16 Makanan Khas Padang Paling Enak dan Populer

Di Makanan

Makanan Khas Padang – Sahabat Halomuda.com kalian semu pasti sudah sering mendengar dan sering menjumpai kuliner yang satu ini. Makanan khas padang merupakan salah satu jenis makanan yang sangat mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Karena makanan padang memiliki rasa yang khas enak dan juga luar biasa lezatnya. Sehingga makanan padang yang berasal dari Sumatera Barat ini menjadi favorit di Negeri kita.

Advertisement

Makanan dari padang memang sudah diakui kelezatannya bahkan sampai ke berbagai negara di luar Indonesia. Wah cukup mendunia ya guys kuliner negeri kita ini. Nah bagi kamu yang penasaran akan makanan padang ini wajib menikmatinya, akan lebih enak lagi jika kamu datang langsung ke Sumatera Barat. Itung-itung sekalian wisata guys.

Halomuda.com akan memberikan beberapa informasi masakan khas Padang paling enak dan populer yang bisa memanjakan lidah kamu. Beberapa masakan dalam daftar menu makanan khas padang kali ini adalah sebagai berikut:

Daftar Makanan Khas Padang Paling Enak dan Populer

  1. Sate Padang

Sate Padang 1

Makanan khas padang yang pertama yakni sate padang, mungkin makanan khas padang yang satu ini menjadi favorit kamu ya guys. Selain itu sate padang sudah cukup familiar di telinga kita karena makanan padang ini memiliki rasa yang sangat lezat dan enak.

Makanan padang ini dibuat dengan berbagai resep khusus dari Padang, Sumatera Barat. Berbahan daging sapi yang dipotong dadu kecil dengan saus pedas di atasnya. Yang utama adalah saus kuning yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan kaldu jeroan pedas, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas akar, jinten, bubuk kari dan garam.

Di daerah Medan, makanan padang ini tidak hanya menggunakan daging sapi tetapi juga daging ayam dan kambing. Makanan khas padang yang lezat ini memiliki kandungan kolesterol yang tinggi sehingga tidak baik jika disantap terlalu sering. Sate Padang paling nikmat disantap bersama sepiring nasi putih dan segelas es teh dingin.

  1. Ikan Balado

Ikan Balado 1

Ikan balado merupakan makanan padang yang juga sangat diminati,Tak hanya di Indonesia, makanan khas padang ini juga sangat digemari oleh masyarakat negeri tetangga, khususnya Malaysia dan Singapura. Balado merupakan salah satu sambal yang khas dari Sumatera Barat yaitu dari daerah Minang.

Bahan dasar dari sambal ini adalah bawang merah, cabe, tomat, air jeruk nipis, garam dan gula. Biasanya, sambal balado tersebut dicampur dengan ikan goreng serta sayuran rebus. Ikan yang dicampur dengan balado memiliki rasa pedas-manis yang tajam. Em jadi kebayang ya gimana nikmatnya makanan khas padang yang satu ini.

Advertisement
  1. Gulai Itiak

Gulai Itiak 1

Selanjutnya makanan khas padang atau maskaan khas padang yang paling enak dan populer yaitu Gulai Itiak. Gulai itiak terbuat dari itik atau bebek. Bebek atau itik adalah bahan masakan primadona di berbagai negara, terutama untuk masakan China yang lezat yaitu Bebek Panggang Peking.

Makanan khas padang ini merupakan daging bebek yang diiris tipis-tipis, dimasak bersama dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti cabe kriting hijau, laos, kunyit, dan jahe. Masakan ini berasa pedas, dan memiliki warna kehijauan ketika disajikan. Em sangat menggugah selera makan kita ya guys.

  1. Teh Talua

Teh Talua 1

Teh Talua juga menjadi menu makanan khas padang yang paling enak dan populer, teh talua cukup unik dan memiliki kelezatan yang sudah di akui di seluruh dunia. Nah, jika kita berbicara tentang Restoran Padang, maka Teh Talua adalah salah satu menu makanan padang yang wajib ada.

Makanan khas padang yang unik inik ini menggunakan kuning telur yang dicampurkan saat proses penyajiannya. Telur ayam atau bebek dapat dipilih sebagai campuran ke dalam Teh Talua. Bahan-bahan lain selain teh dan kuning telur juga ditambahkan, antara lain adalah gula dan perasan jeruk nipis.

  1. Karupuak Sanjai

Karupuak Sanjai 1

Karupuak Sanjai atau disebut juga kerupuk sanjai merupakan makanan khas padang yang juga enak dan renyah kerupuk Sanjai adalah camilan ringan yang sangat cocok untuk mendampingi berbagai menu utama masakan khas Padang yang dikenal memiliki rasa yang sangat berat. Kerupuk ini seolah menjadi penyeimbang cita rasa sekaligus pembangkit selera yang cocok disantap kapan saja.

Makanan khas padang ini terbuat dari singkong yang diparut, dibentuk adonan, lalu digoreng. Bumbu dari kerupuk ini sebenarnya cukup sederhana, hanya berupa garam secukupnya. Meskipun demikian, bumbu yang sederhana ini mampu menyajikan citarasa yang mengagumkan. Cukup mudah ya membuat makanan padang yang ini.

Advertisement
  1. Kalio Dagiang

Kalio Dagiang 1

Kalio Dagiang adalah masakan khas padang paling populer. Kalio Dagiang memiliki rasa dan tekstur yang benar-benar memuaskan lidah para pecinta kuliner Indonesia. Kelezatan masakan ini tak bisa ditandingi oleh makanan Padang lainnya dan juga memiliki kandungan nutrisi dan kalori yang cukup tinggi.

Makanan khas padang ini merupakan sebuah gulai yang terbuat dari daging sapi. Dimasak dengan rempah-rempah dan cabai. Cara membuatnya  daging direbus dalam waktu yang cukup lama sehingga memiliki tekstur yang sangat lembut dan sudah menyerap rasa dan aroma dari berbagai bumbu. Kamu pasti tidak akan bisa melupakan rasanya yang lezat dan ngin menyantapnya lagi.

  1. Gulai Paku

Gulai Paku 1

Selanjutnya makanan khas padang yang tak kalah enaknya adalah Gulai Paku atau disebut juga Gulai Pakis. Gulai Paku merupakan hidangan atau makanan yang klasik khas Indonesia yang sangat lezat dan memiliki cita rasa yang unik sehingga cukup banyak orang yang mencari hidangan ini.

Advertisement

Bahan makanan khas Padang ini adalah daun pakis yang dimasak dalam saus kelapa yang dibumbui dengan cabai, lengkuas, dan jahe. Gulai Paku adalah salah satu menu vegetarian khas Padang yang layak dicoba.Biasanya, Gulai Paku disajikan bersama ketupat dan disajikan untuk menyambut Hari Raya tiba.

  1. Dendeng Balado

Dendeng Balado 1

Nah makanan khas padang yang juga populer di Indonesia adalah Dendeng Balado. Dendeng awalnya ditemukan oleh masyarakat Minangkabau. Pada awalnya mereka membuat masakan dari daging sapi dan membuatnya kering sehingga dapat dimakan selama berhari-hari dan dibawa pergi saat melakukan perjalanan.

Makanan khas padang ini merupakan irisan tipis daging kering yang sering digunakan sebagai bahan utama dalam masakan Indonesia. Masakan ini disebut juga dengan nama Dendeng Batokok dan terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis kemudian dikeringkan dan digoreng sebelum ditambah dengan cabai dan bahan-bahan lainnya yang disebut dengan nama “balado”.

  1. Rendang

Rendang 1

Advertisement

Yang pasti kamu juga sangat menggemari makanan khas padang yang satu ini, Kelezatan masakan yang satu ini sepertinya sudah mendunia. Rendang adalah sebuah menu yang wajib ada di setiap Restoran Padang. Masakan ini kelezatannya bahkan sudah diakui kelezatannya oleh kalangan internasional, bahkan beberapa waktu yang lalu dicantumkan ke dalam daftar masakan paling enak di dunia versi CNN.

Makanan khas padang ini terbuat dari daging sapi yang dimasak bersama kuah santan dan bumbu-bumbu khas Padang lainnya. Sangat cocok dihidangkan dengan sepiring nasi hangat dan segelas es teh. Jika kamu belum pernah merasakannya, maka kamu wajib mencoba makanan padang yang satu ini.

  1. Soto Padang

Soto Padang 1

Yang terakhir dari daftar makanan khas padang kali ini yaitu Soto Padang. Soto adalah hidangan khas Indonesia yang bisa ditemui di seluruh penjuru tanah air. Dari daerah Sumatera, Soto Padang bisa dianggap sebagai jenis soto paling populer dengan cita rasa yang sangat lezat. Masakan ini bahkan disajikan di berbagai restoran internasional dengan rasa dan metode memasak yang sudah dimodifikasi.

Makanan khas padang ini terbuat dari irisan daging sapi. Daging sapi yang dipergunakan tidak sembarangan, melainkan hanya bagian has dalam saja, sehingga memiliki tingkat kekenyalan yang pas namun tetap terasa empuk. Masakan ini cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai menu utama. Em , jadi lapar.

  1. Palai Rinuak

Palai Rinuak

Makanan khas padang yang berikutnya akan menjadi bahasan kita adalah Palai Rinuak yang pastinya merupakan salah satu makanan wajib saat teman-teman berada di Padang. Jadi makanan yang bernama Palai Rinuak ini merupakan pepes khas dari Maninjau teman-teman.

Advertisement

Jika di lihat dari bahan dasar untuk membuat makanan khas Padang ini sangat cocok sekali teman-teman. Bahannya adalah Ikan Rinuak yakni merupakan ikan kecil yang sangat mirip dengan teri, hal ini yang membuat makanan khas Padang ini di namakan dengan nama Palai Rinuak.

Jadi makanan yang bernama Palai Rinuak ini di bungkus dengan daun pisang nih teman-teman. Di campur dengan bumbu rempah-rempah seperti misalkan saja bawang merah, kunyit, lada, bawang putih, daun bawang dan cabe, tidak lupa juga di berikan parutan kelapa di dalamnya.

  1. Dendeng Batokok

Dendeng Batokok

Makanan khas padang yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang populer dengan nama Dendeng Batokok. Jadi makanan yang terkenal dengan nama Dendeng Batokok ini merupakan makanan yang berbahan dasar daging nih teman-teman, buat yang suka daging wajib coba nih.

Advertisement

Uniknya Dendeng Batokok ini biasanya di buat dengan cara di pukul nih teman-teman, jadi pastinya sangat cocok dengan namanya dong yang berarti Dendeng Dipukul. Sekedar info aja nih teman-teman, jadi Dendeng Batokok ini tidak kalah populer dan terkenal lho di bandingkan dengan dendeng balado.

Memang sih makanan khas padang yang terkenal salah satunya adalah dendeng balado, akan tetapi Dendeng Batokok ini juga mempunyai tempat lho di hati para penikmat dendeng tanah air. Teman-teman belum pernah mencoba? Coba aja deh, di jamin rasanya enak banget.

  1. Gulai Tauco

Gulai Tauco

Makanan khas Padang yang selanjutnya akan kita bahas di situs tercinta kita ini adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Gulai Tauco. Jadi makanan ini memang kurang populer teman-teman, akan tetapi jangan salah, makanan yang bernama Gulai Tauco ini sangat enak lho.

Memang benar namanya di ranah kuliner tanah air kurang begitu terkenal, akan tetapi di Padang sana Gulai Tauco ini menjadi favorit banyak orang. Cirinya adalah Gulai Tauco ini mempunyai warna campuran coklat dan hijau, untuk aroma dari Gulai Tauco ini pastinya menggugah selera banget.

Bahan yang di gunakan untuk membuat Gulai Tauco ini adalah Udang, Buncis, Tahu, Tauco dan masih banyak lainnya yang nantinya di padukan dengan kuah santan. Pastinya sesuai dengan ciri khas masakan khas padang, bumbu rempah yang berpadu dalam satu porsi Gulai Tauco sangat lezat teman-teman.

  1. Gulai Banak

Gulai Banak

Makanan khas Padang yang berikutnya akan menjadi bahasan kita adalah Gulai Banak yang pastinya juga merupakan makanan favorit pencinta masakan padang di manapun mereka berada. Gulai Banak di kenal juga dengan nama Gulai Otak nih teman-teman.

Makanan ini asalnya adalah dari Minangkabau dan merupakan makanan yang mempunyai cita rasa yang sangat pedas. Bahan dasarnya adalah otak sapi yang di campur dengan bumbu rempah gulai dan juga santan. Akan tetapi buat teman-teman yang mempunyai darah tinggi dan juga kolesterol tinggi di sarankan tidak makan Gulai Banak ini.

Hal ini di karenakan Gulai Banak ini di dalamnya terdapat kandungan kolesterol yang tinggi, terlebih lagi saat memasaknya juga di campurkan bersama dengan santan pastinya akan membuat kadar kolesterol dalam makanan ini semakin bertambah teman-teman.

  1. Cancang

Cancang

Makanan khas Padang yang berikutnya akan menjadi bahasan kita di Halomuda.com adalah sebuah makanan yang terkenal dengan nama Cancang. Mungkin makanan ini kurang familiar ya di telinga teman-teman, akan tetapi makanan ini menjadi makanan favorit lho di Padang sana.

Jadi bahan utama yang di gunakan untuk membuat makanan bernama Cancang ini adalah daging kambing teman-teman. Biasanya daging kambing yang di gunakan ada yang di potong besar-besar dan ada juga yang di potong kecil-kecil teman-teman.

Biasanya sih Cancang ini di sajikan dengan rasa yang dominan pedas, hal ini di karenakan makanan bernama Cancang ini saat pemasakannya yakni di campur dengan santan, bumbu rempah khas padang dan cabe merah yang telah di giling. Dari bahannya saja kita sudah tahu jika makanan ini termasuk makanan pedas.

  1. Sala Lauak

Sala Lauak

Makanan yang berikutnya menjadi fokus kita sejenak adalah sebuah makanan yang terkenal dan populer dengan nama Sala Lauak. Akan tetapi nama lain dari Sala Lauak ini adalah Sala Bulek. Jadi sebenarnya makanan ini berasal dari Pariaman, Padang teman-teman.

Sala Lauak merupakan makanan berjenis gorengan yang terbuat dari beberapa bahan seperti misalkan ikan asing, bawang putih dan tepung beras. Pastinya untuk rasa yang nantinya akan di hasilkan adalah rasa yang dominan asing teman-teman, tapi asinnya itu gurih banget.

Untuk tekstur bagian luarnya sangat renyah dan rasanya enak. Biasanya Sala Lauak ini di sajikan bisa sebagai lauk nih teman-teman, bisa juga di jadikan makanan pendamping atau lauk untuk makan ketupat gulai.

Nah sahabat Halomuda.com, sudah mulai mengenal masakan khas padang kan. Beberapa info diatas mungkin akan cukup membantu kamu saat jelajah kuliner mengenai makanan khas padang. Sehingga kamu tak perlu lagi bertanya-tanya lagi sebelum menikmati sajian tersebut. Cukup sekian dulu ya sahabat Halomuda.com, semoga bermanfaat guys.


Advertisement

Tags: #makanan #Makanan Khas #makanan khas padang #masakan khas padang #masakan padang

32 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak dan Lezat
32 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak dan Lezat
Makanan Khas Jawa Tengah – Bagi sebagian
22 Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan
22 Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan
Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan –
40 Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak dan Populer
40 Makanan Khas Jawa Barat Paling Enak dan Populer
Makanan Khas Jawa Barat – Halo sobat,
56 Makanan Khas Indonesia Paling Enak dan Lezat
56 Makanan Khas Indonesia Paling Enak dan Lezat
Makanan Khas Indonesia – Negara Indonesia terkenal
40 Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
40 Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Makanan Khas India – Bantak sekali jenis
Baca Juga×

Top
error: