.

  1. Juhu Singkah / Umbut Rotan

Makanan Khas Dayak

Advertisement

Selanjutnya makanan khas dayak kali ini adalah Umbut Rotan yang artinya rotan muda. Makanan khas dayak ini jka dalam bahasa Dayak Ngaju dikenal dengan Juhu Singkah. Makanan dari dayak ini dikenal masyarakat dayak karena mudah diperoleh di dalam hutan tanpa perlu menanamnya terlebih dahulu. Juhu Singkah merupakan salah satu makanan khas yang dimiliki oleh Suku Dayak, terutama dari Kalimantan Tengah.

Cara membuat makanan khas dayak ini yaitu yang pertama rotan muda dibersihkan kemudian kulitnya dibuang dan dipotong dalam ukuran kecil. Makanan dayak ini sering dimasak bersama dengan ikan baung dan terong asam. Makanan khas dayak ini memiliki rasa yang gurih, asam, dan kepahit-pahitan yang bercampur dengan rasa manis dari daging ikan, sehingga membuat makanan dari dayak memiliki citarasa tersendiri.

  1. Wadi

Makanan Khas Dayak

Berikutnya makanan khas dayak yang tak kalah lezatnya yakni Wadi. Makanan khas dayak yang satu ini cukup unik guys. Karena terbuat dari daging babi yang dibusukkan, wah penasaran kan sahabat dengan makanan khas dayak yang satu ini? Karena hanya orang-orang tertentu yang memilki keahlian untuk bisa membuat makanan dayak yang enak ini.

Advertisement

Pembusukan makanan dayak ini tidak dibiarkan begitu saja, karena sebelum disimpan, ikan atau daging akan dilumuri dengan bumbu yang terbuat dari beras ketan putih atau bisa juga biji jagung yang di-sangrai sampai kecoklatan kemudian di tumbuk manual atau di blender. Dalam bahasa Dayak Maanyan bumbu ini disebut dengan Sa’mu dan dalam bahasa Dayak Ngaju disebut dengan Kenta.

Cara membuat makanan dayak ini yaitu daging yang akan diolah dibersihkan dahulu, kemudian direndam selama 5-10 jam di air garam. Lalu daging diangkat dan dibiarkan mengering. Setelah itu daging dicampur dengan Sa’mu sampai merata. Kemudian disimpan dalam kotak kaca, stoples, atau plastik kedap udara yang ditutup rapat-rapat, simpan kurang lebih selama 3-5 hari atau lebih dari 1 minggu.

Jiak tahap tersebut selesai, makanan khas dayak ini tidak bisa langsung dimakan. Harus diolah kembali dengan cara digoreng atau dimasak. Meskipun pembuatannya sangat mudah, tapi jika ada kesalahan sedikit saja dalam membumbui dan perendaman, makan wadi menjadi tidak enak dan bahkan tidak bisa dimakan.

  1. Kue Lepet

Makanan Khas Dayak

Advertisement

Makanan khas dayak yang juga enak dan populer lainnya adalah Kue lepet. Jika dalam bahasa dayak lepet adalah dilipat, jadi kue lepet adalah kue yang dilipat dengan daun pisang yang dikukus. Makanan dari dayak ini terbuat dari beras yang di tumbuk sehingga menjadi tepung, kelapa parut, gula merah minyak goreng, dan daun pisang. Makanan dayak ini memiliki rasa yang sangat enak dan gurih.

Cara membuat makanan khas dayak ini adalah dengan membuat adonan dengan tepung, lalu di masukan ke daun pisang yang sudah ditentukan ukuran nya juga sudah di oles dengan minyak goreng. Lalu buat isian dari kelapa parut dan gula merah cair. Setelah di isi di tutup hingga rata dan selanjutnya dikukus hingga matang.Makanan khas dayak ini biasanya di hidangkan saat acara pesta dan upacara adat.

  1. Bangamat / Paing

Makanan Khas Dayak

Sahabat, makanan khas dayak kali ini bernama Bangamat. Jika dalam bahasa Dayak Ngaju atau paing dalam bahasa Dayak Maanyan adalah masakan khas yang dibuat dari kelelawar besar / kalong (Pteropus vampyrus). Emm bagaimana ya rasa dari makanan dari dayak yang ini. Apa kamu pernah mencobanya? Bagi kamu yang belum pernah mencobanya, pasti penasaran bukan dengan kuliner yang satu ini?

Untuk makanan dayak ini hanya menggunakan kelelawar jenis pemakan buah terbesar. Jika kelelawar jenis pemakan serangga dan penghisap darah tidak digunakan untuk makanan ini. Walaupun makanan dayak ini dikenal dan dikonsumsi di beberapa daerah, tetapi orang Dayak mempunyai ciri khas dalam pembuatannya.

Cara membuat makanan khas dayak ini adalah sebagai berikut, paing yang akan dimasak harus dibuang kukuya terlebih dahulu, bulu kasar ditekuk dan punggung, serta ususnya. Sementara sayap, bulu dan dagingnya dimasak. Untuk orang Dayak Ngaju paing dimasak dengan bumbu yang lebih banyak. Berbeda dengan Dayak Maanyan, paing dimasak dengan bumbu yaitu serai dan daun pikauk (daun yang memiliki rasa asam).

Paing sering dimasak bersama sayur hati batang pisang yang dipotong-potong, biasanya menggunakan pisang kipas. Makanan dari dayak ini juga bisa dimasak bersama dengan sulur keladi yang dipotong-potong. Makanan khas dayak ini memang benar-benar memiliki rasa yang sangat lezat.

  1. Tampi

Makanan Khas Dayak

Makanan khas dayak yang satu ini juga tak kalah enaknya dibandingkan dengan makanan khas lainnya. Makanan khas dayak ini adalah kue Tampi. Kue tampi merupakan kue yang tidak memiliki rasa tetapi wajib hadir ketika ada upacara adat. Makanan dayak ini berukuran kecil-kecil. Makanan khas dayak ini terbuat dari tepung beras yang di goreng. Bagaimana ya kalu kue tidak memiliki rasa?

Nah guys, cukup banyak ya jenis dan menu makanan dayak  yang enak dan populer yang telah dibahas dalam HMC. Selain enak kuliner dari makanan khas dayak ini juga terbilang sangat unik, dan pastinya akan sangat membuat kamu penasaran. Nah itulah sebabnya kalian semua wajib mencoba makanan dari Dayak tersebut. Selamat mencoba dan selamat berwisata guys!!


loading...
7 Makanan Khas Dayak Paling Enak dan Populer | Halomuda | 4.5
Tags: , ,
Halomuda.com adalah sebuah media online yang membahas tentang destinasi tempat wisata, referensi tempat wisata kuliner, makanan khas di dunia, minuman khas, review tempat makan paling enak dan resep masakan yang ada di seluruh dunia.

Jadi bagi anda yang tertarik dengan bahasan yang ada di website halomuda.com ini, dapatkan informasinya hanya di halomuda.com.