19 Minuman Khas Indonesia, Dari Tradisional Sampai Modern

Minuman Khas Indonesia – Sahabat, masih bergabung dengan Halomuda.com ya. Kali ini kita akan membahas mengenai minuman khas Indonesia mulai dari yang tradisional sampai minuman yang Moderen.

Bagi kamu penggemar kuliner, pasti banyak yang tahu berbagai minuman Indonesia enak rasanya.

Berbagai minuman memang memiliki rasa yang khas, bahkan bahannya yang digunakan  pun juga termasuk sangat tradisional.

Sehingga tak heran jika minuman Indonesia selalu banyak dicari dan masih banyak diperjualkan di berbagai daerah.

Mungkin ada salah satu dari kamu yang belum mengetahui apa saja nama minuman yang tradisional hingga sampai yang moderen.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak ulasan Halomuda.com kali ini yakni mengenai beberapa nama minuman khas Indonesia tersebut.

Inilah beberapa nama minuman khas Indonesia mulai dari yang tradisional hingga yang moderen yang bisa kamu ketahui.

Daftar Minuman Khas Indonesia, Dari Tradisional Sampai Modern

  1. Bajigur

Bajigur Minuman Khas Indonesia

Minuman ini bernama Bajigur. Minuman ini adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia.

Minuman ini terbuat dari bahan utama yakni gula aren, dan santan, dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.

Biasanya minuman khas Indonesia ini disajikan panas dan biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor.

Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah pada musim hujan. Ada pula makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.

  1. Wedang Ronde

Wedang Ronde Minuman Khas Indonesia

Wedang ronde juga termasuk Minuman yang merupakan minuman tradisional yang berasal dari daerah Jawa.

Wedang dalam bahasa jawanya berarti minuman. Minuman ini berupa seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebut ronde.

Biasanya disajikan dengan kacang yang sudah disangrai, kolang-kaling dan potongan roti di dalam minuman tersebut.

  1. Syrup Kawista

Syrup Kawista Minuman Khas Indonesia

Minuman kali ini adalah minuman yang terbuat dari ekstrak buah Kawista. Syrup kawista ini rasanya sangat enak dan menyegarkan, jadi sangat cocok jika dinikmati dengan tambaahan es di siang hari.

Kawista atau nama latinnya Limonia acidissima syn. Feronia limonia ini adalah kerabat dekat maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan atau Rutaceae.

Tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya ini sudah jarang dijumpai meskipun sekarang beberapa daerah mulai mengembangkannya.

Kawista relatif tahan kondisi buruk atau kering bahkan tanah salin dan tahan penyakit. Kawista berasal dari India selatan hingga ke Asia Tenggara dan Jawa.

  1. Sekoteng

Sekoteng Minuman Khas Indonesia

Kalo Minuman yang satu ini pasti kalian sudah tahu semua, minuman yang enak ini adalah Sekoteng. Minuman ini merupakan minuman asli dari Jawa Tengah.

Minuman ini memiliki rasa jahe dan biasa dihidangkan dalam keadaan masih panas.

Minuman ini biasanya dicampur bahan lain dalam penyajiannya. Seperti misalkan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti dan biasa dihidangkan pada malam hari.

Sekoteng biasanya dijual keliling dengan menggunakan gerobak pikul. Satu sisi untuk panci air jahe beserta kompornya sedangkan sisi lain adalah tempat bahan campuran.

Selain sebagai tempat bahan campuran, bisa juga di jadikan sebagai tempat mempersiapkan minuman khas Indonesia ini.

  1. Cendol

Cendol Minuman Khas Indonesia

Cendol adalah merupakan minuman yang terbuat dari tepung beras. Minuman khas Indonesia ini disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan.

Minuman ini terasa manis dan gurih. Dalam pembuatan minuman ini adalah tepung beras diolah dengan diberi pewarna hijau. Kemudian di cetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran.

Awalnya pewarna minuman ini adalah pewarna alami dari daun pandan. Tapi saat ini bisa juga digunakan pewarna makanan buatan.

Di Sunda cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya.

Nyendol adalah sebutan unik bagi mereka yang sedang menikmati cendol.

  1. Beer Pletok

Beer Pletok Minuman Khas Indonesia

Bir Pletok adalah salah satu minuman yang berasal dari etnik betawi. Bir Pletok ini terbuat dari tumbuh tumbuhan rempah-rempah yang banyak tumbuh di negeri ini.

Meskipun minuman ini bernama bir, tetapi minuman khas Indonesia Ini bukan minuman yang memabukkan. Bir Pletok yang banyak terdapat di perkampungan betawi bukanlah minuman yang mengandung alkohol.

Minuman ini justru menyegarkan dan menghangatkan badan. Bahkan bisa dijadikan pelepas dahaga bila dengan di tambahkan dengan es batu.

Minuman ini terbuat dari jahe, kapulaga, sereh, kayu manis, kayu secang sebagai warna merahnya, dan gula.

Untuk menghasilkan Bir Pletok yang mantap di perlukan Jahe Gajah ataupun jahe Merah agar lebih HOT rasanya.

  1. Es Teler

Es Teler Minuman Khas Indonesia

Kalo minuman yang satu ini pasti kamu suka, yakni Es Teler. Minuman khas Indonesia ini adalah minuman es yang berisi potongan buah alpukat, kelapa muda, nangka matang, dan santan kelapa encer.

Kemudian di campur juga dengan pemanis berupa susu kental manis dan sirup. Es yang dipakai bisa berupa es serut atau es batu. Rasa minuman ini sangat enak dan menyegarkan.

Minuman ini cukup bervariasi mulai berisi cincau, kolang-kaling, dan pacar cina. Ada juga campuran potongan buah apel, pepaya, sawo, melon, roti, dan agar-agar.

Hingga es teler menjadi sulit dibedakan dengan es campur. Sejarah Es teler diciptakan Tukiman Darmowijono, yakni pedagang es campur dengan gerobak di Jalan Semarang Jakarta Pusat pada tahun 1980-an.

  1. Es oyen

Es oyen Minuman Khas Indonesia

Masih dengan es, Minuman khas Indonesia yang satu ini adalah es onyen. Minuman ini berasal dari Bandung. Minuman ini sebenarnya adalah es campur.

Di dalam minuman ini terampur beberapa jenis buah-buahan dari Alpokat, nangka, mangga dan kelapa muda. Kemudian di beri santan dan Susu kental manis yang benar-benar enak rasanya.

Jika kamu ingin mencoba minuman yang sangat segar ini, ada tempat yang menjual minuman ini. Tempat itu ada di perempatan Pasar Wonoayu, Sidoarjo, kira-kira 10 km dari kota Sidoarjo.

Biasanya tempat ini buka muai jam 10.00-14.00. Dengan harga Rp 2.500 kamu sudah bisa menikmati semangkuk minuman ini.

Dan bagi kamu yang tinggal di daerah Jakarta kamu juga bisa memnemukan penjual minuman ini yang berada di daerah Kemayoran Jalan Kepu. Di tempat ini ada penjual es Oyen yang sudah terkenal sejak dulu.

  1. Es Selendang mayang

Es Selendang mayang Minuman Khas Indonesia

Minuman yang satu ini mungkin jarang terdengar, tetapi jajanan tradisional khas Betawi es Selendang Mayang ini cukup banyak penggemarnya.

Minuman ini rasanya legit manis dan paling enak dimakan dalam keadaan dingin. Minuman khas Indonesia ini terbuat dari sagu aren.

Adonan kuenya dibuat seperti agar-agar, biasanya berwarna merah atau hijau yang berpadu dengan warna putih.

Karena warnanya yang cantik disebut ‘selendang mayang’. Adonan kue yang sudah dipotong-potong disajikan bersama dengan kucuran sirop gula Jawa, kuah santan, dan potongan es batu.

Minuman ini sangat cocok disantap saat dingin karena menyegarkan tenggorokan kita. Penjual minuman ini bisa kita temui di Eat & Eat yang berlokasi di pusat perbelanjaan di Kelapa Gading.

  1. Limun Sarsaparilla

Limun Sarsaparilla Minuman Khas Indonesia

Limun Sarsaparilla adalah minuman yang populer di Yogyakarta di era tahun 1950-an hingga tahun 1970-an. Minuman khas Indonesia ini merupakan jenis minuman berkarbonasi.

Mereka penikmat minuman ini sering menyebutnya sbagai Cola Jawa. Jenis minuman yang berwarna ungu kecoklatan ini pernah menduduki rangking minuman favorit di Yogyakarta.

Pada masa itu, minuman ini merupakan jenis minuman elit yang membawa gengsi sosial tertentu pada konsumennya.

Hanya orang yang punya kocek lebih saja yang mampu membeli minuman yang dianggap modern ini. Minuman ini juga sebagai simbol kemajuan dan tentu saja berkelas di zamannya.

Minuman ini memiliki rasa yang khas di lidah dengan aroma seperti obat atau jamu.

  1. Minuman Lahang

Minuman Lahang Minuman Khas Indonesia

Lahang juga termasuk kedalam daftar minuman khas Indonesia. Minuman ini terbuat dari nira rasanya manis dan segar. Lahang diperoleh dari sadapan pohon aren pada bunga jantannya.

Caranya pun tidak sembarangan. Para petani biasanya akan berangkat lebih awal untuk menyadap aren agar kesegarannya terjaga. Bila terlambat menyadap akan berubah menjadi cuka atau tuak.

Biasanya agar lebih baik hasilnya, sebaiknya pohon aren yang sudah berusia 5 tahun yang bisa disadap hasilnya.

Minuman ini memiliki manis dan segar yang khas dan sangat cocok dinikmati dalam keadaan dingin dengan tambahan es batu.

  1. Es Doger

Es Doger Minuman Khas Indonesia

Es Doger merupakan minuman khas Indonesia yang sangat enak dan segar juga. Minuman ini warnanya merah muda, ditaburi serutan kelapa muda dan diserok dari dalam gentong itu.

Biasanya es doger isiannya ditambahkan dengan tape singkong. Tetapi saat ini penjual minuman ini lebih bervariasi dengan adanya tambahan ketan hitam dan pacar cina bahkan alpukat dalam penyajiannya.

Minuman ini sangat populer di wilayah kebudayaan Betawi dan banyak dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga.

Minuman ini juga sering menjadi salah satu menu minuman untuk acara hajatan seperti pesta perkimpoian dan sebagainya.

  1. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh Minuman Khas Indonesia

Yang terakhir minuman kali ini adalah Wedang Uwuh yang merupakan minuman tradisional Jawa. Dari berbagai macam jenis wedang, wedang uwuh menjadi salah satu jenis yang paling unik jika dilihat dari namanya.

Wedang yang dalam bahasa Jawa artinya minuman, sementara uwuh sendiri artinya sampah.

Tetapi jangan salah sangka, minuman ini bukan sembarang minuman sampah. Sampah yang dimaksud di sini adalah dedaunan organik, yang tentunya mengandung banyak khasiat.

Minuman sudah ada sejak jaman dahulu kala yang biasaya orang kuno meminumnya sebagai penambah tenaga.

Sahabat Halomuda.com, demikianlah beberapa ulasan mengenai berbagai minuman mulai dari yang tradisional hingga sampai modern.

Meskipun minuman ini merupakan minuman yang sudah lama, tetapi tetap saja banyak penikmat yang menggemari minuman tersebut. Cukup sekian dulu informasi dari Halomuda.com dan sampai jumpa.

  1. Tuak

Tuak Minuman Khas Indonesia

Konon minuman yang satu ini berasal dari Sumatera Utara. Nama minuman ini adalah Tuak yang di hasilkan dari pohon enau dan pohon kelapa yang di ambil sari manisnya atau niranya.

Kemudian sari manis tadi, di proses dengan cara di fermentasi. Minuman bernama tuak ini mengandung kadar alkohol sedikit.

Kadarnya alkoholnya lebih sedikit jika di bandingkan dengan anggur dan bir. Manfaat lain dari Tuak ini ternyata di dalamnya terkandung mineral, karbohidrat dan vitamin.

  1. Wedang Secang

Wedang Secang Minuman Khas Indonesia

Manfaat dari Wedang Secang adalah mengatasi perut kembung, masuk angin, memperlancar aliran darah, mencegah hipertensi dan meningkatkan stamina.

Kayu secang adalah bahan utama dalam membuat Wedang Secang ini, sehingga menimbulkan warna yang merah pada minuman ini.

Minuman ini berasal dari Yogyakarta, salah satu minuman tradisional yang ada di Yogyakarta.

  1. Bandrek

Bandrek Minuman Khas Indonesia

Minuman yang satu ini cocok buat di minum saat masih hangat atau di campur dengan es batu. Bisa di minum hangat-hangat dan bisa di minum dingin.

Buat kamu yang membutuhkan tenaga dan stamina, mungkin bisa minum Bandrek ini. Bahkan cocok banget buat kamu yang mau begadang.

Minuman khas Indonesia yang satu ini adalah minuman tradisional orang Sunda, Jawa Barat. Mulai anak muda sampai orang tua banyak yang suka minum Bandrek.

Beberapa bahan utama pembuatan Bandrek adalah jahe, kulit kayu manis, gula aren, rempah-rempah dan susu kental manis.

  1. Kunyit Asam

Kunyit Asam Minuman Khas Indonesia

Minuman yang kaya akan manfaat ini wajib untuk di lestarikan. Kalau bisa jangan sampai minuman bernama Kunyit Asam ini punah.

Manfaat dari Kunyit Asam ini untuk wanita sudah menjadi rahasia umum. Kunyit Asam biasanya di gunakan para wanita untuk kecantikan.

Akan tetapi tidak hanya untuk wanita saja, ternyata Kunyit Asam juga bisa di minum untuk anak-anak dan pria untuk kesehatan.

Bahkan Kunyit Asam juga cocok untuk wanita hamil. Kamu bisa minum Kunyit Asam sebagai minuman kesehatan setiap hari.

  1. Sarabba

Sarabba Minuman Khas Indonesia

Minuman khas Indonesia yang satu ini berasal dari Makassar dengan rempah yang sangat kaya, sehingga kaya juga akan menfaat.

Sarabba merupakan minuman yang bisa memulihkan stamina, hal ini di karenakan terdapat campuran kuning telur dalam Sarabba.

Beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari Sarabba adalah mencegah flu, mengusir masuk angin dan cocok sebagai minuman begadang.

Kamu bisa beli di pada pedagang Sarabba, atau kamu juga bisa membuat sendiri Sarabba di rumah, karena cara membuatnya cukup mudah.

  1. Wedang Jahe

Wedang Jahe Minuman Khas Indonesia

Cara membuat Wedang Jahe juga cukup mudah yakni jahe yang di cuci bersih, kemudian di kupas kulitnya dan iris-iris.

Setelah itu kamu campurkan jahe yang sudah kamu iris-iris tadi dengan satu gelas air matang yang mendidih.

Kemudian untuk rasa yang lebih manis, kamu bisa menambahkan gula merah. Sehingga rasa jahe dan manisnya terasa banget.

Manfaat dari Wedang Jahe adalah bisa menghangatkan tubuh, cocok di minum saat flu dan mencegah masuk angin lho.

Minuman ini merupakan minuman khas Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *