12 Roti Khas India Paling Enak, Terkenal dan Bikin Pengen

Senin, Februari 12th, 2018 - Makanan

Roti Khas India – Makanan dari India ternyata juga di minati banyak orang di Indonesia lho teman-teman, salah satu makan yang cukup banyak di jual di restoran makanan khas India adalah roti india yang rasanya pastinya enak.

Advertisement

Beberapa roti khas India yang akan kita bahas sesaat lagi mungkin saja teman-teman sudah pernah melihatnya di beberapa film india atau bahkan teman-teman sudah pernah mencoba bagaimana rasa dari roti tersebut.

Ternyata nih teman-teman jenis roti India itu banyak banget, dengan berbagai macam rasa yang khas. Tentu saja rasanya beda-beda tergantung dari bahan dasar yang di pakai untuk membuat roti tersebut.

Baiklah kali ini Halomuda.com mengajak teman-teman untuk membahas tentang jenis roti khas India paling enak. Akan tetapi bagikan artikel ini keteman kamu sebagai bentuk dukungan teman-teman terhadap situs kuliner tercinta kita yang satu ini.

Roti Khas India Paling Enak, Terkenal dan Bikin Pengen

  1. Bhakri

Bhakri

Roti khas India paling enak yang pertama akan menjadi bahasan kita di Halomuda.com adalah roti yang terkenal dengan nama Bhakri.

Jadi biasanya roti Bhakri ini banyak di makan oleh masyatakat India yang berada di daerah Malwa, Goa dan Rajasthan lho teman-teman.

Bahan utama untuk pembuatan Bhakri ini adalah tepung terigu, air panas dan garam. Secara tekstur roti ini cenderung agak kasar di bandingkan dengan roti yang biasa kita konsumsi.

Bhakri ini biasanya di masak dengan cara di panggang sampai matang.

  1. Dosa

Dosa

Roti khas India yang selanjutnya akan menjadi bahasan kita adalah roti yang namanya cukup unik bagi orang Indonesia, karena nama roti ini adalah Dosa.

Jadi Dosa ini adalah jenis makanan yang mirip dengan pancake, bisa di bilang pancakenya orang India. Secara tampilan Dosa ini mirip dengan Krep.

Bahan utama yang di gunakan untuk pembuatan Dosa ii adalah kacang hitam dan beras yang di rendam selama satu malam dengan menggunakan air.

Setelah itu semua bahan tadi di tumbuk sampai seperti tepung dan nantinya akan di fermentasi sampai dengan satu malam teman-teman.

Saat memasak teman-teman bisa tambahkan air sedikit demi sedikit sampai tercipta kekentalan sesuai dengan selera.

  1. Luchi

Luchi

Roti khas India yang berikutnya adalah sebuah roti yang terkenal dengan nama Luchi. Jadi Luchi ini merupakan jenis roti yang sangat populer lho teman-teman.

Luchi merupakan roti khas yang berasal dari daerah Maithil, Oriya, Assam dan Bengali. Bahan yang di butuhkan untuk pembuatan Luchi ini adalah Tepung Maida dan Ghee.

Teman-teman pasti penasaran apa itu Ghee? Jadi Ghee ini merupakan mentega khas dari India teman-teman. Langkah selanjutnya adalah menjadikan adonan roti Luchi ini menjadi bola-bola kecil.

Setelah itu biasanya untuk menciptakan bentuk umum Luchi, teman-teman harus pipihkan adonan dan setelah itu di masak dengan cara di goreng ya teman-teman.

  1. Parotta

Parotta

Roti khas India paling enak yang berikutnya akan menjadi bahasan kita adalah Parotta yang pastinya sudah cukup terkenal di kalangan pencinta makanan India.

Nama lain dari Parotta ini adalah Barotta atau Porotta. Jadi bahan baku pembuatan Parotta ini adalah Tepung Maida, Air, Mentega dan Telur.

Campurkan semua bahan dan di jadikan adonan, setelah itu biarkan sampai dengan beberapa jam sampai terlihat mengembang.

Setelah itu teman-teman bisa membentuk adonan Parotta menjadi pilih dan bisa di masak dengna cara di panggang dengan menggunakan wajan.

Akan tetapi wajan yang di pakai terlebih dahulu di berikan mentega dulu agar tidak gosong. Jika di lihat-lihat bentuknya sangat mirip dengan roti canai.

  1. Pathiri

Pathiri

Roti khas India paling terkenal yang berikutnya masuk dalam bahasan kita di Halomuda.com adalah sebuah roti yang terkenal dengan nama Pathiri.

Jadi sejatinya Pathiri ini merupakan masakan India Selatan teman-teman, pastinya makanan lokal yang satu ini enak banget.

Jadi bahan utama untuk pembuatan Pathiri ini adalah Tepung Beras, Air Panas dan Garam yang pastinya merupakan kumpulan bahan yang cukup mudah untuk di temukan bukan?

Tepung beras di masukkan dalam air yang mendidih, setelah itu aduk sampai sesuai untuk di uleni teman-teman.

Nantinya adonan yang telah kita buat tadi di bentuk dengan cara di pipihkan setelah itu di masak dengan cara di panggang.

  1. Puran Poli

Puran Poli

Roti khas India yang berikutnya akan menjadi fokus kita sejenak di situs kuliner tercinta kita ini adalah makanan yang populer dengan nama Puran Poli.

Jadi Puran Poli ini merupakan roti yang di buat dengan bahan dasar Tepung, Chana Dal, Kapulaga dan pastinya biar lebih manis bisa di tambahkan Gula Pasir.

Puran Poli akan dengan mudah teman-teman jumpai saat di India ada acara seperti misalkan saja Ganesh Chaturthi dan Diwali.

Advertisement

Roti khas India ini ternyata memang sudah menyebar ke seluruh belahan India, tentu setiap tempat Puran Poli ini di sajikan dengan rasa yang cukup berbeda, ini menandakan jika Puran Poli ini mempunyai variasi yang cukup banyak.

  1. Rumali Roti

Rumali Roti

Roti khas India paling enak yang selanjutnya akan menjadi bahasan kita di Halomuda.com adalah Rumali Roti. Secara bentuk rotinya ini sangat tipis teman-teman.

Sampai-sampai tipisnya itu seperti sapu tangan dan dalam bahasa India utara sapu tangan artinya adalah Roomal, mungkin inilah yang menyebabkan roti ini di namakan Rumali Roti.

Roti india yang satu ini mempunyai tekstur yang kenyal, hal ini di karenakan roti Rumali Roti ini di buat dengan menggunakan bahan baku tepung gandum, tepung maida, susu, minyak dan air.

Seluruh bahan di campur sehingga menjadi adonan untuk membuat Rumali Roti ini. Untuk pembuatannya yakni adonan di diamkan setelah itu di bentuk pipih dan di masak dengan cara di panggang.

  1. Bhatoora

Bhatoora

Roti khas India paling populer yang berikutnya adalah sebuah makan khas India yang terkenal dengan nama Bhatoora dan ternyata Bhatoora ini mempunyai nama lain yakni Batura, Pathora dan Tamil Puri.

Bahan-bahan yang di gunakan dalam pembuatan Bhatoora ini adalah Tepung Maida, Minyak, Ragi dan Yogurt yang di campurkan menjadi satu.

Setelah di campurkan di biarkan sampai mengembang teman-teman. Langkah selanjutnya adalah membentuk Bhatoora ini menjadi bulatan kecil yang kemudian di bentuk lagi menjadi pipih.

Secara tekstur Bhatoora ini kenyal dan cukup lembut teman-teman. Untuk cara pemasakannya roti Bhatoora ini di masak dengan cara di goreng.

  1. Kulca

Kulca

Roti khas India yang berikutnya akan menjadi bahasan kita di halomuda.com adalah Kulca, pastinya buat teman-teman yang suka dengan masakan khas India sudah paham ya?

Jadi Kulca ini merupakan roti india yang terbuat dari beberapa bahan seperti Tepung maida, Garam, Ragi dan Air. Setelah itu seluruh bahan tersebut di uleni sehingga menjadi sebuah adonan.

Tunggu beberapa jam sehingga adonan Kulca ini menjadi mengembang. Biasanya Kulca ini di masak dengan menggunakan Tandoor yakni kendi yang terbuat dari tanah liat.

Advertisement

Jadi Tandoor ini di fungsikan sebagai oven tradisional teman-teman. Biasanya pada saat pembakaran, adonan roti tersebut di olesi dengan menggunakan mentega dan biasanya juga di tambahkan daun ketumbar nih teman-teman.

  1. Chapati

Chapati

 

Roti khas India yang berikutnya akan menjadi ulasan kita di situs ini adalah sebuah roti dari india yang terkenal dengan nama Chapati.

Nama lain dari Chapati ini adalah Roshi, Shabaati dan Safati. Untuk bahan utama dari Chapati ini adalah tepung gandum, garam dan air. Nantinya seluruh adonan tersebut di uleni.

Biarkan sejenak biar dapat mengembang, setelah mengembang dengan bagus selanjutnya adalah di panggang dengan menggunakan tava atau wajan datar.

Akan tetapi berbeda dengan tempat lain untuk cara pemasakan Chapati ini ya teman-teman, ternyata di tempat lain ada yang memasak Chapati dengan cara di panggang di atas wajan sebentar saja, kemudian di bakar langsung dengan api.

  1. Naan

Naan

Salah satu roti khas India yang populer dan terkenal adalah Naan yang pastinya akan sangat mudah kita jumpai di beberapa restoran makanan India yang ada di Indonesia.

Beberapa bahan yang di pakai untuk pembuatan Naan ini adalah Tepung Terigu, Ragi, Yogurt dan Garam. Semua bahan tersebut di jadikan satu dan di uleni ya teman-teman?

Biasanya untuk cara memasak Naan ini sama seperti dengan cara pemasakan Kulca teman-teman. Akan tetapi saat ini banyak rasa Naan yang tidak original, hal ini di karenakan banyak yang memvariasikan Naan ini dengan rasa tertentu.

Saat ini tidak hanya Naan original saja yang bisa kita nikmati, akan tetapi saat ini beberapa bahan lain yang di tambahkan kedalam variasi naan yagn baru adalah kismis, daging, keju dan sayur membuat cita rasa Naan berbeda dari rasa awal.

  1. Paratha

Paratha

Roti khas India paling enak yang selanjutnya akan menjadi bahasan kita di Halomuda.com adalah Paratha yang ternyata dari bahannya cukup mirip dengan bahan yang di pakai untuk membuat Parotta teman-teman.

Hal yang membedakan antara Paratha dan Parotta adalah tepung maida yang di gantikan dengan menggunakan bahan lain, yakni tepung terigu.

Teman-teman pernah makan Roti Canai? nah, sebenarnya Paratha ini adalah roti canai jika di Indonesia teman-teman.

Untuk bentuk dari Paratha ini pipih teman-teman, untuk ketebalannya tergantung selera. Cara pemasakkannya adalah dengan cara di panggang dengan menggunakan wajan yang tentu saja sudah di olesi dengan mentega.

Pastinya buat teman-teman yang demen banget sama masakan India sudah nggak asing lagi dengan makanan yang satu ini ya?

Baca Juga :


Advertisement
12 Roti Khas India Paling Enak, Terkenal dan Bikin Pengen | Halomuda | 4.5
Tags: , , , ,