57 Makanan Khas Indonesia Paling Enak, Nikmat dan Lezat

Rabu, Maret 20th, 2019 - Makanan

Makanan Khas Indonesia – Negara Indonesia terkenal dengan tempat-tempat wisata yang sangat luar biasa. Ini terbukti banyak tempat wisata atau destinasi di Indonesia yang menjadi sorotan.

Tidak hanya jadi sorotan masyarakat Indonesia sendiri, tapi juga jadi sorotan luar negeri. Tidak hanya tentang tempat wisata saja, Indonesia dapat di unggulkan dengan beberapa kelebihan.

Misalkan seperti saja dalam hal wisata kuliner, Indonesia sangat kaya dengan makanan-makanan yang bisa membuat lidah bergoyang.

Banyak contoh makanan khas indonesia yang bisa kamu pilih. Makanan khas indonesia tentunya akan memanjakan lidah kamu, karena banyaknya jenis makanan khas indonesia.

Jika kamu berada di Indonesia, tidak ada salahnya jika kamu mencoba resep-resep makanan khas Indonesia. Makanan tersebut banyak tersedia di rumah makan di sekitar kamu.

Pada kesempatan kali ini halomuda.com akan membahas kumpulan makanan khas Indonesia. Mungkin dapat memberikan gambaran kepada kamu tentang makanan-makanan yang ada di Indonesia.

Berikut ini daftar atau kumpulan makanan khas indonesia paling terkenal yang wajib kamu coba.

Makanan Khas Indonesia Paling Enak dan Lezat

  1. Mie Bangka

Mie Bangka Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia ini adalah makanan yang sudah banyak orang yang tahu. Mie Bangka termasuk dalam jenis makanan yang di favoritkan di Indonesia.

Nama dari Mie Bangka yang berasal dari Pulau Bangka ini, di masak dengan cita rasa yang sangat enak.

Advertisement

Mie Bangka ini di buat dari mie kuning basah yang di campurkan dengan kuah berbumbu dengan cita rasa yang lezat.

Biasanya sih bumbu kuah yang di gunakan untuk campuran Mie Bangka ini terbuat dari cumi, udang, kepiting atau ikan.

Saat penyajian dari Mie Bangka ini biasanya di tambahkan kecambah, kerupuk dan mentimun. Buat yang suka dengan rasa pedas, kamu bisa menambahkan cabai atau sambal sesuai dengan selera.

Sepertinya Mie Bangka ini enak banget di santap saat masih hangat.

  1. Bandeng Presto

Bandeng Presto Makanan Khas Indonesia

Makanan Indonesia satu ini sampai ada lagunya, salah satu liriknya adalah”Bandeng Presto Nikmat Sekali”. Mungkin itu adalah sepenggal lirik dari lagu Bandeng Presto.

Bandeng Presto yang kita bahas di Halomuda.com ini bisa memanjakan lidah orang yang mencicipinya.

Makanan khas yang berasal dari Semarang ini sesuai dari namanya. Yakni ikan Bandeng yang di masak dengan presto atau sebuah panci yang mempunyai tekanan tinggi.

Sehingga membuat ikan bandeng tersebut menjadi lunak, baik dagingnya atau bahkan duri dari ikan bandeng itu sendiri.

Jadi kamu tidak perlu kwatir kena duri ikan saat menyanyap Bandeng Presto ini. Biasanya di Bandeng Presto ini di hidangkan bersama dengan nasi hangat dan sambal terasi.

Untuk soal rasa, di jamin deh kamu akan ketagihan lagi untuk menghajar Bandeng Presto ini.

  1. Siomay

Siomay Makanan Khas Indonesia

Makanan yang satu ini adalah makanan berjenis camilan yang enak berasal dari Indonesia. Makanan dengan nama beken Siomay, saat ini sudah banyak di modifikasi. Hal ini karena saking populernya makanan bernama Siomay ini di tengah-tengah masyarakat.

Beberapa daging yang kerap menjadi bahan dasar dari pembuatan Siomay adalah ayam, kepiting, udang, ikan tenggiri dan lainnya.

Adonan tepung tapioka yang di campurkan dengan bahan-bahan untuk pembuatan Siomay. Setelah itu dengan menggunakan tepung kulit dari tepung terigu, Siomay siap untuk di kukus.

Biasanya saat penyajian, Siomay di hidangkan bersama dengan saus kacang atau bumbu kacang. Saus tersebut di buat dari beberapa bahan seperti bawang putih, gula pasir, cabai, cuka dan garam dapur.

Jangan lupa juga untuk mencampurkan dengan kecap dan saus tomat sesuai dengan selera.

  1. Sop Buntut

Sop Buntut Makanan Khas Indonesia

Masakan khas Indonesia yang berikutnya akan menjadi fokus kita di Halomuda.com adalah Sop Buntut.

Ternyata dulu Sop Buntut ini sempat redup namanya dari para pencinta makanan Indonesia. Akan tetapi mulai tahun 1973 yang lalu Sop Buntut mulai naik lagi ratingnya.

Sebenarnya Sop Buntut adalah sebuah makanan yang di buat dengan bahan dasar daging sapi yang di masak dengan cara di bakar.

Setelah daging di bakar langkah selanjutnya adalah mencampurkannya dengan sop berbumbu khusus yang sedap banget.

Sop Buntut cocok banget jika di santap bersama dengan nasi putih, jeruk nipis, sambal dan jangan lupa tambahan sedikit acar.

Tentu setiap kunyahan dalam mulut kamu akan menghasilkan rasa yang tidak mudah di lupakan.

  1. Sambal Terasi

Sambal Terasi Makanan Khas Indonesia

Buat para pencinta pedas, nampaknya Sambal Terasi ini sudah tidak asing lagi di kunyahan mereka.

Nama Sambal Terasi sudah sangat terkenal di bagian Indonesia sebelah mana saja sudah menggelegar namanya. Karena juga Sambal Terasi mempunyai cita rasa yang sangat lezat dan pedas.

Memang fungsinya hanya sebagai makanan pelengkap. Tapi banyak pencinta makanan pedas berpendapat jika makan kurang lengkap tanpa Sambal Terasi.

Bahkan karena populernya Sambal Terasi, banyak lho rumah makan yang juga menyajikan Sambal Terasi ini.

Ada banyak jenis lauk yang pas banget jika di sandingkan dengan Sambal Terasi. Sebut saja seperti tempe goreng, ikan goreng, ayam goreng dan beberapa jenis lalapan lainnya.

Bahkan banyak rumah makan yang berupaya untuk membuat Sambal Terasi paling enak untuk memanjakan lidah penikmat makanan pedas.

  1. Tempe

Tempe Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia satu ini tentu semua orang di Indonesia sudah tahu bentuk dan rasanya yang memasyarakat.

Tempe merupakan makanan yang di setiap rumah tangga ada, bahkan bisa jadi makanan pokok keluarga di Indonesia.

Makanan ini berasal dari bahan dasar kedelai, kini menjadi menu sarapan yang sering di temukan di setiap rumah orang Indonesia.

Bahkan ada seorang sejarawan yakni Ong Hok Ham yang mengatakan jika tempe merupakan sebuah sumbangan dari Jawa untuk Dunia.

Ini merupakan pernyataan yang sangat keren bukan? Sumbangan dari Jawa untuk Dunia. Saat ini banyak produsen tempe tersebar di seluruh Indonesia yang siap memanjakan lidah masyarakat Indonesia.

  1. Gohu Ikan

Gohu Ikan Makanan Khas Indonesia

Yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi deh buat para pencinta makanan berbahan dasar ikan.

Pasalnya makanan bernama Gohu Ikan ini sangat terkenal dan populer di seluruh Indonesia. Kamu bisa sebut Gohu Ikan ini sashimi-nya Indonesia ya? katanya sih gitu.

Makanan yang sangat terkenal di Ternate ini menggunakan bahan dasar ikan tuna mentah. Makanan ini di olah dengan cara daging tuna yang di potong kecil-kecil.

Setelah itu di tambahkan dengan menggunakan perasan lemon dan jangan lupa di kasih garam biar asing dikit.

Beberapa bahan lain seperti bawang merah, daun kemangi dan cabe rawit di tumis dengan menggunakan minyak kelapa.

Setelah tumisan matang, kamu bisa menuangkan tumisan tersebut di atas potongan ikan tuna tadi. Pastinya makanan unik yang berasal dari Indonesia ini sangat lezat.

  1. Ikan Bakar Colo-Colo

Ikan Bakar Colo Colo Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia yang berikutnya akan menjadi bahasan kita di Halomuda.com adalah Ikan Bakar Colo-Colo. Ramanya juga tidak kalah dari makanan lain yang ada di Indonesia.

Mempunyai cita rasa yang sedap gurih membuat Ikan Bakar Colo-Colo ini di nantikan penggemarnya.

Bahan dasar dari Ikan Bakar Colo-Colo ini adalah ikan tongkol.

Setelah itu di tumis dengan bumbu khusus, setelah di tumis kemudian di bakar. Pasti rasanya bisa menggoyang lidah kamu. Terlebih lagi kamu pencinta makanan berbahan dasar ikan tongkol.

Saat penyajiannya sih biasanya di tambahkan juga sambal khusus untuk Ikan Bakar Colo-Colo ini. Sambal tersebut di buat dari tomat hijau, bawang, cabe dan jangan lupa pula di tambahkan penyedap rasa.

Bayangin aja, ikan tongkol bakar di padukan dengan sambal yang super mantap, gimana tuh?

  1. Mie Telor

Mie Telor Makanan Khas Indonesia

Masakan khas Indonesia yang satu ini tenar dengan nama Mie Telor. Pada tahu kan dengan makanan yang sangat populer ini?

Mie Telor merupakan mie yang di celupkan ke dalam air panas, jadi nantinya akan di berikan beberapa campuran lainnya dalam Mie Telor.

Beberapa campuran yang akan membuat ramai rasa dari Mie Telor ini ada banyak. Sebut saja seperti irisan daging udang rebus, telur ayam rebus, tauge kukus dan di siram dengan kuah campuran santan, bumbu khusus dan kelapa udang.

Tidak lupa nantinya Mie Telor ini akan di beri beberapa sentuhan untuk di taburkan di atasnya yakni seledri dan bawang merah goreng.

Pastinya untuk masalah rasa, Mie Telor ini merupakan masakan khas Indonesia yang sangat enak.

  1. Rujak Cingur

Rujak Cingur Makanan Khas Indonesia

Siapa sih yang tidak mengenal makanan Indonesia yang sangat populer ini. Rujak Cingur sudah sangat terkenal sejak dulu.

Terlebih lagi buat para pencinta kuliner, pastinya sudah pernah dong mencicipi lezat dan nikmatnya sajian olahan khas Indonesia ini.

Memang Rujak Cingur merupakan makanan tradisional Indonesia. Cingur sendiri sebenarnya mempunyai arti mulut dalam hal ini adalah mulut sapi.

Jadi nantinya rujak akan di campurkan dengan irisan mulut sapi yang jika di kunyah rasanya lezat banget.

Rujak Cingur di dalamnya terdapat beberapa bahan. Adapun bahannya seperti timun, tahu, lontong, bendoyo, tempe, kecambah, kacang panjang, kangkung dan cingur sapi.

Nantinya semua bahan tersebut akan di campurkan dengan bumbu yang telah di ulek dengan cita rasa yang khas.

Untuk bumbu uleknya sendiri di dalamnya terdapat beberapa bahan. Sebut saja seperti garam, bawang goreng, kacang tanah yang telah di goreng, cabai, petis udang, air sedikit, gula merah dan pisang klutuk.

Pisang klutuk adalah pisang biji hijau yang di iris tipis-tipis.

  1. Sate Buntel

Sate Buntel Makanan Khas Indonesia

Makanan Indonesia yang menjadi fokus kita selanjutnya di Halomuda.com adalah Sate Buntel.

Makanan yang satu ini berasal dari Solo. Bahan dasar dari Sate Buntel ini adalah daging kambing yang cincang secara halus.

Setelah itu daging kambing yang di cincang tadi di bungkus dengan lembak jala atau lembaran lemak tipis.

Saat di tusuk dengan bilah bambu, sekilas Sate Buntel ini sangat mirip dengan sosis yang di bakar akan tetapi rasanya beda banget.

Untuk penyajian Sate Buntel ini, kamu bisa menambahkan saus khusus. Saus tersebut di buat dengan menggunakan cacahan cabai rawit, bawang merah dan kecap manis.

Biasanya sih Sate Buntel ini saat penyajian juga di campur dengan tomat segar dan kol.

  1. Nasi Uduk

Nasi Uduk Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia yang kali ini menjadi fokus kita adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Nasi Uduk.

Kita udah tahu donk kalau Nasi Uduk ini berasal dari Betawi yang sampai saat ini tetap lestari dari dulu. Saat ini Nasi Uduk tidak hanya akan kita temukan di Jakarta saja.

Di kota-kota lain yang ada di Indonesia, makanan khas Indonesia yang satu ini nampaknya sangat mudah untuk di temukan.

Sebenarnya Nasi Uduk ini di buat dengan cara nasi yang di tanak dengan bumbu khusus dan juga di campur pula dengan santan.

Nasi Uduk termasuk makanan yang di favoritkan banyak orang lho, selain enak juga biasanya di jual dengan harga yang murah.

Di tempat lain atau di negara lain, Nasi Uduk ini biasa di kenal dengan nama Nasi Lemak ini jika di Malaysia.

  1. Nasi Ulam

Nasi Ulam Makanan Khas Indonesia

Oke selanjutnya adalah Nasi Ulam yang pastinya mempunyai rasa yang lezat dan nikmat. Pokoknya wajib deh kita masukin di daftar makanan khas Indonesia yang kita bahas di Halomuda.com ini.

Sejatinya Nasi Ulam ini adalah nasi putih biasa yang di campurkan dengan serundeng dan di aduk sampai rata.

Tentu jika nasi di campur dengan serundeng akan menghasilkan cita rasa yang sangat gurih. Ternyata pada saat mengaduk, kamu juga bisa menambahkan kacang tanah yang sudah di giling.

Saat memakan Nasi Ulam ini kamu juga wajib di temani oleh lauk-lauk yang biasa di gunakan sebagai pendamping makan Nasi Ulam.

Beberapa lauk Nasi Ulam ini seperti misalkan saja cumi kering asing, telur dadar, bihun goreng, dendeng manis, perkedel dan kuah semur kentang tahu.

Eits, jangan lupa saat menyajikannya di beri juga daun kemangi ya?

  1. Nasi Goreng

Nasi Goreng Makanan Khas Indonesia

Untuk jenis makanan khas Indonesia yang pertama adalah makanan yang biasa di sebut dengan nama nasi goreng.

Biasanya makanan khas indonesia yang satu ini di fungsikan sebagai penyelamat saat sedang berada di tempat kost. Pada saat itu uang yang ada di saku sedang tipis.

Tentu menjadi sebuah makanan yang sangat di nantikan untuk mengisi perut kosong anda.

Saat ini banyak sekali rumah makan besar dan restoran yang menyajikan makanan khas indonesia ini sebagai menu utama mereka.

Nasi goreng merupakan makanan yang berbahan dasar nasi putih. Kemudian di campur dengan bumbu rempah-rempah yang mempunyai rasa khas Indonesia.

Makanan khas indonesia yang satu ini sangat di sukai, pasalnya cita rasa rempah khas yang di dapat di nasi goreng sangat enak.

  1. Gado-Gado

Gado Gado Makanan Khas Indonesia

Makanan yang satu ini adalah makanan kombinasi antara potongan kentang, wortel, selada, bayam, tomat, taoge dan jagung.

Saat orang luar negeri berkunjung ke Indonesia, biasanya mereka menyebut gado-gado ini sebagai Salad Jawa atau Javanese Salad.

Salad jawa yang satu ini untuk tingkat kepedasannya bisa anda sesuaikan sesuai dengan selera pedas anda.

Untuk menambah variasi, biasanya makanan khas Indonesia yang satu ini di tambahkan di dalamnya tahu, tempe atau kelontong.

Ada berbagai macam variasi untuk siraman di atas gado-gado. Ada yang di beri bumbu mayonaise dan juga bumbu kacang di tambah lagi dengan kerupuk sebagai toppingnya.

Yang sangat membuat kangen makanan yang satu ini adalah sensasi kriuk dari krupuk. Biasanya krupuknya bercampur dengan bumbu kacang lezat, sunguh menggugah selera makan.

  1. Opor Ayam

Opor Ayam Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia ini adalah makanan yang sangat di gemari. Pasalnya menggunakan bahan dasar ayam yang di campur dengan kuah bersantan, telor dan juga kentang.

Aroma yang di hasilkan saat makanan ini matang, sangat sedap sekali sehingga akan menggugah selera anda.

Terlebih lagi biasanya ayam yang di masak dalam opor ini sangat empuk, sehingga memudahkan kita untuk memakannya.

Dengan bumbu berbahan dasar kunyit, ketumbar, santan dan bawang merah. Ini akan memberikan sensasi tersendiri bagi orang yang mengkonsumsinya.

Dan makanan khas indonesia yang satu ini pasti akan membuat kangen saat kita tidak berada di Indonesia.

Makanya tidak ada salahnya jika pada saat kita akan pergi keluar negeri, santap makanan khas indonesia satu ini sampai perut puas.

  1. Rawon

Rawon Makanan Khas Indonesia

Asal dari makanan khas Indonesia yang satu ini yaitu dari Jawa Timur. Bahan dasar dari jenis makanan yang satu ini berbahan dasar Daging Sapi dan Kluwek.

Apakah anda tahu Kluwek itu apa? Tentu kuah kental yang bisa kita dapatkan pada makanan khas indonesia ini sangat luar biasa.

Pasalnya bumbu rempah yang bercampur dengan kuah bisa membuat rasa yang pecah di dalam setiap kunyahan.

Kluwek merupakan sebuah bahan makanan yang bisa membuat warna dari kuah rawon menjadi hitam pekat. Dengan bumbu berbahan dasar daun bawang, keumbar, bawang merah dan bahan lainnya.

Tentunya makanan khas Indonesia ini akan enak jika di konsumsi dengan nasi yang hangat. Saat ini banyak acara pernikahan yang menyajikan makanan khas indonesia, seperti rawon sebagai sajian untuk para tamu undangan.

  1. Gudeg

Gudeg Makanan Khas Indonesia

Makanan khas indonesia yang selanjutnya adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jogja. Makanan ini berbahan dasar nangka muda yang kemudian di masak dengan gula merah dan santan.

Rasa dari makanan ini adalah legit dan manis. Bagi para pencinta kuliner di seluruh nusantara tentu tahu dengan makanan khas indonesia super enak yang bernama gudeg ini.

Makanan khas Indonesia ini akan sangat enak jika di konsumsi dengan nasi yang hangat. Kemudian di tambah dengan lauk pelengkap seperti ayam goreng, telur rebus, tempe goreng dan juga kerupuk kulit sapi.

Saat ini banyak orang yang menjual gudeg secara online. Tentu jadi sebuah bisnis yang bagus, karena gudeg sangat banyak peminatnya.

  1. Gorengan

Gorengan Makanan Khas Indonesia

Untuk makanan khas Indonesia yang berikutnya adalah gorengan. Makanan satu ini merupakan makanan yang cocok di jadikan sebagai makanan pendamping saat sedang melakukan obrolan santai.

Biasanya gorengan hadir sebagai teman minum kopi atau teh. Saat ini banyak warung yang menjual gorengan untuk menuntaskan keinginan pencinta kuliner.

Saat ini gorengan merupakan makanan khas Indonsia yang di minati banyak orang.

Ada banyak contoh makanan khas Indonesia yang satu ini. Misalkan saja pisang goreng, weci, bakwan, cireng dan banyak lagi jenis gorengan yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Mulai dari rasa yang manis, asin hingga pedas bisa anda dapatkan pada makanan yang satu ini. Tergantung kamu menginginkan rasa yang mana. Salah satu makanan yang di setiap daerah di berbagai belahan indonesia hampir ada.

  1. Rendang

Rendang Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia yang biasa di sebut rendang ini mempunyai rasa yang sangat kuat.

Makanan ini berbahan dasar daging dan beberapa bumbu rempah-rempah yang ada di dalamnya. Sebut saja seperti misalkan saja kunyit, ketumbar dan lainnya membuat Rendang menjadi makanan khas Indonesia populer.

Sudah dapat di pastikan apabila kamu sudah mencoba makanan khas indonesia bernama rendang ini, pasti akan ketagihan.

Biasanya saat orang Padang memasak Rendang akan mempunyai rasa yang khas yaitu rasa yang khas dan legit. Terlebih lagi daging lembut yang berenang dalam kuah rendang akan sangat cocok bila di padukan dengan nasi hangat.

Masakan orang padang yang satu ini juga sangat terkenal di berbagai belahan indonesia. Terlebih lagi banyak rumah makan padang yang tersebar di seluruh indonesia dengan masakan rendangnya yang enak.

  1. Pempek

Pempek Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia berikutnya adalah Pempek dan makanan ini merupakan makanan andalah dari Palembang.

Mempunyai popularitas yang baik di Indonesia, tentunya tidak ada salahnya apabila anda mencicipi makanan ini.

Rasanya kurang pas apabila kamu seorang pencinta kuliner tapi belum pernah merasakan lezatnya masakan ini. Masakan ini berasal dari Palembang.

Berbahan dasar ikan dan di olah dengan tepung akan membuat Pempek mempunyai bentuk yang cukup menarik.

Biasanya pempek ini di padukan dengan kuah encer perpaduan antara gula dan saus cuka. Kemudian segera konsumsi pempek anda selagi masih hangat.

Rasa yang sangat gurih bisa di dapat dari ikan yang telah di olah tersebut. Tentu membuat banyak orang rela untuk mengeluarkan uang demi dapat melahap makanan khas indonesia ini.

  1. Bakso

Bakso Makanan Khas Indonesia

Makanan Khas Indonesia berikutnya adalah Bakso. Pastinya anda sudah tahu bukan penampakan dari makanan khas Indonesia yang di namakan bakso ini seperti apa?

Bakso merupakan makanan yng terbuat dari daging di bentuk seperti bola-bola kemudian di makanan bersama kuah sedapnya.

Saat ini bakso merupakan salah satu makanan khas indonesia yang sangat populer. Hampir di setiap wilayah di indonesia ada dengan ciri khas masing-masing.

Biasanya bakso sangat cocok di konsumsi bersama dengan kombinasi makanan lainnya. Sebut saja seperti pangsit, bihun, gorengan dan berbagai sayuran yang tentunya akan menjadi makanan sehat yang siap untuk di konsumsi.

Untuk bakso yang terkenal di Indonesia adalah Bakso Malang. Hingga saat ini merajai untuk jenis makanan daging yang di bulatkan ini.

Ada berbagai macam modifikasi yang di lakukan terhadap makanan khas indonesia yang satu ini.

  1. Soto

Soto Makanan Khas Indonesia

Untuk jenis makanan khas Indonesia ini adalah makanan yang sangat mudah di jumpai apabila kamu di Indonesia.

Soto merupakan makanan yang di sajikan dengan kuan dan di dalamnya terdapat daging dan beberapa bahan lainnya.

Makanan khas indonesia yang satu ini di jadikan makanan untuk di sajikan pada tamu dalam sebuah acara pesta perkawinan.

Soto di sajikan dengan kuah kuning kental yang bersantan. Beberapa jenis daging yang bisa di sandingkan dengan soto adalah daging kambing, daging ayam dan daging sapi.

Akan sangat cocok jika soto ini anda konsumsi dengan komposisi bawang goreng dan kerupuk emping ada di dalamnya.

Setiap kunyahan akan sangat berarti apabila anda sedang mengkonsumsi soto yang merupakan makanan khas indonesia paling enak dan populer ini.

  1. Nasi Kuning

Nasi Kuning Makanan Khas Indonesia

Makanan khas indonesia yang akan kita bahas adalah makanan yang oleh masyarakat indonesia di sebut dengan Nasi Kuning.

Makanan khas indonesia ini di buat dari beras, santan, kunyit dan beberapa bumbu rempah-rempah yang sangat khas ala Indonesia.

Beberapa perpaduan yang telah kita sebutkan tadi membuat makanan khas indonesia bernama Nasi Kuning semakin gurih saja.

Biasanya Nasi Kuning ini sangat sering di jadikan nasi tumpeng. Biasanya di sajikan dengan berbagai macam lauk-pauk khas indonesia yang enak.

Saat syukuran biasanya Nasi Kuning di buat untuk memperingati rasa syukur dan berbagi bersama dengan sesama. Hal ini membuat kebersamaan lebih erat apabila terdapat makanan berwarna kuning dan mempunyai rasa yang sangat gurih ini.

  1. Ketoprak

Ketoprak Makanan Khas Indonesia

Makanan khas indonesia selanjutnya adalah makanan yang cukup banyak di jual di beberapa tempat makan yang ada di Indonesia.

Ketoprak adalah makanan khas indonesia yang cukup dekat dengan masyarakat luas. Bisa di katakan makanan indonesia yang satu ini sangat merakyat.

Ketoprak sangat erat kaitannya dengan ketupat. Sebagaian besar Ketoprak yang di sajikan di indonesia ini di hadirkan dengan menggunakan ketupat.

Banyak sekali saat ini pedagang kaki lima yang menyajikan ketoprak. Tentu hal ini akan memudahkan kita untuk dapat mencicipi makanan indonesia yang satu ini.

Bahan utamanya adalah ketimun, bihun, tahu, telor rebus, tauge, bawang goreng, kecap dan di atasnya di siram saus kacang lezat.

Dalam beberapa tahun belakangan ini banyak orang yang memodifikasi Ketoprak dengan tambahan tempe atau emping melinjo.

  1. Pecel Lele

Pecel Lele Makanan Khas Indonesia

Makanan khas indonesia yang berikutnya adalah sebuah makanan yang bisa menggoyang lidah. Makanan indonesia  yang satu ini di namakan Pecel Lele.

Makanan khas indonesia yang satu ini merupakan sebuah makanan yang berbahan dasar lele. Kemudian lele tersebut di goreng hingga benar-benar gurih.

Setelah di goreng tentu di sajikan bersama sambal yang sangat khas ala Indonesia. Dengan cara memasak yang seperti itu biasanya banyak orang menyebutnya dengan lalapan.

Akan tetapi untuk menjadi makanan lalapan pecel lele yang sempurna. Rasanya kurang pas bila di dalamnya tidak di masukkan juga bahan seperti kubis, kemangi, kacang panjang dan ketimun.

Banyak orang yang sangat suka dengan pecel lele ini. Hal ini di karenakan pecel lele merupakan salah satu makanan khas indonesia yang mempunyai rasa enak.

Rata-rata harga untuk makanan khas indonesia yang satu ini juga sangat terjangkau.

  1. Sate

Sate Makanan Khas Indonesia

Makanan khas indonesia selanjutnya adalah sebuah makanan yang tidak asing buat kita, makanan ini di tusuk menggunakan bambu.

Makanan indonesia yang sangat khas ini di kenal dengan nama Sate.

Masakan khas indonesia bernama Sate ini pada umumnya di buat dengan menggunakan bahan utama yakni daging. Berbagai daging ynag bisa di buat menjadi makanan dengan nama sate tersebut.

Daging yang bisa di gunakan yang tentu saja cukup populer adalah daging kambing dan daging ayam. Untuk prosesnya di panggang atau di bakar setelah itu di beri bumbu kacang yang sangat lezat.

Bagi anda yang suka pedas anda juga bisa menambahkan sambal di dalamnya.

Pada saat penyajiannya biasanya Sate ini di hidangkan dengan nasi putih yang masih hangat. Anda penasaran dengan makanan khas indonesia yang satu ini?

  1. Otak-Otak

Otak Otak Makanan Khas Indonesia

Makanan khas indonesia yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat populer dengan nama Otak-otak.

Sebenarnya makanan khas indonesia yang satu ini merupakan sebuah makanan khas Riau. Menu ini sudah sangat populer di seluruh indonesia. Bahkan di beberapa bagian di indonesia banyak pedagang yang menjual Otak-otak.

Banyak orang-orang yang sangat suka dengan makanan yang bernama Otak-otak. Pasalnya Otak-otak ini merupakan sebuah makanan khas indonesia yang terbuat dari cumi-cumi dan juga ikan.

Biasanya Otak-otak ini di bungkus dengan janur atau daun kelapa. Untuk cara pengolahan dari makanan khas indonesia ini yakni dengan cara di bakar hingga menimbulkan aroma sedap.

  1. Kerak Telor

Kerak Telor Makanan Khas Indonesia

Makanan khas indonesia yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah masakan khas indonesia yang wajib untuk kamu coba.

Makanan bernama Kerak Telor ini merupakan makanan atau jajanan yang berasal dari Betawi.

Sebenarnya makanan khas indonesia yang satu ini di buat dengan menggunakan beras ketan yang di masak dengan menggunakan wajan.

Setelah itu makanan ini di campur dengan telur ayam atau bisa juga mengunakan telur bebek. Kemudian di campur dengan bumbu dan beberapa bahan lain.

Beberapa bahan itu seperti misalkan serundeng, udang, bawang goreng dan bumbu yang lainnya.

Mempunyai rasa yang gurih dan agak manis yang tentu makanan khas indonesia yang satu ini bisa membuat lidah anda bergoyang. Rasanya salah satu makanan khas indonesia yang kami rekomendasikan untuk anda.

  1. Seblak

Seblak Makanan Khas Indonesia

Tentu saja makanan khas indonesia yang selanjutnya ini merupakan sebuah makanan yang bisa di katakan masih sangat baru. Makanan ini cukup populer di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini.

Seblak merupakan makanan khas indonesia yang kita maksud dalam bahasan kita kali ini. Meskipun tergolong makanan khas indonesia yang masih baru.

Seblak ini mempunyai kelezatan yang tidak bisa di pungkiri oleh orang yang mengkonsumsinya.

Seblak ini merupakan makanan khas indonesia yang di buat dari beberapa bahan. Sebut saja seperti mie, makaroni, sayur, kerupuk basah dan perpaduan bumbu rempah. Cita rasa untuk makanan khas indonesia yang satu ini sangat lezat.

Banyak orang yang gemar menikmati makanan khas indonesia yang populer dengan nama Seblak ini. Selain rasanya yang bisa menggoyang lidah anda, seblak ini juga mempunyai harga yang cukup terjangkau.

  1. Pepes

Pepes Makanan Khas Indonesia

Ada lagi salah satu makanan yang sangat khas yang wajib untuk kita bahas dalam artikel makanan khas indonesia ini. Makanan khas indonesia yang kita maksud adalah sebuah makanan yang populer dengan nama Pepes.

Makanan yang satu ini di jawa sangat mudah untuk kita temukan. Makanan ini biasanya di jual di penjual lauk pauk. Rasanya enak banget, hal ini adalah keajaiban di dalam tampilannya yang terlihat kurang menarik.

Pepes ini bisa anda nikmati bersama dengan nasi putih hangat dan bisa di nikmati oleh setiap orang. Dari cara pembuatannya juga sangat mudah, sehingga makanan ini cukup memasyarakat.

Biasanya Pepes ini di bungkus menggunakan daun pisang dan untuk aroma dari makanan khas indonesia yang satu ini sangat sedap.

Makanan ini tersedia dalam berbagai macam isi seperti pepes tahu, pepes ikan, pepes ayam, pepes telur dan masih banyak lainnya.

  1. Horok-Horok

Horok Horok Makanan Khas Indonesia

Termasuk makanan khas indonesia yang tradisional. Sepertinya makanan yang terkenal dengan nama Horok-Horok ini wajib di masukkan kedalam daftar makanan khas indonesia.

Horok-Horok merupakan makanan ringan yang berasal dari Jepara. Makanan ini adalah makanan indonesia yang di buat dari tepung pohon aren.

Untuk rasa dari Horok-Horok ini sedikit asing dan mempunyai tekstur yang sangat kenyal.

Akan tetapi jika anda beruntung, biasanya ada saja orang yang menjual Horok-Horok ini di pinggiran jalan. Meskipun di jual di pinggiran jalan, akan tetapi rasanya tidak kalah dengan makanan-makanan yang di jual di rumah makan.

Untuk mendapatkan rasa yang manis, biasanya masyarakat indonesia mencampur Horok-Horokdengan gula pasir. Horok-Horok ini termasuk makanan yang sangat mengenyangkan.

  1. Bubur Tinutuan

Bubur Tinutuan Makanan Khas Indonesia

Satu lagi makanan indonesia yang sangat khas yang berasal dari Kota Manado. Makanan khas indonesia yang sangat ini cukup terkenal di seluruh indonesia.

Bubur Tinutuan ini banyak di jual di setiap tempat di indonesia. Bubur Tinutuan biasanya sangat cocok apabila di hidangkan di pagi hari untuk sarapan.

Bisa juga untuk lauk pendamping. Bubur Tinutuan bisa menggunakan ikan tuna, ikan cakalang, sambal dabu-dabu roa dan perkedel.

Bubur Tinutuan ini merupakan makanan favorit masyarakat lokal. Tapi juga tidak sedikit wisatawan mancanegara yang doyan makan Bubur Tinutuan ini. Di dalam Bubur Tinutuan ini terdapat daging dan berbagai jenis sayuran.

Kebiasaan masyarakat juga ada yang menghidangkan Bubur Tinutuan ini dengan midal. Midal adalah sebuah makanan yang berjenis mie.

Jadi bagi anda yang penasaran dengan masakan khas indonesia ini segera berburu di sekeliling anda.

  1. Tempoyak

Tempoyak Makanan Khas Indonesia

Makanan indonesia yang rasanya wajib untuk di masukkan juga dalam daftar makanan khas indonesia. Makanan ini populer dengan nama Tempoyak.

Makanan yang bernama Tempoyak ini merupakan makanan yang di buat dari durian. Jadi akan sangat pas apabila anda seorang penggemar durian.

Berasal dari sumatra yakni di daerah palembang, lampung dan jambi, hal ini di karenakan di kota tersebut banyak sekali terdapat durian.

Sebenarnya makanan khas indonesia tempoyak ini merupakan hasil fermentasi dari buah durian. Uniknya Tempoyak ini di campur dengan ikan pindang atau bisa juga pepes ikan mas.

Bahkan bagi anda yang suka dengan masakan pedas, anda bisa mencampurkan Tempoyak ini dengan sambal.

Unik bukan? Oleh karena itu halomuda.com sangat merekomendasikan makanan khas indonesia yang satu ini.

  1. Papeda atau Bubur Sagu

Papeda atau Bubur Sagu Makanan Khas Indonesia

Makanan khas indonesia yang menjadi bahasan di halomuda.com adalah makanan yang sangat sering di liput oleh media televisi. Ini di karenakan makanan ini memiliki keunikan tersendiri.

Makanan khas indonesia yang berasal dari Papua dan Maluku ini populer dengan nama Papeda atau Bubur Sagu.

Makanan bernama Papeda atau Bubur Sagu merupakan sebuah makanan yang di buat dari tepung sagu. Tentu saja di dapat dari pohon sagu yang sudah mempunyai umur 3 sampai sekitar 5 tahun.

Pada saat penyajian dari makanan khas indonesia yang satu ini di padukan dengan ikan tongkol. Tidak lupa di campur juga dengan kuah kuning.

  1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang Makanan Khas Indonesia

Makanan khas indonesia yang satu ini mungkin sangat populer di telinga para pemburu makanan enak. Makanan yang satu ini populer dengan nama Ayam Taliwang.

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas indonesia yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Rasanya yang sangat enak, di jamin bisa bikin lidah kamu bergoyang keenakan.

Ayam Taliwang, namanya saja Ayam Taliwang ya pasti bahan dasar dari Ayam. Ayam yang di campur dengan beberapa bumbu.

Bumbu tersebut misalkan saja bawang putih, bawang merah, cabai merah kering, terasi goreng, gula jawa, kencur, tomat merah dan garam.

  1. Sup Konro

Sup Konro Makanan Khas Indonesia

Makanan khas indonesia yang tidak kalah populer dari makanan khas indonesia yang lainnya adalah Sup Konro.

Makanan yang satu ini merupakan sebuah masakan yang berasal dari Makassar dan Bugis. Makanan ini mempunyai rasa yang sangat luar biasa enaknya.

Dengan bahan dasar yang di gunakan adalah iga sapi atau bisa juga daging sapi. Kemudian di campur dengan ketupat dan biasanya Sup Konro ini mempunyai kuah yang berwarna coklat kehitam-hitaman.

Tentu saja warna kuah dari makanan khas indonesia ini seperti itu, pasalnya di dalam Sup Konro ini di campur dengan kluwek.

  1. Ayam Cincane

Ayam Cincane Makanan Khas Indonesia

Makanan khas indonesia selanjutnya menjadi bahasan kita adalah makanan khas indonesia yang terkenal dengan nama Ayam Cincane.

Sejatinya Ayam Cincane ini merupakan makanan yang berasal dari Samarinda dan di Kota tersebut Ayam Cincane ini sangat favorit.

Biasanya Ayam Cincane ini di hidangkan pada saat acara penyambutan tamu besar atau untuk pesta pernikahan.

Setidaknya jika kamu sedang berada di Samarinda atau akan pergi ke Samarinda. Tidak ada salahnya buat kamu untuk mencoba mencicipi makanan khas indonesia bernama Ayam Cincane ini.

Untuk warna dari Ayam Cincane ini agak kemerah-merahan. Biasanya ayam yang di gunakan dari makanan Ayam Cincane ini adalah daging ayam kampung.

  1. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia paling enak yang selanjutnya akan menjadi bahasan kita adalah makanan yang terkenal dengan nama Ayam Tangkap.

Makanan ini merupakan masakan yang berasal dari Aceh dengan bumbu yang sangat khas.

Jadi Ayam Tangkap ini merupakan ayam goreng yang di berikan bumbu rempah-rempah khas aceh.

Akan tetapi Ayam Tangkap dari bumbunya itu bukan bumbu turun temurun dari orang-orang terdahulu. Tapi bumbu dari Ayam Tangkap ini adalah kreasi orang-orang saat ini.

Akan tetapi meskipun kreasi baru, makanan khas Indonesia yang bernama Ayam Tangkap ini menjadi salah satu lauk favorit.

Bahkan dalam beberapa acara yang ada di Aceh, Ayam Tangkap selalu menjadi pilihan menu masakan yang di hidangkan.

  1. Empal Gentong

Empal Gentong Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia paling populer yang berikutnya akan menjadi bahasan kita di Halomuda.com adalah Empal Gentong.

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang berasal atau makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat.

Banyak orang yang mengatakan jika Empal Gentong sekilas sangat mirip dengan gulai. Tapi hal yang membedakan adalah Empal Gentong ini di masakan dengan menggunakan gentong sebagai wadahnya. Di bakar dengan menggunakan kayu bakar dari pohon mangga.

Banyak orang yang demen banget dengan makanan yang bisa di katakan sebagai makanan berlemak ini.

Beberapa jenis daging yang di gunakan adalah seperti daging sapi. Akan tetapi tidak itu saja ada beberapa menu jenis daging seperti babat dan usus yang di gunakan untuk membuat Empal Gentong ini.

Saat penyajiannya biasanya Empal Gentong ini di campurkan dengan lontong atau pilihan lainnya adalah nasi.

  1. Udang Kipas Balado

Udang Kipas Balado Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia yang satu ini populer dengan nama Udang Kipas Balado. Makanan ini lezat banget, terlebih lagi buat pencinta udang. Udang Kipas Balado adalah makanan dengan bahan dasar udang kipas.

Biasanya udang kipas ini di sebut dengan nama Slipper Lobster. Secara bentuk sangat mirip dengan kepiting akan tetapi mempunyai perisai yang cukup keras.

Udang kipas bisa kamu dapatkan di perairan sikuai yakni area yang ada di Padang.

Secara rasa, udang kipas ini seperti lobster dengan rasa yang enak banget. Udang Kipas Balado di masakn dengan cara di campurkan dengan bumbu khas. Kemudian di goreng dan di padukan dengan sambalado petai yang pastinya enak banget.

  1. Ikan Asam Pedas

Ikan Asam Pedas Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia paling enak yang berikutnya akan menjadi bahasan kita adalah makanan yang bernama Ikan Asam Pedas.

Sebenarnya sih makanan ini berasal dari Melayu atau masyarakat yang mempunyai kebudayaan Melayu.

Makanan yang satu ini sangat populer di kawasan Deli, Kalimantan Barat, Jambi, Palembang, Bangka dan Belitung.

Kamu bisa mencobanya di beberapa tempat tadi, akan tetapi di setiap tempat, nama dari Ikan Asam Pedas ini beda-beda.

Jadi makanan ini di sebut Pindang kalau di Jambi dan Palembang, di sebut Lempah kalau di Bangka, di sebut Gangan kalau di Belitung.

Buat kamu yang pengen makan Ikan Asam Pedas bisa pilih deh tempat mana yang pas untuk makan Ikan Asam Pedas ini.

  1. Kwetiau Kerang

Kwetiau Kerang Makanan Khas Indonesia

Advertisement

Oke next adalah makanan khas Indonesia yang tidak kalah enak dari masakan khas Indonesia yang lainnya.

Jadi makanan yang terkenal dengan nama Kwetiau Kerang ini adalah makanan yang berbahan dasar Kwetiau dan Kerang.

Kwetiau adalah makanan yang mempunyai bentuk seperti mie. Tapi bentuknya agak lebar di bandingkan dengan mie pada umumnya dan bahan dasar dari Kwetiau ini adalah beras.

Kwetiau merupakan makanan yang sangat populer lho di Indonesia. Bagaimana jika Kwetiau di padukan dengan Kerang? Wow, pasti rasanya enak banget ya?

Biasanya Kwetiau Kerang di masak dengan cara di goreng yang pastinya akan menimbulkan rasa gurih lezat.

  1. Keumamah Ikan Kayu

Keumamah Ikan Kayu Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia enak berikutnya akan kita bahas di Halomuda.com adalah makanan enak bernama Keumamah Ikan Kayu.

Jadi makanan yang satu ini adalah makanan yang berasal dari Aceh dengan bahan dasar ikan Tongkol.

Nama lain dari Keumamah Ikan Kayu ada 2 macam yakni Eungkot Kayee dan Gulaie Keumamah.

Cara memasak Keumamah Ikan Kayu adalah ikan tongkol yang segar di rebus, setelah di rebus kemudian di asap hingga kering dan keras.

Bahkan banyak yang menyebut Keumamah Ikan Kayu ini kerasnya seperti kayu.

Jika di jepang jenis makanan ikan asap ini biasa di sebut dengan nama Katsubushi. Fungsinya untuk penyedap rasa berbagai kuah masakan.

  1. Soto Medan

Soto Medan Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia yang berikutnya akan kita bahas secara singkat adalah Soto Medan. Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan masakan yang bernama Soto ini ya?

Jadi beda Soto Medan dengan jenis soto yang lainnya adalah Soto Medan mempunyai kuah yang sangat kental.

Kenapa kok bisa kental seperti itu kuahnya? Hal ini di karenakan kuah santan. Jadi kuah yang di pakai berasal dari santan sekali peras, jadi benar-benar berkualitas santannya.

Pada saat penyajiannya Soto Medan di padukan dengan kentang, perkedel kentang, tomat, bawang merah, telur dan emping.

Ada 2 jenis Soto Medan jika di nilai dari bahan utama dagingnya yakni Soto Ayam Medan dan Soto Daging Medan. Kamu bisa pilih nih mana Soto Medan yang kamu suka.

Jangan lupa saat menyantapnya, kamu tambahkan bihun dan tauge biar lebih lengkap lagi ya campuran Soto Medannya.

  1. Gulai Ikan Salai

Gulai Ikan Salai Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia yang berikutnya adalah makanan yang populer dengan nama Gulai Ikan Salai.

Makanan yang satu ini berasal dari Kota Medan. Gulai Ikan Salai ini bisa kamu dapatkan di sebuah tempat makan yang bernama Madina.

Jadi Madina ini menyajikan berbagai masakan khas yang berasal dari Batak, Melayu dan Minang.

Makanan khas andalan dari Madina ini adalah Gulai Ikan Salai dan Ikan Asap. Pastinya menjadi makanan yang di buru banyak pencinta kuliner di kawasan Medan.

Ikan yang di gunakan sebagai bahan dasar dari makanan khas Indonesia yang satu ini adalah ikan Limbat. Biasanya sih ikan limbat ini sangat mudah di temukan di kawasan Pekanbaru dan sekitarnya.

Bagaimana kawan? apakah kamu tertarik dengan Gulai Ikan Salai ini?

  1. Ayam Pinadar

Ayam Pinadar Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia berikutnya akan kita bahas adalah makanan yang tidak asing lagi buat para pencinta makanan nusantara.

Ayam Pinadar adalah makanan khas dari Indonesia yang kita maksud.

Nama lain dari makanan ini adalah Manuk Na Pinadar yang mana makanan ini adalah ayam bakarnya orang Batak Toba.

Bahan utama dari Ayam Pinadar ini adalah hati ayam dan darah ayam yang biasa di sebut dengan Gota.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu kini banyak Ayam Pinadar yang tidak menggunakan Gota lagi.

Buat kamu yang tidak makan Gota, lebih baik tanya terlebih dulu Ayam Pinadar yang akan di makan ini pakai Gota atau tidak pada penjualnya.

  1. Soto Padang

Soto Padang Makanan Khas Indonesia

Soto lagi yang masuk dalam list di Halomuda.com ini. Tapi soto yang menjadi bahasan kita adalah Soto Padang yang termasuk makanan khas Indonesia.

Secara cita rasa, Soto Padang ini mirip makanan India, karena bumbu yang di gunakan juga bumbu-bumbu khas India.

Ciri lain dari Soto Padang ini adalah menggunakan kuah yang bening dan sekilas kuahnya itu berminyak.

Kuah dari Soto Padang ini menggunakan kuah kaldu tulang sapi yang di masak cukup lama. Daging yang digunakan untuk bahan dasar Soto Padang ini adalah paru sapi.

Dagingnya di potong kotak kecil, kemudian di goreng. Pada bagian toping terdapat kerupuk merah yang di siram dengan kuah dan juga sambal bawang khas untuk Soto Padang ini.

Buat kamu yang belum mencicipi lezatnya Soto Padang ini, coba aja deh.

  1. Tekwan

Tekwan Makanan Khas Indonesia

Yang selanjutnya akan menjadi bahasan kita adalah makanan yang bernama Tekwan. Jadi makanan yang satu ini adalah makanan berjenis sup.

Advertisement

Makanan ini berasal dari Palembang. Bisa di sebut Tekwan ini adalah makanan khas Palembang.

Di dalamnya terdapat bahan seperti misalkan saja Bakso Ikan, Bengkung, Jamur Kuping, Soun dan Kuah Kaldu Ikan yang lezat banget.

Tidak lupa juga untuk bagian atasnya di taburi dengan bawang goreng yang gurih dan potongan seledri.

Secara bahannya Tekwan ini sangat mirip dengan Timlo yang merupakan makanan khas Solo. Tapi ada hal yang berbeda yakni kuah yang di gunakan.

Jadi kalau Tekwan ini menggunakan kuah kaldu ikan, kalau Timlo menggunakan kuah kaldu ayam.

  1. Gurame Pecak

Gurame Pecak Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia yang berikutnya menjadi fokus kita di Halomuda.com adalah makanan yang bernama Gurame Pecak.

Jadi makanan ini asalnya adalah dari daerah Betawi, buat orang Betawi pasti sudah tidak asing lagi dengan Gurame Pecak.

Gurame Pecak merupakan makanan yang biasanya sih di kombinasikan dengan sambal khas. Sambal tersebut yakni sambal yang di buat dari perpaduan cabai rawit dan cabai merah keriting.

Tidak lupa juga di campurkan juga kacang mede dan juga kacang tanah yang memberikan efek gurih pada sambal.

Pastinya makanan yang berbahan dasar ikan Gurame ini mempunyai cita rasa yang lezat jika di padukan dengan sambal tersebut.

Jangan lupa buat kamu pencinta makanan Betawi untuk mencoba makanan yang satu ini ya?

  1. Semur Jengkol

Semur Jengkol Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia yang berikutnya akan menjadi bahasan kita di Halomuda.com adalah Semur Jengkol yang rasanya sedap.

Jadi dari namanya saja kita sudah tahu kira-kira bahan dasar untuk membuat masakan ini. Yakni jengkol yang terkenal dengan baunya yang kurang sedap, tapi rasanya enak banget.

Cara memasak Semur Jengkol adalah pertama dengan cara mengempukkan jengkol tersebut selama 2 jam dengan cara di rebus.

Setelah itu di tumis dengan bumbu khas. Kelebihan yang kamu perlu tahu adalah kandungan gizi yang ada di jengkol cukup tinggi.

Pada awalnya Semur Jengkol di masak dengan cita rasa yang cukup pedas. Tapi saat ini Semur Jengkol telah di variasikan ada yang rasanya cenderung manis.

Paling mantap itu makan Semur Jengkol yang di campur dengan nasi hangat, pastinya enak banget.

  1. Perkedel

Perkedel Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia paling enak yang berikutnya adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Perkedel, rasanya enak banget.

Jadi bahan dasar untuk pembuatan Perkedel ini adalah kentang yang di rebus. Kemudian di campur dengan sedikit daging dan bahan lainnya sehingga menghasilkan makanan yang bernama Perkedel ini.

Mempunya bentuk yang bulat dengan tekstur yang lembut banget. Pastinya Perkedel ini di masak dengan cara di goreng sampai matang.

Saat ini banyak sekali Perkedel yang sudah di modifikasi. Bahkan dari bahan dasarnya pun juga tidak dari kentang saja, akan tetapi ada yang dari singkong, ubi jala dan juga tahu.

  1. Bihun Kari

Bihun Kari Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia paling enak yang selanjutnya akan menjadi ulasan kita adalah Bihun Kari. Pastinya merupakan salah satu masakan enak di Indonesia.

Makanan yang satu ini mempunyai kuah kari yang sangat kental, ini di peroleh dari santan yang kental juga untuk bagian kuahnya.

Jadi Bihun Kari ini merupakan makanan khas tradisional yang berasal dari Sumatera Utara.

Dari rasanya, Bihun Kari ini menggunakan bumbu yang cenderung karakternya hampir sama dengan bumbu tionghoa.

  1. Gurame Kencong

Gurame Kencong Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Gurame Kencong.

Jadi dari namanya saja kita sudah tahu bahan utama dari Gurame Kencong ini adalah ikan gurame ya?

Nantinya gurame yang masih dalam posisi utuh, tentu saja sudah di masak di campurkan dengan saus asam pedas yang lezat banget.

Kuah asam pedas itu di buat dari rajangan putik bunga kencong, bawang merah dan cabai rawit yang membuat cita rasa menjadi pedas.

  1. Arsik Ikan Mas

Arsik Ikan Mas Makanan Khas Indonesia

Advertisement

Arsik Ikan Mas merupakan makanan khas yang berasal dari Tapanuli. Masakan yang satu ini sepertinya menjadi masakan yang sangat populer di sana.

Rasanya sangat lezat dengan ciri khas bumbu kuningnya yang ada pada Arsik Ikan Mas ini. Cita rasa bumbunya mirip dengan kari.

Dengan bahan dasar yakni ikan mas, sepertinya sangat cocok untuk bumbu kuning. Pasalnya ikan mas merupakan ikan berlemak yang lembut.

Ayo buat kamu yang belum pernah mencoba lezatnya Arsik Ikan Mas, yuk merapat ke Tapanuli segera.

  1. Dendeng Baracik

Dendeng Baracik Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia paling enak yang berikutnya adalah Dendeng Baracik yang lezat banget.

Dendeng Baracik merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar daging yang di hilangkan lemaknya.  Kemudian di potong tipis-tipis.

Biasanya di berikan bumbu saus asam, manis atau asin. Kemudian di keringkan dengan cara di jemur atau di panggang dengan menggunakan api kecil.

Setelah itu kita akan mendapatkan daging dengan cita rasa yang manis asin. Tidak perlu di masukkan ke dalam kulkas, karena Dendeng Baracik sudah cukup awet.

  1. Pindang Udang Galah

Pindang Udang Galah Makanan Khas Indonesia

Makanan khas Indonesia paling enak yang berikutnya adalah Pindang Udang Galah. Jadi kalau umumnya masakan pindang ini menggunakan ikan, iga sapi atau lainnya.

Di makanan khas palembang yang satu ini mengguunakan udang galah sungai. Kalau di sana biasanya di sebut dengan udang satang.

Jadi makanan ini mempunyai kuah yang di dalamnya berisi tomat, timun dan nanas , untuk cita rasanya itu pedas asam.

Biasanya untuk mendapatkan rasa yang istimewa, untuk proses pemasakannya menggunakan udang yang masih segar .

Untuk ukuran dari Udang Galah ini ukurannya cukup besar .

Beberapa rekomendasi makanan khas Indonesia di atas bisa menjadi santapan anda saat anda sedang di Indonesia. Beberapa makanan terkenal lainnya belum bisa di list bersamaan dengan makanan-makanan di atas, karena banyaknya makanan ini.

Sekian artikel yang membahas tentang daftar makanan khas indonesia paling populer ini. Tentunya akan sangat rugi jika kamu tidak mencicipinya.

Tetap menjadi pembaca setia halomuda.com untuk mendapatkan artikel yang berhubungan dengan makanan, minuman dan kuliner.

Advertisement

Bantu Subscribe Di Sini -> HIBURAN TV


57 Makanan Khas Indonesia Paling Enak, Nikmat dan Lezat | | 4.5
Tags: , , , , , , ,