28 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak dan Lezat

Kamis, Agustus 31st, 2017 - Makanan
Kenalin Nih Si Cantik dan Imut!!!
Artis Yang Lagi Naik Daun. :)
Foto Chant Felicia Mantap Banget
Terima Kasih Telah Berkunjung ke Halomuda.com

Makanan Khas Jawa Tengah – Bagi sebagian orang makanan merupakan sebuah hal yang sangat penting, biasanya orang-orang tersebut mencoba untuk selalu mencari makanan khas dari setiap daerah. Tentu merupakan pengalaman yang luar biasa apabila kita mencoba menikmati sajian lezat dari setiap masing-masing daerah yang ada di Dunia. Selain merasakan kelezatan dari makanan tersebut, kita juga bisa membedakan kelezatan makanan dari masing-masing daerah.

Salah satu tempat di Indonesia yang menyajikan berbagai macam masakan yang lezat adalah Jawa Tengah. Di tempat yang satu ini merupakan surga bagi para pencinta kuliner pasalnya makanan khas jawa tengah tersaji dengan rasa yang lezat dan enak. Sudah bukan rahasia lagi apabila anda akan merasakan kelezatan dalam setiap gigitan saat menikmati makanan khas jawa tengah ini.

Tentu saja makanan khas jawa tengah ini mempunyai ciri berbeda bila di bandingkan dengan ciri dari masakan di tempat yang lain. Enak, itu adalah kata yang tepat jika di sematkan pada makanan khas jawa tengah, oleh karena itu pada kesempatan kali ini halomuda.com sangat tertarik untuk membuat daftar makanan khas jawa tengah atau masakan khas jawa tengah ini. Jadi bagi anda seorang pencinta kuliner sejati, silahkan simak artikel yang akan di urai sesaat lagi hanya di halomuda.com.

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak, Nikmat dan Lezat, Pokoknya Wajib Banget di Coba

  1. Telur Asin

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Untuk daftar makanan khas jawa tengah yang pertama akan kita bahas adalah sebuah makanan khas yang tidak hanya terkenal di jawa tengah saja, kini makanan khas jawa tengah yang populer dengan nama Telur Asin ini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Kota yang di dalamnya terdapat Telur Asin yang enak dan lezat adalah Brebes dan tentu saja cita rasa yang di hasilkan dari Telur Asin ala Brebes sangat berbeda dengan Telur Asin yang di buat di tempat yang lain.

Telur Asin pada umumnya adalah telur bebek yang di asinkan, tidak heran jika Brebes merupakan penghasil Telur Asin di Jawa Tengah pasalnya Brebes merupakan sebuah tempat penghasil telur paling besar di kawasan Jawa Tengah. Manfaat dari memakan Telur Asin ini adalah anda akan mendapatkan vitamin dan protein dari Telur Asin tersebut. Dan biasanya Telur Asin khas brebes ini di jadikan sebagai oleh-oleh saat anda berkunjung ke Jawa Tengah.

  1. Brekecek

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Ada juga sebuah makanan khas jawa tengah yang dari namanya saja cukup aneh, akan tetapi jangan meremehkan makanan khas jawa tengah yang satu ini pasalnya makanan yang terkenal dengan nama Brekecek ini bisa membuat lidah anda bergoyang keenakan. Berasal dari Cilacap makanan yang bernama Brekecek ini menjelma menjadi makanan yang lezat dan enak, sangat di rekomendasikan bagi anda yang kebetulan sedang berada di Cilacap.

Makanan khas jawa tengah yang terkenal dengan nama Brekecek ini merupakan sebuah masakan khas jawa tengah yang berbahan dasar dari ikan jahan atau ikan pathak. Rasa dari makanan yang bernama cukup aneh ini sangat lezat, bahkan banyak orang yang menilai jika makanan Brekecek ini rasanya sangat mirip dengan rica-rica. Jadi makanan khas jawa tengah ini sangat halomuda.com rekomendasikan untuk anda para pencinta kuliner.

  1. Tempe Mendoan

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Advertisement

Makanan khas jawa tengah yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang sangat terkenal baik di sekitaran jawa tengah itu sendiri atau di seluruh Indonesia. Pasalnya makanan yang sangat terkenal dengan nama Tempe Mendoan ini saat ini sudah di kenal banyak orang. Sebenarnya Tempe Mendoan ini merupakan makanan khas yang berasal dari Banyumas. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kira-kira bahan utama dari makanan khas jawa tengah ini apa.

Tempe Mendoan merupakan sebuah makanan yang di buat dari tempe dengan ukuran tempe yang lebar. Langkah berikutnya adalah dengan melumuri tempe tersebut dengan tepung yang tentu saja sudah bercampur dengan bumbu khas dari Tempe Mendoan ini. Setelah itu tempat tersebut di goreng hingga mendo atau garing. Memang merupakan makanan khas jawa tengah yang cukup sederhana, akan tetapi jika di campur dengan cabai atau sambal rasanya sangat lezat.

  1. ENTING-ENTING GEPUK

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang wajib kamu coba kali ini adalah enting-enting gepuk. Makanan yang pernah diiklankan di tv yang namanya ting-ting merupakan sejenis dari makanan khas ini yang berbentuk modern dari enting-enting gepuk.

Makanan khas Jawa Tengah enting-enting ini merupakan makanan khasnya daerah Salatiga, Jawa Tengah. Makanan ini terbat dari bahan dasar kacang tanah yang digepuk atau ditumbuk kemudian dipadatkan. Tapi sebelumnya sudah dicampur bersama gula jawa terlebih dahulu agar semua bahan menyatu dan menjadi enting-enting yang manis dan juga sangat gurih.

  1. MANGUT BEONG

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Selanjutnya makanan khas Jawa Tengah yang satu ini bernama Mangut Beong. Makanan ini hanya ada di di Kota Magelang, jadi untuk mendapatkan makanan yang enak ini, sebaiknya kamu menyempatkan diri membeli oleh-oleh ini jika sedang berkunjung ke kota ini. Kota ini letaknya tidak jauh dari Jogja lho, tempat di mana Candi Borobudur berada.

Makanan khas Jawa Tengah ini terbuat dari ikan beong. Ikan beong adalah ikan yang sekilas mirip ikan lele, tapi sebenarnya bukan lele. Ikan beong merupakan ikan khas yang ada di Sungai Progo, yang memiliki rasa yang lezat dengan dagingnya yang tidak begitu lembut dan tidak mudah hancur. Jika kamu penasaran, sebainya kamu langsung mencoba makanan yang satu ini.

  1. NASI GANDUL

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Nasi gandul juga salah satu nama makanan khas Jawa Tengah yang juga bisa kamu cicipi jika sedang berkunjung ke Pati. Makanan ini berbeda dengan nasi lainnya, nasi gandul ini adalah nasi uduk yang penyajiannya menggunakan daun pisang sehingga lebih alami dan aromanya semakin menggugah selera makan kita.

Makanan khas Jawa Tengah ini rasanya lebih gurih dari pada nasi yang biasanya. Bahkan ada juga yang menambahkan daun pandan saat memasak nasi gandul ini, agar wanginya semakin sedap. Nasi gandul ini biasanya disajikan dengan kuah yang segar ditambah lauk berupa daging sapi yang sudah diolah sebagai pelengkap yang semakin membuat makanan ini menjadi lebih lezat.

  1. RONDO ROYAL

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Rondo royal adalah nama makanan khas Jawa Tengah yang juga sangta populer. dari namnaya saja saudah unik yakni rondo yang berarti janda. Makanan ini sangat mudah ditemukan di berbagai warung yang ada di daerah jawa tengah.

Makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari daerah Jepara ini terbuat dari bahan tape singkong yang digoreng. Cara pembuatannya sangat mudah yakni tape dimasukkan ke adonan tepung lalu digoreng sampai matang. Jika kamu ingin mencoba keunikan makanan ini, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah loh karena sangat mudah membuatnya.

  1. TAHU PETIS

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Nah kalo makanan khas Jawa Tengah yang satu ini sudah sering kita dengar yakni tahu petis. Makanan ini merupakan olahan yang terbuat dari tahu yang dibumbui yang berasal dari Semarang. Tahu petis biasanya dibuat sebagai camilan, atau jika kamu mau makan nasi pakai makanan ini juga bisa dibuat lauk yang sedap.

Makanan khas Jawa Tengah ini bahannya tentu saja tahu, yakni tahu yang di goring lalu diberi bumu bewarna hitam yang terbuat dari petis yang terbuat dari kuah rebusan ikan atau udang yang dimasak terus sampai menjadi kental dan diberi bumbu sehingga rasanya menjadi lezat.

  1. NASI LIWET

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Berikutnya makanan khas Jawa Tengah yang juga sangta menggugah selera kali ini adalah nasi liwet. Makanan dari nasi ini sebenarnya berasal dari kota Solo, sebenarnya hampir sama dengan nasi gundul, bedanya mungkin penyajiannya sama bahan pelengkapnya saja. Nasi liwet ini disajikan dengan potongan ayam dan kadang juga menggunakan labu siam.

Cara membuat makanan khas Jawa Tengah ini pun hampir sama seperti membuat nasi uduk biasanya. Beras dimasak menggunakan santan dari kelapa yang sudah tua agar rasanya tambah gurih. Jika kamu berkunjung ke solo, kamu bisa mencoba nikmatnya rasa makanan yang sangat enak ini.

  1. GETHUK

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Gethuk adalah makanan khas Jawa Tengah terbuat dari bahan dasar singkong. Makanan ini tidak hanya ada di Jawa Tengah aja, di Jogja juga ada gethuk. Makanan khas Jawa Tengah ini warna aslinya adalah putih, tapi sekarang sudah ada bermacam warna agar lebih menarik.

Selain itu ada juga gethuk goreng, jadi gethuk yang digoreng yang rasanya juga tidak kalah sama enaknya dengan gethuk biasa. Pastikan buat kamu yang suka banget sama kuliner atau makanan enak untuk mencoba makanan khas dari Jawa Tengah yang satu ini.

  1. WAJIK

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Wajik adalah makanan khas Jawa Tengah yang biasanya disajikan ketika ada acara pernikahan ataupu hajatan. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan menggunakan gula jawa. Makanan ini rasanya manis karena menggunakan gula jawa.

Warna makanan khas Jawa Tengah ini yang memakai gula jawa akan berwarna coklat, tetapi sekarang banyak wajik yang warnanya bermacam-macam, ada hijau, pink, merah dan warna lainnya sehingga semakin menarik disajikan. Tetapi jika yang warna-warni pemanisnya tidak menggunakan gula jawa, tapi menggunakan gula pasir.

  1. SOTO KUDUS

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Soto kudus adalah makanan khas Jawa Tengah yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke daerah kudus jawa tengah. Bedanya soto kudus dengan soto yang lain adalah penyajiannya menggunakan mangkok kecil. Soto Kudus juga memiliki dua versi, yakni ada yang memakai daging ayam atau daging kerbau.

Kamu bisa mencoba makanan khas Jawa Tengah ini dengan sensasi makan daging kerbau yang lezat. Wow, pastinya ini akan menjadi sebuah pengalaman menarik buat kamu yang pengen merasakan sensasi makan daging kerbau yang lezat dan bisa menggoyang lidah kamu.

  1. LUMPIA SEMARANG

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Makanan khas Jawa Tengah yang bernama lumpia semarang ini rasanya juga tak kalah lezat dari makanan lainnya. Lumpia lebih enak kalau dimakan ketika masih selagi hangat. Apalagi kalau ditambah dengan saus atau cabe rawit. Lumpia mempunyai isi yang beragam, ada yang berisi ayam, rebung, telur, sayuran dan udang. Kalau kamu berkunjung ke Semarang, jangan lupa untuk mencoba makanan ini.

Lumpia ini bisa kamu cocol dengan berbagai jenis saus, tergantung kamu memang suka dengan jenis saus yang mana.

  1. DAWET IRENG

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Makanan khas Jawa Tengah yang bernama dawet ireng ini bisa kamu coba jika sedang berkunjung ke Purworejo. Dawet ireng ini berbeda dengan dawet biasanya yang berwarna hijau. Seperti namanya, daweti ireng ini warnanya juga ireng atau hitam.

Warna hitam yang dalam makanan khas Jawa Tengah ini dikarenakan dari bahan alami yaitu dari abu jerami yang digunakan dalam pembuatan cendol dawet ireng. Tetapi soal rasa, rasa dawet ireng ini lebih menyegarkan dan enak. Apalagi minumnya menggunkan es di saat siang hari yang panas, dan memakai gula jawa asli  yang lezat.

  1. Garang Asem

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Yang pertama makanan khas Jawa Tengan kali ini adalah garang asem. Garang asem ini adalah salah satu makanan yang paling enak dan yang khas dari daerah Jawa Tengah, seperti daerah Semarang, Kudus, Demak, Pekalongan, dan Pati.

Advertisement

Makanan khas Jawa Tengan ini merupakan olahan yang berbahan dasar dari ayam yang dimasak bersama santan menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Makanan ini rasanya asam dan juga pedas. Garang asem biasanya dimakan bersama dengan nasi dan juga lauk pendamping lainnya seperti tempe goreng, ayam asam manis, dan juga perkedel.

  1. Soto bumbu

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Soto bumbu adalah salah satu makanan khas Jawa Tengan yang merupakan masakan khas dari daerah Jepara. Soto ini terlihat seperti soto ayam biasa, tetapi ada yang berbeda di dalam soto bumbu yang satu ini, yaitu untuk isiannya menggunakan babat, usus, dan daging sapi dan diolah tanpa menggunakan santan.

Jika kamu ingin mencoba nikmatnya makanan khas Jawa Tengan ini, kamu dapat menjumapainya di warung-warung yang ada di Kabupaten Jepara, terutama di kawasan Kecamatan Tahunan dan Kecamatan Mayong, Kota Jepara. Di tempat ini banyak sekali yang menjual makanan yang enak ini.

  1. Dawet ayu atau Cendol

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Selanjutnya makanan khas Jawa Tengan kali ini adalah dawet ayu atau cendol. Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, makanan ini disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasanya yang manis dan gurih membuat dahaga sekaligus lenyap setelah menyantapnya. Di Sunda minuman ini dikenal dengan cendol, di Jawa Tengah dikenal dengan es dawet.

Makanan khas Jawa Tengan ini terbuat dari tepung beras yang diolah dan diberi pewarna hijau dan dicetak dengan saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Awalnya warnanya menggunakan pewarna alami dari daun pandan, tetapi saat ini digunakan pewarna makanan buatan.

  1. Mie Ongklok

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Makanan khas Jawa Tengan yang enak dan wajib kamu coba kali ini adalah mie ongklok. Kalau kamu jalan-jalan ke daerah Dieng Wonosobo, Jawa Tengah, jangan lupa untuk mencicipi makanan yang sangat nikmat ini. Kuliner mie ini merupakan mie rebus yang diracik dengan kol dan potongan daun kucai. Kuah mie ini menggunakan kanji, jadi akan lebih kental dari pada kuah mie biasanya.

Biasanya makanan khas Jawa Tengan ini paling enak jika dinikmati dengan sate sapi, tempe kemul, atau keripik tahu sebagai pendampingnya. Mie ini dinamakan dengan mie ongklok karena pembuatannya menggunakan ongklok yaitu semacam keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu. Ongklok ini dipakai untuk merebus mie ke dalam kuahnya.

  1. Getuk Goreng

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Getuk goreng adalah makanan khas Jawa Tengan yang wajib kamu coba. Memang biasanya getuk itu disajikan tanpa digoreng, tetapi getuk yang satu ini disajikan dengan digoreng terlebih dahulu. Getuk goreng merupakan makanan khas Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

Makanan khas Jawa Tengan ini rasanya memang manis-manis gurih. Untuk membuat makanan ini diprlukan bahan utama yakni singkong dan rasa manisnya dari gula Jawa atau gula merah. Menurut cerita, getuk goreng ini pertama kali ditemukan tidak sengaja pada tahun 1918 oleh Sanpirngad, yakni penjual nasi keliling di daerah Sokaraja.

Selain nasi, dia juga menjual makanan khas Jawa Tengan ini, tetapi getuk yang dijajakannya tidak laku. Akhirnya, Sanpirngad ini memutar otak agar getuk yang dia jual tidak mubazir dan masih bisa dikonsumsi lagi. Getuk yang tidak laku tadi akhirnya digoreng agar besoknya bisa dijual lagi. Ternyata, getuk goreng malah diminati oleh masyarakat.

  1. Serabi Solo

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Makanan khas Jawa Tengan yang sangat populer ini adalah serabi solo. Makanan ini merupakan jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia, ada dua jenis serabi, yaitu serabi manis yang biasanya menggunakan kinca dan serabi asin dengan menggunakan taburan oncom yang telah dibumbui diatasnya.

Makanan khas Jawa Tengan ini biasa dijajakan di pagi hari. Makanan ini dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas dan alami. Tetapi biasnaya telur ayam yang telah dikocok juga ditambahkan diatas adonan surabi yang sedang dimasak. Jadi rasanya akan semakin enak untuk disantap.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak inovasi dengan menambahkan berbagai topping seperti sosis, keju, maupun mayones. Tujuannya adalah untuk menghilangkan asumsi bahwa serabi adalah makanan yang terkesan rendahan. Jika kamu ingin mencoba makanan khas Jawa Tengan ini kamu bisa menemukannya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Bogor dan bukan hanya di solo saja.

  1. Bakso Babat

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Bakso babat adalah makanan khas Jawa Tengan yang wajib kamu cicipi kenikmatannya. Baso adalah jenis makanan yang mudah ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Makanan khas Jawa Tengan ini biasanya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur dengan tambahan mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, muai dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Bahkan makanan khas Jawa Tengan ini juga ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan sebagai pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

  1. Tiwul Ungaran

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Tiwul atau Thiwul adalah makanan khas Jawa Tengan yang merupakan makanan pokok pengganti nasi beras. Makanan ini dibuat dari ketela pohon atau singkong. Penduduk Pegunungan Kidul atau daerah Pacitan, Wonogiri, Gunung Kidul dikenal mengonsumsi jenis makanan ini sehari-hari. Makanan ini merupakan makanan yang ada sejak dahulu.

Makanan khas Jawa Tengan ini dibuat dari gaplek yang berbahan singkong. Bahkan, makanan ini kandungan kalorinya lebih rendah jika dibandingkan dengan beras. Tetapi makanan ini cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya dapat mencegah penyakit maag. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang.

  1. Jenang Kudus

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

jenang Kudus adalah makanan khas Jawa Tengan yang mirip seperti dodol Garut. Tetapi dari Kudus, Jawa Tengah jenang ini biasa dijadikan sebagai oleh-oleh khas jika bepergian ke Kudus. Jenang Kudus ini biasanya dijual dalam bentuk potongan memanjang dan dibungkus menggunakan plastik bening. Dan jika kamu berkunjung ke jawa tengah, kamu bisa membeli dalam kiloan atau yang dimasukkan kotak.

Makanan khas Jawa Tengan ini rasanya manis dan memiliki tekstur yang legit. Bahkan kelezatan rasa dari jenang ini bukan hanya menjadi kesukaan masyarakat Indonesia saja. Tetapi, makanan khas Jawa Tengan ini sudah sampai ke luar negeri seperti Malaysia, Brunei, Singapura, Arab Saudi, dan Hongkong.

  1. Nasi Grombyang

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

Nasi grombyang juga merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang atut kamu coba. makanan ini tepatnya berasal dari daerah Pemalang, jawa tengah. Makanan yang satu ini namnya berasal dari cara penyajiannya, yaitu kuahnya lebih banyak dari pada isi, sehingga kelihatan bergoyang, atau grombyang.

Makanan khas Jawa Tengan ini terbuat dari daging kerbau, nasi, dan kuah. Biasanya penyajiannya menggunakan mangkuk kecil dan dilengkapi juga dengan sate kerbau. Kalau kamu mau mencari penjual nasi grombyang ini. Biasanya, penjajanya menggunakan kuali berukuran besar dengan tempat nasi yang ditutup kain merah. Selain itu, penerangan di warungnya menggunakan lampu teplok yang remang-remang.

  1. Sroto Purbalingga

Sroto Purbalingga

Makanan khas yang selanjutnya adalah Sroto Purbalingga atau biasa kita sebut dengan soto Purbalingga. Memang benar jika makanan berjenis soto ini sangat mudah di temukan di berbagai tempat yang berada di seluruh Indonesia, akan tetapi cita rasa khas setiap tempat berbeda.

Salah satunya adalah Sroto Purbalingga yang terkenal dengan kelezatannya. Uniknya jika di banding dengan soto di tempat atau wilayah lainnya adalah pada Sroto Purbalingga ini di atasnya terdapat krupuk putih dan taburan kacang lho.

Pasti deh rasa dari Sroto Purbalingga ini enak banget, di jamin setelah mencicipi kelezatannya teman-teman pasti bakalan ketagiahan. Saat di makan berbunyi kriyik-kriyik yang terdengar dari setiap gigitan kacang dan krupuk, mungkin hal inilah yang membuat Sroto Purbalingga ini mempunyai nama lain yakni Sroto Kriyik.

  1. Lanthing

Lanthing

Yang berikutnya merupakan camilan yang sangat khas di Jawa Tengah lho teman-teman, pernah dengan makanan yang terkenal dengan nama Lanthing? Yups, kali ini fokus kita ke makanan yang bernama Lanthing ini ya teman-teman.

Jadi Lanthing ini adalah sejenis makanan ringan atau krupuk yang di buat dari bahan dasar singkong. Secara bentuk biasanya Lanthing ini di bentuk menyerupai cincin atau ada juga jenis Lanthing yang di bentuk sangat mirip dengan bentuk angka delapan lho teman-teman.

Untuk cita rasa yang di hasilkan untuk setiap gigitannya adalah rasa asin yang bercampur dengan rasa gurih yang siap menggoyang lidah teman-teman nih. Beberapa rasa yang bisa teman-teman pilih yakni rasa keju dan rasa asin pedas.

  1. Soto Kemiri

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak Dan Lezat

Advertisement

Oke, makanan khas Jawa Tengah yang berikutnya adalah sebuah makanan yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pencinta kuliner di tanah air, pasalnya makanan yang tenar dengan nama Soto Kemiri ini sudah sangat populer di berbagai belahan daerah Indonesia.

Berasal dari Kabupaten Pati, kini Soto Kemiri sudah mengIndonesia nih teman-teman. Ceritanya nih teman-teman dulu Soto Kemiri ini biasa di buat untuk orang-orang yang bisa tergolong tidak mampu untuk beli daging ayam atau daging sapi nih teman-teman.

Akan tetapi sekarang Soto Kemiri ini cukup laris, bahkan saat ini Soto Kemiri sudah di campur atau di kombinasikan dengan daging sapi atau ayam lho. Meski begitu namanya sampai saat ini juga masih Soto Kemiri saja.

  1. Nasi Jagung

Nasi Jagung

Oke, next ke makanan yang selajutnya yakni Nasi Jagung yang pastinya meski tergolong makanan yang bisa di katakan dulunya makanan orang desa, kini makanan bernama Nasi Jagung ini banyak di buru oleh berbagai kalangan khususnya para pencinta kuliner.

Advertisement

Nasi Jagung merupakan makanan yang di buat dengan bahan dasar jagung ya teman-teman. Nah, sejatinya fungsi dari Nasi Jagung ini tidak jauh berbeda dengan nasi putih, karena bisa juga nih Nasi Jagung di jadikan sebagai makanan pokok.

Dari segi harga nih, Nasi Jagung lebih murah jika di bandingkan dengan harga nasi putih atau nasi beras. Nama lain dari Nasi Jagung ini adalah nasi empog yang sangat mudah di temukan di warung-warung pinggir jalan di kawasan Jawa Tengah.


loading...
28 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak dan Lezat | Halomuda | 4.5
Tags: , , , , , , ,
Halomuda.com adalah sebuah media online yang membahas tentang destinasi tempat wisata, referensi tempat wisata kuliner, makanan khas di dunia, minuman khas, review tempat makan paling enak dan resep masakan yang ada di seluruh dunia.

Jadi bagi anda yang tertarik dengan bahasan yang ada di website halomuda.com ini, dapatkan informasinya hanya di halomuda.com.